Kalender merupakan salah satu souvenir yang diberikan menjelang akhir tahun karena bermanfaat dan murah. Jika saat ini Anda sedang mencari informasi mengenai list bahan kalender dinding atau meja, Anda berada di tempat yang tepat! Berikut ini tiga bahan cetak kalender yang harus ada.

Bahan Kalender Dinding

Sebelum memesan kalender untuk souvenir akhir tahun dan masuk ke tahap langkah mudah cara cetak kalender dinding dan meja online, ada baiknya mengetahui bahan pembuatan kalender terlebih dahulu.

Salah satu jenis kalender yang populer dan terjangkau untuk diberikan adalah kalender dinding. Mari lihat bahan kalender dinding yang wajib diketahui sebelum membuatnya.

1. Jenis Kertas Kalender Dinding

Kertas merupakan salah satu bahan kalender dinding yang wajib dipersiapkan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Setidaknya ada enam jenis kertas yang digunakan sebagai bahan kalender dinding yaitu, kertas art carton, kertas art paper, kertas ivory, kertas matte paper, kertas duplex, dan kertas HVS.

Keenam jenis kertas ini memiliki gramasi atau ketebalan dan tampilan yang berbeda. Berikut ulasan tentang jenis kertas untuk kalender dinding.

a.  Art paper

Sekilas, art paper serupa dengan matte paper dan art carton. Namun art paper memiliki karakteristik khusus yang tidak dipunyai keduanya. Jenis kertas ini merupakan kertas yang paling cocok digunakan untuk kertas kalender dinding.

Art paper merupakan salah satu jenis kertas coated atau berlapis yang memiliki permukaan licin, halus, dan berdaya serap rendah. Selain itu, art paper memiliki lapisan di kedua sisinya.

Lapisan art paper yang mengkilap akan menghasilkan cetakan yang tahan lama, anti air, anti debu, dan tidak mudah kotor. Namun, lapisan glossy pada kertas art paper membuat kertas ini sulit untuk ditulis.

Selain tampilan yang cocok, gramasi atau ketebalan yang dimiliki art paper pas untuk bahan kalender dinding karena berkisar antara 100 hingga 150 gram.

Dengan tinta yang tepat, art paper akan menghasilkan cetakan yang mengkilap dan tegas.

Karakteristik art paper ini menjadi keuntungan tersendiri untuk cetak kalender dinding karena logo atau informasi perusahaan akan tetap melekat dalam jangka waktu yang lama.

b.  Art carton

Jenis kertas yang sering digunakan sebagai kertas untuk kalender lainnya adalah art carton.

Sama dengan art paper, art carton memiliki karakteristik mengkilap di kedua sisinya dan punya lapisan lebih tebal.

Art carton memiliki ketebalan 190 hingga 400 gsm sehingga lebih cocok digunakan sebagai bahan baku kalender meja atau duduk.

Art carton memberikan efek eksklusif pada cetakan kalender dan tidak mudah rusak, juga tahan lama.

c. Ivory paper 

Ivory paper merupakan kombinasi matte paper dan art carton. Berbeda dengan art carton yang berwarna putih di kedua lapisan, ivory paper berwarna agak gelap dan memiliki lapisan licin di satu sisi saja.

Kedua sisinya mempunyai lapisan laminasi yang berbeda, satu sisi berlaminasi glossy dan sisi lainnya berlaminasi doff. 

Selain digunakan sebagai kertas untuk kalender dinding, ivory paper sering juga digunakan sebagai bahan baku kotak kosmetik dan juga box makanan.

Hal ini karena kertas ivory telah memiliki sertifikasi food grade yang aman digunakan karena tidak mengandung bahan berbahaya.

Ivory paper bisa digunakan sebagai bahan kalender dinding karena memiliki gramasi 210 hingga 310 gram.

Dibanding kertas lain, ivory paper dibanderol cukup mahal karena memiliki sifat tidak mudah sobek dan tebal.

d. HVS

bahan kalender dinding dari kertas art paper
Kertas art paper dan HVS biasanya bisa untuk kalender dinding yang disobek (sumber: www.freepik.com)

Dibanding jenis lainnya, kertas HVS paling sering ditemui dan digunakan untuk kebutuhan sehari – hari.

HVS memiliki tekstur yang cukup kasar di kedua sisi dan berwarna putih bersih. Kertas ini memiliki ketebalan 60 gram hingga 100 gram.

Kertas ini bisa digunakan sebagai kertas kalender dinding karena menyerap tinta dengan baik, namun gunakan yang gramasi atau ketebalan 100 gram agar tidak mudah sobek.

e. Doff paper

Berbeda dengan art paper, doff paper merupakan kertas yang menyerap tinta dan cahaya dengan baik, sehingga mampu menonjolkan hasil cetakan tanpa memantulkan cahaya.

Doff paper memiliki ketebalan yang hampir sama dengan art paper sekitar 100 hingga 150 gram, sehingga doff paper bisa juga digunakan sebagai bahan baku kalender dinding.

Sifat doff paper yang menyerap tinta dan cahaya akan menghasilkan kesan eksklusif saat digunakan sebagai bahan kalender dinding.

f. Duplex

Duplex memiliki ketebalan cukup tinggi antara 250 hingga 400 gsm. Kertas ini hanya memiliki satu lapisan glossy, tampilan sisi lainnya hampir sama dengan kertas daur ulang.

Kertas ini memiliki beberapa jenis di antaranya, duplex board coated, duplex board white back, sudarshan cup stock, duplex ultra white coated premium board, dan duplex board uncoated boards.

Duplex jarang digunakan sebagai kertas kalender dinding, jika digunakan cocok digunakan sebagai kemasan karena lebih tebal dan tidak mudah penyok.

2. Tinta

Bahan cetak kalender selain jenis kertas yang perlu diperhatikan terutama sebagai bahan kalender dinding, tinta printing juga cukup berpengaruh menentukan kualitas kalender.

Jenis tinta printing yang berbeda akan membuat hasil kalender dinding juga berbeda. Sebelum cetak kalender jelang akhir tahun, kenali terlebih dahulu jenis tinta yang digunakan untuk bahan kalender.

a. Tinta printer pigment (Durabrite)

Jenis tinta ini cocok digunakan di kertas apa saja, tinta printer pigment bisa menempel dan diserap dengan baik di kertas HVS atau jenis kertas art.

Hasil cetakan menggunakan tinta printer pigment akan menjadikan warna lebih tajam, cerah, tidak mudah memudar, dan berkualitas. Sangat disarankan untuk digunakan sebagai bahan kalender dinding.

b. Tinta printer dye base

Jenis tinta ini sangat cocok digunakan untuk kertas yang kemampuan menyerapnya sangat baik seperti kertas HVS, glossy paper, dan canvas.

Tidak disarankan menggunakan tinta printer dye base untuk bahan kalender dinding bersamaan dengan art paper atau art carton.

Sifat kertas art paper dan art carton yang kurang menyerap akan membuat tinta menggumpal dan membuat hasil cetakan kurang maksimal.

3. Jenis Jilid Kalender

Ada dua jenis jilid yang digunakan untuk bahan kalender dinding, jilid spiral dan klep seng.

a. Jilid spiral

kalender dinding dan kalender meja spiral yang dipesan oleh PT Rejeki Berkah Abadi
Portofolio kalender dinding dan kalender meja spiral dari PT Rejeki Berkah Abadi

Teknik jilid spiral merupakan penjilidan yang menggunakan kawat spiral. Jilid jenis ini sering digunakan untuk bahan kalender dinding bulanan dan kalender duduk. 

Besaran dan ketebalan jilid spiral bisa disesuaikan dengan jumlah lebaran.

Jilid spiral bisa membuat tampilan kalender dinding lebih rapi, profesional, estetis, dan mempermudah pengguna.

b. Klem seng

Selain jilid spiral, jilid klem seng masih digunakan untuk bahan kalender dinding. Jilid jenis ini memiliki harga yang terjangkau dan tetap memberikan tampilan yang baik bagi kalender.

Jilid klem seng menyatukan semua lembaran kalender menjadi satu, lalu di press atau ditekan hingga lembaran sulit bertaburan. Biasanya digunakan untuk bentuk kalender dinding triwulan ataupun kalender poster.

Bentuk – Bentuk Kalender

Jenis kalender yang biasa digunakan sebagai souvenir akhir tahun atau barang promosi, memiliki tiga bentuk yang umum digunakan.

1. Kalender dinding

Bentuk kalender yang pertama adalah kalender dinding. Kalender dinding adalah jenis kalender yang disimpan atau diletakan di dinding. 

Bahan kertas kalender dinding yang lazim digunakan adalah HVS 80 – 100 gram, art paper 100 – 150 gram, matt paper 100 sampai 150 gram, dan art carton 190 – 260 gram.

Sementara ukuran kalender dinding yang biasa digunakan adalah 31 x 48 cm, 31 x 54 cm, dan 70 x 50 cm. Jika pesan kalender di SOUVIA, kertas yang umum  digunakan berukuran A3.

2. Kalender duduk

Bentuk kalender kedua adalah kalender duduk atau kalender meja. Kalender duduk adalah kalender yang disimpan di atas meja. Kalender jenis ini bisa diberikan catatan khusus agar pengguna tidak lupa tanggal penting.

Jenis kertas untuk kalender duduk atau kalender meja yang digunakan biasanya adalah kertas art carton 190 hingga 260 gram, karton BW impor atau lokal, dan karton fancy impor.

Selain jenis kertas tersebut, pengguna bisa menggunakan jenis kertas lainnya untuk kalender duduk.

Ukuran custom kalender meja yang ideal biasanya 15 x 20 cm, namun kalender duduk bisa diproduksi custom sesuai kebutuhan.

3. Kalender poster

contoh poster kalender yang bisa di print pada kertas A3
Koleksi kalender 2023 – 2026 yang bisa diprint ke kertas A3

Bentuk kalender ketiga adalah kalender poster. Kalender poster memiliki harga yang paling terjangkau di antara lainnya karena hanya menggunakan satu lembar kertas dan tidak perlu jilid. Jenis kalender ini biasanya digemari oleh remaja.

Kertas yang bisa digunakan untuk mencetak kalender poster adalah art carton 190 – 260 gram, duplex coated 210 – 300 gram. Ukuran bisa diatur atau bisa menggunakan ukuran 35 x 50 cm, 38 x 55 cm, 60 x 40 cm, dan 70 x 50 cm.

Kesimpulan

Bahan kalender dinding yang utama adalah kertas art paper, jilid spiral, dan tinta. Pastikan menggunakan bahan yang tepat agar menghasilkan kalender yang sesuai dengan kebutuhan dan tema acara.

Bentuknya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Oleh karenanya, cari penyedia souvenir yang mampu memproduksi kalender sesuai custom agar disesuaikan dengan tema dan anggaran.

Untuk orang – orang istimewa, tambahkan souvenir cantik agar berkesan seperti souvenir ready stock SOUVIA yang siap diproduksi kapan saja atau souvenir new product SOUVIA yang menyediakan souvenir kekinian. Jika Anda mempunyai kebutuhan cetak kalender dalam waktu dekat, hubungi sales eksekutif SOUVIA yang selalu siap membantu.

SOUVIA