Anda sedang pusing cari cinderamata untuk kantor sebagai keperluan tanda mata sebuah acara? Tentu ada beberapa aspek yang harus diperhatikan saat memilih cinderamata untuk kantor, salah satunya adalah budget. 

Bagi perusahaan yang memiliki dana minim, tentu akan memilih cinderamata yang harganya ramah di kantong. Sebenarnya, ada banyak varian cinderamata di pasaran dengan berbagai harga, mulai dari yang murah hingga yang mahal.

Nah, bagi Anda yang memiliki budget terbatas tak perlu khawatir, karena kami akan memberikan rekomendasi produk cinderamata dengan harga di bawah Rp100.000.

Namun, sebelum menjawab apa saja cinderamata untuk kantor, yuk, kita cari tahu dulu apa perbedaan cinderamata dengan souvenir. Dua penyebutan ini sekilas sama, tapi memiliki perbedaan arti, lho. 


Baca juga: 5 Tips Memilih Merchandise Hadiah Perusahaan, Pastikan Penyedia Souvenir Miliki Semua Ini

Perbedaan Cinderamata dan Souvenir

Cinderamata adalah suatu barang yang pemberian untuk kenang-kenangan atau tanda mata dari seseorang, sebuah lembaga, atau institusi. Bentuk cinderamata bisa berupa miniatur, foto, plakat, dan lain-lain. Desainnya juga terkadang sengaja dibuat secara khusus. 

Sedangkan, souvenir adalah benda yang diberikan kepada seseorang dengan tujuan menjadi kenang-kenangan setelah mengunjungi suatu tempat atau peringatan tertentu. 

cinderamata untuk kantor
Contoh paket souvenir kantor. Source: BoxUp Luxury Gifting

Persamaan dari cinderamata dan souvenir adalah sama-sama diberikan sebagai ‘oleh-oleh’ dan tanda ingat bagi yang menerima. 

Selain itu, tujuan spesifikasinya sama-sama sebagai ajang promosi dan branding dari pihak pemberi baik perorangan atau perusahaan ke penerima. Fungsi lainnya bisa juga sebagai ajang kampanye para politikus. Souvenir dan cinderamata juga digunakan public figure dalam mengkampanyekan suatu gerakan. 

Tujuan lainnya sebagai tanda terima kasih dan bentuk apresiasi dari pihak pemberi ke penerima. 

Lalu apa saja, ya, perbedaan antara cinderamata dan souvenir? Berikut ini  ada beberapa hal yang perlu diketahui. 

1. Waktu saat Memberikan Benda Tersebut

Cinderamata lebih sering diberikan untuk acara formal seperti ajang penghargaan, kunjungan, studi banding, peresmian, dan lain-lain. 

Sedangkan, souvenir diberikan untuk acara informal seperti kunjungan ke tempat wisata, momen pernikahan. Acara seminar, workshop, atau welcome gift bagi karyawan juga biasanya menggunakan souvenir kantor.

2. Pihak yang Memberi

Cinderamata biasanya diserahkan dari sebuah lembaga atau badan resmi atas kunjungan tanpa perayaan atau hari istimewa tertentu. Di sisi lain, souvenir biasanya berasal dari perorangan atau lembaga sebagai tanda perayaan atau hari spesial, misalnya pernikahan, seminar, dan lainnya. 

3. Benda yang Diberikan

Perbedaan selanjutnya ada pada benda yang diberikan. Benda yang dipilih sebagai cinderamata biasanya memiliki nilai estetis tinggi, seperti miniatur atau plakat dengan branding perusahaan atau institusi. 

Sedangkan, produk souvenir biasanya adalah benda yang bisa dipakai setiap hari, seperti souvenir kaos, tumbler, mug, tote bag, topi, dan lain-lain. 

Rekomendasi Cinderamata untuk Kantor dari SOUVIA dengan Budget Kurang dari 100 Ribu 

Kami menyediakan berbagai cinderamata ready stock maupun produk pre-order. Berikut beberapa ide souvenir acara kantor yang bisa dipilih. 

1. Nara (Rp 81.000)

SOUVIA menghadirkan cinderamata desain terbaru berupa dompet pouch murah dengan pilihan berbagai desain. Tersedia 2 pilihan bahan yaitu linen dan kanvas. Ornamen batik di bagian bawah membuat pouch ini semakin estetik.

Anda ingin mengganti motif pouch? Tenang, kami siap membuat cinderamata sesuai permintaan Anda. 

Benda satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai cinderamata untuk perpisahan kantor atau souvenir event kantor.

2. TAGSKIN – Name tag Kulit Tersedia 2 Warna (Rp 49.000)

cinderamata untuk kantor
Name tag untuk merchandise kantor.

Jika Anda ingin mencari souvenir kegiatan kantor, seperti welcome kit, bisa pilih name tag. Souvenir satu ini terbuat dari bahan kulit sintetis sehingga terlihat elegan dan kokoh. 

Tak perlu khawatir soal harga. Pembuatan name tag di SOUVIA dibandrol dengan harga terjangkau, yakni mulai dari Rp49 ribu saja. Harga ini sudah termasuk cetak logo. Kami pun menyediakan pembuatan lanyard batik yang menonjolkan ciri khas budaya Nusantara. Estetik!

3. MUGRELIABLE – Mug Stainless 350 ml (Rp60.000)

cinderamata untuk kantor
Mug serbaguna untuk cinderamata kantor.

Cinderamata untuk kantor lainnya adalah mug stainless steel. Gelas anti pecah, anti karat, dan disertai dengan penutup. Gagang plastik membuat mug ini semakin mudah digunakan. Sangat berguna untuk keseharian bekerja di kantor. 

4. BASB – Basic B (Rp72.000)

Selain memberikan cinderamata untuk kantor dalam bentuk satuan, Anda juga bisa memilih paket lengkap cinderamata. Salah satu contohnya adalah Paket Basic B yang terdiri dari goodie bag atau tote bag blacu Calio, buku notes lem A6, pulpen Boss, dan tumbler Calista. 

5. BASD – Basic D (12.400)

Budget pembuatan souvenir kantor Anda sangat terbatas? Tenang, di SOUVIA ada Basic D yang bisa jadi pilihan. Di dalamnya berisi goodie bag atau tote bag spunbond oval, buku notes lem A6, dan pulpen boss. 

Paket ini merupakan salah satu best seller di SOUVIA karena harganya sangat terjangkau serta pilihan produk yang pas sebagai media promosi.

6. BASF – Basic F (Rp 71.000)

souvenir event kantor untuk acara seminar pelatihan dan lainnya
Paket cinderamata kantor isi lengkap.

Ada juga cinderamata untuk kantor yang isinya lengkap, yaitu paket Basic F. Paket souvenir ini terdiri dari lima barang, yakni goodie bag atau tote bag kanvas, name tag, sertifikat, pulpen 736 atau Kakada, dan block notes spiral A5.


Semua harga paket cinderamata untuk kantor di atas sudah termasuk pengerjaan desain dan cetak logo  instansi, perusahaan, maupun acara, lho. 

Teknik branding yang kami gunakan akan menyesuaikan dengan produknya. Beberapa teknik yang tersedia di SOUVIA yaitu branding dari sablon, laser, hingga printing.

Bagaimana sudah menentukan cinderamata untuk kantor yang pas untuk kebutuhan Anda? Hubungi sales eksekutif SOUVIA sekarang dan dapatkan produk untuk kebutuhan cinderamata atau souvenir kantor Anda! 

Langsung hubungi sales executive SOUVIA untuk pemesanan cinderamata atau souvenir dari SOUVIA. Jangan lupa untuk mengirimkan ukuran dan desain yang diinginkan, ya. 

Tak perlu khawatir soal pengiriman. Kami akan mengirimkan souvenir Anda melalui jasa kurir online atau ekspedisi tepercaya. Anda pun bisa mengambilnya langsung di kantor SOUVIA. 

Kira-kira cinderamata kantor apa yang menjadi incaran Anda? Tulis di kolom komentar, yuk!

CEK INSPIRASINYA LAINNYA: 

SOUVIA