Akhir tahun segera tiba, saatnya persiapkan souvenir kalender akhir tahun untuk kolega! Eits, sebelum membuat souvenir akhir tahun, kenali dulu jenis kertas untuk kalender duduk, yuk!

Meski saat ini sudah tersedia kalender digital, faktanya masih banyak yang memilih kalender tradisional, seperti kalender dinding atau kalender meja. Apa kamu salah satunya?

Kalender tradisional, baik itu yang diletakkan di meja atau digantung di dinding, dinilai lebih praktis untuk memberi tanda tanggal-tanggal penting. Selain itu, kalender meja atau dinding juga berfungsi sebagai penambah dekorasi ruangan, lho.

BACA JUGA: Langkah Mudah Cara Cetak Kalender Dinding dan Meja Online

Ukuran Standar Kalender

Umumnya kalender terbagi menjadi dua jenis, kalender dinding dan kalender meja atau duduk. Ukuran kedua jenis kalender ini tentunya berbeda. Begitu juga dengan perbedaan jenis kertas untuk kalender duduk dan dinding.

Selain itu, jenis kalender duduk pun terbagi menjadi dua tipe, yakni kalender duduk berbentuk potret dan kalender duduk lanskap. Namun, jenis kertas yang digunakan kedua kalender duduk ini adalah sama.

Jika kamu lebih menyukai kalender berukuran besar, maka bisa memilih kalender dinding. Selain berfungsi sebagai pencatat tanggal, kalender dinding juga bisa dijadikan dekorasi hiasan dinding, lho.

Ukuran standar kalender dinding adalah 31 x 84 cm, 31 x 54 cm, dan 70 x 50 cm. Ukuran ini bisa dipilih sesuai kebutuhan konsumen. Selain ketiga ukuran ini, konsumen juga bisa custom ukuran kalender sesuai keinginan.

Sementara kalender duduk yang biasa digunakan untuk jenis potret dan lanskap tetap sama, 15 x 20 cm. Ukuran kalender ini tidak baku. Sama seperti kalender dinding, pelanggan juga bisa custom ukuran dan jenis kertas untuk kalender duduk sesuai keinginan.

Bahan Utama Pembuatan Kalender

jenis kertas untuk kalender duduk
Jenis kertas untuk kalender duduk berbeda dengan kalender dinding

Setidaknya ada tiga jenis bahan yang digunakan untuk membuat kalender, jenis kertas untuk kalender duduk dan dinding, jenis jilid, dan tinta.

1. Kertas

Kertas merupakan salah satu bahan wajib dan utama yang digunakan untuk membuat kalender.

Ada sekitar enam jenis kertas yang digunakan untuk membuat kalender yaitu, kertas art carton, kertas art paper, kertas ivory, kertas matte paper, kertas duplex, dan kertas HVS.

Keenam jenis kertas ini memiliki gramasi atau ketebalan yang berbeda-beda. Semua bisa digunakan untuk pembuatan kalender. Namun, jenis kertas untuk kalender duduk dan dinding biasanya lebih spesifik agar menghasilkan kalender yang memukau.

Kertas yang digunakan untuk kalender dinding memiliki gramasi yang rendah hingga sedang untuk mempermudah penggunaan.

Kalender dinding umumnya menggunakan gramasi sekitar 100 hingga 150 Gsm. Oleh karenanya, jenis kertas yang digunakan adalah art paper dengan gramasi 100 – 150 gsm, matte paper dengan gramasi 100 hingga 150 gsm, dan HVS dengan gramasi 80 hingga 100 gsm.

Sedangkan, jenis kertas untuk kalender duduk umumnya lebih tebal karena berfungsi untuk menopang kalender dan tidak mudah sobek.

Jenis kertas untuk kalender duduk adalah art carton dengan gramasi 190 hingga 260 gsm, matte paper dengan gramasi 100 hingga 150 gsm, ivory, dan duplex.

2. Jilid

Ada dua jenis jilid yang digunakan dalam proses pembuatan kalender, yakni jilid spiral dan klep seng.

Jilid spiral bisa digunakan untuk kalender dinding dan kalender meja. Besaran jilid spiral bisa disesuaikan dengan jumlah lembaran.

Jilid spiral membuat tampilan kalender lebih rapih dan mempermudah pengguna untuk memindahkan halaman kalender.

Sementara itu, jilid klep seng biasanya digunakan untuk kalender dinding triwulan. Klep seng biasanya dibanderol dengan harga lebih terjangkau dibanding jilid spiral. Meski demikian, keduanya tetap memiliki fungsi yang sama.

3. Tinta

Tinta yang dipilih harus disesuaikan dengan jenis kertas untuk kalender agar hasil cetakan maksimal

Tidak hanya jenis kertas untuk kalender duduk atau kalender dinding yang memengaruhi kualitas, ternyata tinta printing juga cukup berpengaruh, lho.

Jenis tinta printing yang berbeda akan membuat hasil kalender juga berbeda. Sebelum mencetak souvenir jelang akhir tahun, kenali dulu beragam jenis tinta yang digunakan.

Berikut ini adalah jenis-jenis tinta yang biasa digunakan untuk printing di merchandise.

a. Tinta printer pigment (Durabrite)

Jenis tint ini cukup baik jika digunakan di kertas. Tinta akan menempel dan diserap dengan baik di kertas HVS atau jenis kertas art.

Hasil cetakan menggunakan tinta printer pigment akan menjadikan warna lebih tajam, cerah, tidak mudah memudar, dan berkualitas. Sangat disarankan untuk kebutuhan cetak kalender.

b. Tinta printer dye base

Jenis tinta ini sangat cocok digunakan untuk kertas dengan kemampuan menyerang yang sangat baik, seperti kertas HVS, glossy paper, dan canvas.

Tidak disarankan mencetak jenis kertas art dengan tinta printer dry base karena sifat kertas art yang kurang menyerap akan membuat tinta menggumpal.

c. Tinta sublimation

Tinta jenis ini biasanya digunakan untuk kebutuhan sablon pada kaos, mug, atau kanvas. Warna yang dihasilkan juga tidak terlalu mencolok dan penggunaan tinta lebih ekonomis serta efisien.

d. Tinta tekstil DTG

Tinta jenis ini sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis kertas. Serta bisa juga digunakan untuk mencetak di kaos dan kanvas.

Warna yang dihasilkan lebih tajam, cerah, halus, dan tidak mudah luntur jika dicetak di media kaos atau sejenisnya.

e. Tinta solvent dan eco

Tinta ini memiliki kualitas cetakan yang sangat bagus dan juga memiliki ketahanan yang baik terhadap cahaya matahari.

Warna yang dihasilkan tidak mudah luntur. Akan tetapi, tinta solvent dan eco ini memiliki bau yang sangat menyengat. Tinta jenis ini banyak digunakan untuk mencetak spanduk dan billboard.

Jenis Kertas untuk Kalender Duduk

Jenis kertas untuk kalender duduk yang banyak digunakan adalah art carton

Saat ini sudah banyak kertas yang digunakan untuk mencetak kalender. Namun, hanya beberapa jenis kertas untuk kalender duduk yang akan dibahas. Cek ulasan jenis kertas untuk kalender duduk agar kamu tak salah pilih.

1. Jenis kertas untuk kelander duduk dengan art carton

Art carton mempunyai karakteristik mengilap di kedua sisinya dan punya lapisan lebih tebal. Berkat ketebalannya, art carton sangat pas digunakan untuk membuat produk yang kokoh, seperti kalender meja dan sampul buku hardcover.

Art carton memiliki ketebalan 190 hingga 400 gsm. Jenis kertas untuk kalender duduk biasa menggunakan art carton sebagai bahan baku dengan ketebalan 190 hingga 260 gsm.

Jenis kertas untuk kalender duduk satu ini memberikan efek eksklusif pada cetakan kalender sehingga tidak mudah rusak dan tahan lama.

2. Art paper

Sekilas, art paper serupa dengan matte paper dan art carton. Namun, art paper memiliki karakteristik khusus yang tidak dimiliki keduanya.

Art paper merupakan salah satu jenis kertas coated atau berlapis. Gramasi atau ketebalan yang dimiliki berkisar antara 100 hingga 150 gram.

Art paper mempunyai permukaan licin, halus, berdaya serap rendah, dan ada lapisan di kedua sisinya.

Lapisan glossy yang biasa digunakan pada kertas art paper membuat kertas ini sulit jika digunakan untuk menulis.

Dengan tinta yang tepat, art paper akan menghasilkan cetakan yang mengilap dan tegas. Sehingga, art paper cocok digunakan sebagai bahan baku pembuatan flyer dan brosur karena menampilkan tulisan dan gambar yang jelas.

Lapisan art paper yang mengilap akan menghasilkan cetakan yang tahan lama, anti air, dan tidak mudah kotor.

Karakteristik art paper ini menjadi keuntungan tersediri untuk cetak kalender karena logo atau informasi perusahaan akan tetap melekat dalam jangka waktu yang lama.

3. Ivory paper 

Sifat ivory paper merupakan kombinasi matte paper dan art carton. Berbeda dengan art carton yang berwarna putih di kedua lapisan, ivory paper berwarna agak gelap dan memiliki lapisan licin di satu sisi saja. Kedua sisinya mempunyai lapisan laminasi yang berbeda, laminasi glossy dan doff

Ivory paper sering digunakan sebagai bahan baku kotak kosmetik dan juga box makanan. Hal ini karena kertas ivory memiliki sertifikasi food grade yang aman digunakan karena tidak mengandung bahan berbahaya.

Selain itu, ivory paper juga bisa digunakan sebagai bahan baku kalender dengan gramasi 210 hingga 310 gram.

Kertas ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal karena tidak mudah sobek dan tebal. Ketebalan ivory paper di antara kisaran 210 – 400 gsm.

4. Doff paper

Doff paper merupakan kertas yang memiliki karakteristik bersebarangan dengan art paper.

Kertas ini menyerap tinta dan cahaya dengan baik, sehingga mampu menonjolkan hasil cetakan tanpa memantulkan cahaya.

Memiliki ketebalan yang hampir sama dengan art paper sekitar 100 hingga 150 gram, doff paper juga bisa digunakan sebagai bahan kalender dinding yang tidak memantulkan cahaya.

Sifat doff paper yang menyerap tinta dan cahaya akan menghasilkan kesan eksklusif saat digunakan sebagai packaging.

Doff paper biasa digunakan untuk cetak foto karena hasil foto tidak lengket walaupun sering dipegang. Selain itu, kertas doff juga akan membuat hasil cetakan terlihat bagus dan awet.

Doff paper cocok bagi konsumen yang tidak menyukai hasil cetakan yang mengilap. Sayangnya, debu mudah menempel di kertas ini karena karakteristiknya yang lebih kasar dibanding art paper.

5. Jenis kertas duplex

Duplex memiliki ketebalan cukup tinggi antara 250 hingga 400 gsm. Kertas ini hanya memiliki satu lapisan glossy, tampilan sisi lainnya hampir sama dengan kertas daur ulang yang punya tekstur kasar.

Kertas ini memiliki beberapa jenis di antaranya, duplex board coated, duplex board white back, Sudarshan cup stock, duplex ultra white coated premium board, dan duplex board uncoated boards.

Duplex cocok digunakan sebagai kemasan karena lebih tebal dan tidak mudah penyok.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan duplex sebagai kemasan produk. Di antaranya adalah tingkat kekakuan, kepadatan, ketebalan, arah serat kertas, kelembaban, tingkat kecerahan kertas, dan kehalusan permukaanya.

Dalam pembuatan souvenir cetak kalender, duplex digunakan sebagai sandaran kalender duduk agar kokoh. Selain itu, duplex juga digunakan pada kalender dinding custom model poster atau ukuran yang besar.

Memilih Merchandise untuk Melengkapi Souvenir Kalender

kalender juga dapat dipadupadankan menjadi sebuah paket untuk diberikan sebagai souvenir perusahaan
Lengkapi souvenir kalender dengan merchandise eksklusif

Bagi perusahaan atau kelembagaan yang ingin mempersiapkan souvenir akhir tahun, pemilihan kalender sangatlah tepat. Pasalnya, kalender berfungsi untuk memberikan informasi penanggalan kepada kolega, konsumen, maupun karyawan.

Kamu juga bisa menambahkan merchandise untuk melengkapi souvenir kalender untuk orang-orang terbaik.

Jika tidak memiliki waktu untuk memesan merchandise, sebaiknya pilih souvenir ready stock yang bisa dibuat dalam waktu singkat, namun tetap menampilkan brand atau logo perusahaan.

Namun, jika kamu ingin merchandise terbaru dengan desain kekinian, pilihlah souvenir new product yang bermanfaat dan trendi.


Souvenir akhir tahun berupa kalender sebaiknya dipersiapkan jauh-jauh hari agar hasilnya maksimal.

Kenali jenis kertas untuk kalender duduk atau dinding, sehingga kamu punya gambaran hasil akhir kalender yang akan dibuat.

Pilihlah vendor penyedia cetak kalender yang berpengalaman dan mampu menerjemahkan keinginan dengan baik, sehingga akan menghasilkan souvenir kalender yang disukai banyak orang.

Merchandise tambahan bisa diberikan saat memberikan souvenir kalender untuk menambah kesan positif dan eksklusif.

CEK INSPIRASI LAINNYA: