Kalender caleg menjadi salah satu souvenir yang paling sering dibuat saat musim pemilu. Seperti yang kita ketahui, pemilihan umum 2024 di Indonesia akan diselenggarakan beberapa bulan lagi. Tak terasa negeri kita akan menyambut para pemimpin dan wakil rakyat baru.

Meskipun sekarang sudah ada kalender digital, tapi kalender dinding caleg masih ampuh untuk dijadikan media branding dan promosi ke masyarakat yang mereka kunjungi atau tempat kampanye.

Bagi Anda yang saat ini sedang berniat untuk cetak kalender caleg, tetapi masih bingung bagaimana desain yang cocok, berikut rekomendasinya!

Baca juga: Pemilu Damai dengan Souvenir Pemilu 2024

Sebelum Membuat Kalender untuk Caleg, Perhatikan Hal-hal Ini

Sebelum membahas contoh desain kalender caleg, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasilnya lebih efektif. Simak tips membuat kalender untuk caleg yang menarik berikut ini.

1. Gunakan Foto dan Desain Menarik

Sangat disarankan untuk menggunakan foto terbaru agar lebih update. Hindari untuk menggunakan foto yang sebelumnya telah beredar di dunia maya. Dengan memuat gambar yang dibuat khusus untuk kalender partai maka akan memberi nilai lebih.

Selain itu, gunakanlah desain kalender partai yang menarik. Hindari untuk menggunakan desain kalender yang terlalu ramai karena akan menimbulkan citra tidak profesional. 

2. Gunakan Gambar Berkualitas

Tentu Anda menginginkan kalender caleg dengan gambar jernih, jelas, dan menarik, kan? Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menggunakan gambar high-quality agar tidak buram atau pecah saat dicetak.

Kalender untuk caleg dengan kualitas gambar yang bagus dan jernih tentunya akan mendapat perhatian masyarakat. Sebaliknya, jika gambar kurang menarik, maka bisa memengaruhi citra caleg dan partainya. 

3. Sesuaikan Ukuran Kalender dengan Font

Menentukan ukuran kalender caleg yang ingin dibuat bisa berpengaruh terhadap desain kalender. Misalnya Anda ingin membuat kalender dalam ukuran A5 atau A3, maka sesuaikan ukuran dan jenis huruf, jangan terlalu kecil atau besar. Pilihlah jenis huruf yang mudah terbaca, ya.

4. Tonjolkan Warna untuk Menunjukkan Identitas

Berbicara caleg pasti identik dengan partai pengusungnya. Jangan sampai salah menentukan warna sesuai dengan partai si caleg, ya. Warna juga menjadi bagian dari sebuah citra, sehingga warna partai haruslah mendominasi dan menonjol untuk mendukung promosi atau branding.

5. Pilihlah Bahan Kalender yang Tepat

Bahan untuk mencetak kalender partai atau caleg juga menentukan kualitas dan ketebalan yang Anda inginkan. Ada jenis kertas yang halus dan tidak kaku, tapi ada juga kertas yang kaku. Terdapat juga kertas yang memberikan kesan mengilap. Masing-masing kertas memiliki harga yang berbeda.

6. Pilih Percetakan Berpengalaman

Terakhir, jangan sampai salah pilih jasa percetakan untuk kalender caleg. Sebab, biaya untuk ongkos pembuatannya juga tidak sedikit dan hasilnya sangat berpengaruh pada promosi dan branding yang ingin Anda bangun.

Pastikan Anda memilih jasa percetakan yang sudah berpengalaman mengerjakan proyek pembuatan kalender. Anda bisa juga meminta dibuatkan dummy atau sampel untuk melihat apakah desain sudah sesuai dengan harapan Anda. 

Salah satu rekomendasi jasa souvenir yang juga bisa membantu mencetak kalender untuk caleg adalah SOUVIA. Kami sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dan telah bekerja sama dengan berbagai instansi maupun perusahaan untuk dibuatkan kalender maupun souvenir kantor.

Contoh Desain Kalender untuk Caleg

Kebanyakan kalender untuk caleg didesain dalam 1 halaman yang memuat 12 bulan. Salah satu alasannya karena bisa menghemat budget pembuatan dan bisa dicetak dengan cepat. Di SOUVIA, kami bisa membuat berbagai ukuran kalender untuk caleg dan desainnya. 

Biasanya bentuknya kalender poster dengan binding klep seng. Berikut adalah beberapa contoh kalender yang bisa SOUVIA buat untuk Anda.

1. Kalender dengan Siluet atau Foto Caleg

Contoh kalender untuk caleg. Sumber : https://www.tutoriduan.com/

Selain foto caleg tersedia juga berbagai informasi seperti logo partai yang menaungi, nama lengkap caleg beserta gelar pendidikan, keterangan dapil caleg serta nomor pemilihan caleg. 

Dilengkapi juga beragam tulisan seperti “Mohon Doa dan Dukungannya” atau “Kami Bekerja Melayani Rakyat”, dan slogan partai. Bisa juga menambahkan desain kertas pemilihan KPU yang hanya memunculkan nama caleg. 

2. Foto Caleg Bersama Petinggi Partai

Cetak kalender untuk caleg murah. Sumber: Lazada.co.id.

Contoh kalender caleg selanjutnya adalah perpaduan foto caleg dengan siluet atau foto petinggi partai, bisa founder, calon presiden yang didukung, maupun  petinggi partai yang ada di daerah wilayah pemilihannya beserta nama jabatannya.  

Disertai dengan informasi lain seperti nama caleg, nama petinggi partai, dapil caleg, jabatan petinggi partai, nomor pemilihan caleg, logo partai, slogan partai, dan layanan dari partai.

3. Disertai dengan Nama Media Sosial

Isinya kurang lebih sama dengan 2 contoh desain di atas, tapi ditambah dengan informasi media sosial dari caleg atau partai pengusungnya. Nah, desain seperti ini dianggap cukup relevan dengan tren yang ada sekarang. Apalagi banyak calon pemilih berasal dari usia muda yang sangat melek teknologi. 

Jenis-jenis Kertas untuk Kalender  

Ada macam-macam kertas yang digunakan untuk membuat kalender promosi caleg, mulai dari yang tipis hingga tebal. Berikut beberapa pilihan kertas untuk kalender caleg.

1. Kertas Duplex

Kertas duplex memiliki ciri khas tidak gampang penyok karena teksturnya tebal serta memiliki dua sisi yang berbeda. Dikenal sebagai bahan untuk membuat kemasan pada produk. Nah, untuk kalender sendiri, biasanya duplex dijadikan material kalender model poster. 

2. Kertas Matte Paper/Doff Paper

Ciri khas dari kertas ini tidak terlalu tebal dan mampu menyerap cahaya. Cocok digunakan untuk membuat kalender dinding yang tidak memunculkan efek glossy.  Kekurangannya adalah tekstur lebih kasar  dibanding kertas lainnya serta lebih gampang tertempel kotoran.

3. Art Paper

Jenis kertas satu ini memiliki efek glossy sehingga akan membuat tampilannya mengilap. Kalender caleg yang terbuat dari art paper akan terkesan mewah. 

Tak hanya itu, kertas ini juga tidak mudah terkena kotoran dan debu, serta memiliki daya tahan yang kuat sehingga bisa bertahan lama dan tampilan hasil print yang tidak gampang berubah warnanya atau luntur. Art paper biasanya digunakan untuk mencetak kalender dinding perusahaan.

4. Art Carton

Selain karena lebih tebal dan tidak akan mudah rusak, kertas jenis ini juga memiliki laminasi yang baik serta permukaan mengilap. Permukaan kertasnya juga licin dan putih halus di kedua sisinya. 

Selain cocok dijadikan bahan kalender, art carton juga dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti cover buku, poster, undangan, dan brosur.


Itu tadi beberapa informasi yang perlu diperhatikan saat ingin membuat kalender caleg. Mulai dari contoh desain hingga jenis kertas yang bisa digunakan. 

Jika Anda ingin membuat kalender, percayakan saja pada SOUVIA. Selain kalender, di SOUVIA juga menyediakan jasa cetak stiker kampanye dan custom gantungan kunci. Jika Anda tertarik untuk memberikan souvenir kampanye lainnya, kami juga memiliki berbagai rekomendasi. 

Souvenir kampanye SOUVIA yang tersedia seperti kaos, pouch, tumbler, pulpen, topi, tas, jaket, dan lain-lain. Semua produk kami buat dengan bahan berkualitas serta desain yang bisa dicustom, lho. 

Tunggu apalagi, yuk segera pesan kalender untuk caleg dan souvenir lainnya yang Anda inginkan dengan hubungi sales eksekutif SOUVIA. Tak perlu khawatir, cetak kalender partai murah bisa dilakukan hanya di tempat kami.

CEK INSPIRASI LAINNYA: 

SOUVIA