Jika kamu sedang mencari pilihan bahan baju partai yang oke, kamu sudah berada di tempat yang tepat.

Tahun 2024 merupakan tahun politik. Rakyat Indonesia akan merayakan pesta demokrasi. Baju partai akan ikut meramaikan event lima tahunan ini dan akan menjadi kostum wajib selama masa kampanye.

Bicara soal pemilihan umum, baju partai tidak hanya menarik perhatian masyarakat luas, namun juga sebagai media promosi sekaligus branding calon wakil rakyat.

Bagaimana membuat kaos partai yang bisa jadi baju favorit semua orang? Simak artikel SOUVIA berikut ihi.

Tips Membuat Baju Partai

baju partai
Kaos lengan pendek bahan katun selalu menjadi andalan desain baju partai

Sebelum memilih jenis baju partai kekinian, ada baiknya kamu mengetahui tips dan trik membuat kaos partai yang bagus. Walau desainnya hampir sama, namun membuat seragam partai yang berbeda dan disukai banyak orang adalah keharusan.

Tidak hanya baju, partai juga bisa membuat merchandise partai dengan souvenir ready stock yang bisa diproduksi singkat dengan tetap menampilkan branding partai.

Bagaimana membuat kaos partai yang kekinian, namun masih masuk anggaran, ini dia tipsnya.

1. Cari desain modern dan kekinian

Membuat rancangan kaos untuk banyak orang memang susah – susah gampang. Pembuat kaos harus mengetahui desain kekinian yang banyak digunakan orang.

Kamu bisa cari inspirasi dengan melihat baju yang dijual toko online dan melihat jenis kaos yang paling banyak digunakan.

2. Cari tahu bahan kaos

Kebanyakan baju partai dibuat dari kain yang berbahan baku kapas hingga polyester. Kamu harus tahu jenis – jenis kain yang digunakan untuk produksi kaos agar bisa membayangkan hasil akhir seragam partai.

3. Sesuaikan dengan identitas partai

baju partai
Kaos polo berdesain semi formal namun tetap santai digunakan saat kampanye

Baju partai akan menjadi media branding sekaligus promosi partai, calon wakil rakyat, dan calon pemimpin daerah. Desain kaos polo harus bisa mewakili identitas partai agar dikenali masyarakat luas.

Warna baju harus disesuaikan dengan warna dominan dari partai yang diusung agar langsung menarik masyarakat.

4. Cari konveksi yang tepat

Hal terakhir yang harus dilakukan adalah mencari vendor atau konveksi yang tepat agar bisa mengeksekusi desain dengan baik.

Pilih konveksi yang sudah punya reputasi dan pernah bekerja sama dengan perusahaan atau kelembagaan terpercaya seperti SOUVIA.

Selain itu, SOUVIA punya banyak rekomendasi produk souvenir yang bisa dijadikan sebagai media branding selain baju partai dan promo gratis cetak logo.

Contoh Pilihan Seragam Partai Kekinian

Kaos yang akan dibagikan kepada pengikut setia hingga petugas partai sebaiknya terbuat dari bahan yang nyaman seperti katun. Tak hanya agar nyaman digunakan, penggunaan pilihan jenis seragam partai yang tepat juga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Buat kamu yang masih bingung desain seragam partai yang menarik perhatian dan nyaman dipakai, berikut rekomendasinya.

1. Hoodie

Pilihan seragam partai satu ini mewakili anak-anak muda. Baju partai jenis hoodie bisa digunakan saat kampanye di lingkungan gen Z. Menggunakan desain hoodie membuat petugas partai tetap trendi dan terlihat bersahabat.

Tidak lupa persiapkan merchandise partai yang merupakan souvenir desain terbaru SOUVIA untuk menarik perhatian pemilih muda.

2. Kaos katun lengan pendek

Seragam partai yang dipakai saat proses kampanye sebaiknya terbuat dari bahan katun agar nyaman digunakan.

Salah satu rekomendasi bahan yang enak dipakai adalah cotton combed. Kain ini terbuat dari katun yang menyerap keringat dan dingin saat cuaca panas. Desain lengan pendek bisa dipakai semua kalangan baik muda maupun tua.

3. Kaos berkerah

Cari desain baju yang nyaman namun bisa digunakan saat acara semi formal? Kaos berkerah jawabannya. Tampilan kaos berkerah membuat penggunanya terlihat resmi namun tetap kasual.

4. Rompi

Atribut partai ini cukup sederhana namun tetap menjadi media promosi dan branding yang efektif. Tidak hanya bisa digunakan saat acara kampanye, namun juga saat mengendarai motor.

5. Kaos raglan

baju partai
Seragam partai berdesain kaos raglan terlihat santai namun tetap menjadi media branding yang efektif

Desain seragam partai yang satu ini cukup diminati karena bisa menampilkan dua warna dalam satu kaos.

Kaos partai lengan panjang seperti kaos raglan memiliki desain yang unik dan cukup diminati karena lengan berukuran ¾ dan tidak memiliki jahitan bahu yang membuatnya trendi dan kasual.


Baju partai merupakan atribut wajib saat kampanye untuk mempromosikan wakil pemimpin negara dan wakil rakyat.

Pilihan jenis bahan dan desain seragam partai harus menarik perhatian dan kekinian agar dilihat dan disukai masyarakat luas. Oleh karenanya, dibutuhkan persiapan matang agar mendapatkan kaos yang bisa menjadi media promosi dan branding yang efektif.

Ingin mendapatkan baju partai terbaik? Hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk mendapatkan rekomendasi seragam terbaik dengan promo gratis cetak logo khusus buat kamu.

SOUVIA