Payung sering cepat rusak atau patah? Padahal, salah satu pelindung ini merupakan barang wajib yang harus ada di mobil, rumah, bahkan di tas. Oleh karenanya, bahan payung sangat penting untuk menjaga fungsinya.

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki musim hujan dan kemarau. Payung digunakan pada kedua musim untuk menghindari teriknya matahari dan guyuran hijau.

Bahan payung yang bagus akan sangat membantu agar payung tahan lama dan tidak mudah rusak walau sering digunakan.

Payung lipat juga merupakan salah satu barang yang sering digunakan sebagai souvenir perusahaan. Untuk rekan usaha dan konsumen loyal, pastinya kain payung harus berkualitas agar awet.

Bagi teman SOUVIA yang sedang bingung mencari payung yang pas. Simak ulasan SOUVIA mengenai bahan payung yang pas untuk cendera mata kantor berikut ini.

1. Bahan Nilon

bahan payung
Payung lipat mudah dibawa bepergian, cocok untuk diberikan sebagai souvenir perusahaan praktis

Salah satu kain yang terbuat dari bahan anorganik minyak bumi ini merupakan polimer pertama yang populer di kalangan produsen. Kain nilon merupakan salah satu bahan payung yang disukai karena elastis, ringan, dan kuat. SOUVIA jual payung promosi dengan kualitas ter baik untuk souvenir perusahaan.

Selain itu, bahan ini juga memiliki tekstur yang lembut, mudah dicuci, tidak menyerap air, cepat kering, tahan kotoran, tahan bakteri, tahan terhadap serangga, tahan terhadap keringat, tahan terhadap panas, dan bahan kimia.

Nilon merupakan kain yang paling populer diantara kain payung lainnya. Nilon tidak dapat ditembus air dan dapat menghalangi sinar UV jika ditenun dengan rapat. Bahannya ringan dan fleksibel.

Contoh penggunaan kain nilon ada pada payung golf yang harus bisa melindungi pengguna dari sengatan matahari.

2. Kain Parasut Silver

Bahan payung selanjutnya adalah kain parasut silver. Kain ini memiliki sifat tahan air atau waterproof, cepat kering, dan terhitung tahan lama. Bahan ini disebut silver karena coating pelapis tahan air yang berwarna silver.

Kain parasut silver merupakan jenis kain parasut yang populer karena kuat, tahan lama, dan memiliki ketahanan terhadap air yang mengalir maupun menggenang.

Selain digunakan sebagai bahan baku payung, kain parasut juga dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan jaket, mukena, hingga cover mobil.

3. Poliester

Bahan ini bersifat hidrofobik dan cepat kering. Walau terkena ait atau hujan, payung dengan bahan baku kain polIester bersifat cepat kering.

Kain polyester terbuat dari bahan wol dan sutra yang berasal dari serat alami. Bahan ini memiliki kelebihan tidak mudah kusut, bahan halus, tahan terhadap air, kuat, dan tahan lama.

Salah satu jenis kain poliester yang bisa didaur ulang adalah bahan PET yang tahan terhadap senyawa kimia dan sering digunakan untuk kebutuhan konveksi.

Kain polyester banyak disukai karena memiliki harga yang murah, awet, elastis, tahan panas, dan mudah dibersihkan.

Poliester biasa digunakan pada payung fashion dan tahan terhadap peregangan dan penyusutan. Bahannya juga menawarkan ketahanan terhadap lecet dan kerutan.

Tidak seperti nilon, payung poliester tidak menyusut atau mengembang di bawah kelembapan udara yang tinggi, sehingga membuka dan menutup payung menjadi cepat dan mudah.

4. Kain ponge

bahan payung
Bahan payung dengan daya tahan UV seperti kain sponge direkomendasikan untuk souvenir perusahaan berkualitas

Belum banyak yang mengetahui tentang bahan yang satu ini. Pongee adalah kain lembut Cina yang terbuat dari benang tipis yang tidak dikelantang.

Ponge adalah campuran serat yang membentuk materi gelap dengan kepadatan tinggi. Tenunannya erat dan terasa seperti kapas.

Payung pongee cenderung lebih mahal dibandingkan payung nilon dan poliester. Bahannya tahan air, tetesan air hujan mudah terlepas tanpa direndam. Payung pongee berlapis hitam menawarkan perlindungan dan daya tahan UV yang luar biasa.

Jenis bahan ini disukai dalam pembuatan payung karena kain tidak mudah kusut, halus, cepat kering sangat bermutu tidak gampang rusak.Bagi kamu yang penasaran dengan bahan ponge yang sangat berkualitas, silahkan cek harga payung lipat SOUVIA untuk melihat beragam desain dan bahan baku yang digunakan.

5. Plastik PVC

Polyvinyl Chloride atau PVC ini merupakan bahan plastik yang banyak digunakan karena tahan terhadap bahan kimia, air, dan ringan.

Plastik PVC termasuk ke dalam bahan yang kuat, tidak memiliki bau, murah, dan tahan air. Payung berbahan baku PVC harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum disimpan agar gagang payung tidak berkarat.

Bahan PVC sangat tahan lama dan memiliki kemampuan luar biasa dalam menahan distorsi. Produsen payung menyukai keserbagunaan, efektivitas biaya, sifat kedap air, dan umur panjang dari bahan ini.

Payung PVC lebih murah karena produksi kainnya membutuhkan lebih sedikit energi. Namun, kain PVC dapat menyusut jika terlalu panas atau selama penyimpanan.

6. Kertas Minyak

Payung yang terbuat dari kain jenis ini memiliki penampakan yang cantik karena banyak digunakan sebagai hiasan. Jenis ini populer di kalangan interior desain karena keindahan lukisan yang ditawarkan pada permukaanya.

Payung dari kertas minyak dapat didesain sesuai kebutuhan untuk menambah nilai estetik suatu tempat.


bahan payung
Salah satu merchandise favorite karena bisa menampilkan brand atau logo perusahaan.

Payung merupakan barang yang wajib ada di rumah, mobil, atau saat bepergian karena fungsinya yang bisa melindungi pengguna dari sengatan matahari maupun guyuran hujan.

Bahan seperti payung botol yang berkualitas sangat dibutuhkan agar payung tahan lama dan awet saat digunakan di cuaca ekstrim.

Yuk, hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk mendapatkan souvenir dengan bahan payung terbaik.

SOUVIA