Menjelang akhir tahun sudah saatnya mulai merencanakan souvenir untuk para kolega. Bentuk kalender serta desain yang beragam, membuat banyak perusahaan memilih kalender untuk dibagikan kepada karyawan atau rekan bisnis.

Bagi kamu yang masih mencari desain kalender yang pas, ini dia aneka bentuk kalender yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Jenis-Jenis Bentuk Kalender

Ada berbagai bentuk kalender yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga desain. Namun, sebagai perusahaan atau kelembagaan tentu ingin menampilkan desain dan bentuk kalender terbaik. Bentuk kalender yang menarik tentu akan diminati oleh mitra, konsumen, dan karyawan.

Berikut ini enam rekomendasi bentuk kalender yang bisa dipilih untuk semua kebutuhan.

1. Kalender dinding

bentuk kalender
Bentuk kalender dinding umum digunakan sebagai souvenir akhir tahun untuk konsumen

Bentuk kalender dinding merupakan salah satu yang sering digunakan untuk berbagai kesempatan, contohnya souvenir akhir tahun untuk para konsumen.

Bagi sebagian orang, kalender dinding dianggap praktis karena bisa langsung digantung di dinding. Siapa pun tentunya dapat dengan mudah melihat kalender tersebut.

Kebanyakan bahan kalender dinding terbuat dari kertas art paper. Hal ini karena kalender dari kertas art paper memiliki tampilan mengilap, warna tajam, serta tahan debu, dan air. Sangat cocok digunakan sebagai media branding atau promosi.

Kalender dinding biasanya berukuran 26 x 38 cm, 31 x 48 cm, 38 x 54 cm hingga 44 x 64 cm cm dengan ketebalan kertas 160 gsm.

2. Bentuk kalender meja

Kalender meja sering digunakan sebagai onboarding kit awal tahun oleh perusahaan atau kelembagaan untuk para mitra dan karyawan.

Bagi karyawan atau orang yang memiliki banyak agenda, kalender meja sangat membantu karena bisa melihat tanggal dengan detil dan menambahkan catatan. Selain itu, kalender meja juga praktis karena bisa diletakan di meja kantor.

Jenis kertas untuk kalender duduk atau meja adalah art carton ketebalan 210 dan 260 gsm dengan ukuran 15 x 21 cm atau 24 x 17 cm atau bisa custom sesuai kebutuhan.

Berbeda dengan kalender dinding, kalender meja terbuat dari bahan yang lebih tebal agar tetap kokoh saat diletakan. Hasil cetakan juga memiliki tampilan doff yang eksklusif.

3. Kalender poster

Kalender poster biasanya berdesain catchy dengan tampilan gambar artis atau idola favorit. Sehingga, bentuk kalender satu ini lebih sering digunakan oleh kalangan remaja.

Jika kalender dinding berukuran maksimal 44 x 64 cm, maka kalender poster bisa dibuat lebih besar sesuai kebutuhan konsumen.

Perusahaan atau kelembagaan juga bisa membuat kalender poster agar memiliki tampilan dan tema yang fleksibel.

Bentuk kalender poster akan memudahkan seluruh karyawan dan pimpinan memiliki pandangan yang sama mengenai agenda perusahaan.

Untuk kebutuhan korporasi atau kelembagaan, sebaiknya menggunakan bahan cetak kalender berkualitas tinggi. Sehingga, kalender bisa tahan sepanjang tahun dan menjaga kejelasan dan ketajaman tampilan kalender.

4. Kalender sobek

Walau jarang digunakan, kalender sobek masih populer di kalangan tertentu untuk memudahkan seseorang mengatur jadwal harian.

Ukuran yang biasa digunakan adalah 9 x 15 cm atau 15 x 18,5 cm. Tentu kamu juga bisa pesan ukuran kalender sesuai kebutuhan. Kalender sobek juga bisa dibuat untuk tampilan harian atau bulanan.

5. Kalender buku agenda

Bentuk kalender buku agenda cocok digunakan sebagai onboarding kit karyawan di awal tahun

Bentuk kalender buku agenda memiliki tampilan bulanan, mingguan, dan harian. Tampilan harian bisa digunakan untuk membuat jurnal dan catatan rapat.

Bentuk kalender buku agenda bisa digunakan sebagai seminar kit untuk mitra usaha dan karyawan. Kalender ini bisa diproduksi custom dengan menampilkan brand atau logo dan disesuaikan dengan tema acara.

6. Kalender digital

bentuk kalender digital

Kamu bisa dengan mudah menemukan kalender ini di ponsel, laptop, komputer, atau tablet. Kalender digital memungkinkan pengguna melihat tanggal di mana pun berada.

Pengguna juga bisa mencatatkan agenda atau peristiwa penting agar tidak terlewat. Bahkan, kalender digital dapat melihat tanggal dan hari dari tahun-tahun yang lalu dan tahun mendatang.

Fungsi Kalender

Tentu kamu sudah tahu jika fungsi utama kalender adalah memberikan informasi penanggalan. Oleh karenanya, kalender tidak tergantikan dengan media apa pun, termasuk jurnal.

Selain itu, kalender juga memiliki beberapa fungsi yang erat kaitannya dengan penjualan dan menjaga hubungan baik, lho. Beragam fungsi ini ternyata dipengaruhi oleh bentuk kalender, lho.

Berikut ulasan berbagai fungsi kalender yang harus kamu ketahui.

1. Mengatur kegiatan

Kalender menampilkan informasi penanggalan yang sangat berguna untuk mengatur kegiatan atau jadwal seseorang. Informasi tanggal tersebut memudahkan seseorang mengatur jadwal agar tidak terjadi bentrok kegiatan.

Fungsi satu ini akan lebih praktis jika kamu menggunakan kalender digital pada gawai. Tak hanya mencatat kegiatan, kamu pun bisa membuat pengingat kegiatan pada kalender jenis ini. Mencatat momen penting, seperti ulang tahun atau anniversary pernikahan pun bisa dilakukan.

Jika ingin tetap terlihat di depan mata saat berkegiatan terutama bekerja, pilih kalender meja bulanan yang terdapat memo untuk mencatat momen penting. Sebelum mencetaknya, cari contoh kalender meja unik terlebih dahulu untuk menambah semangat.

2. Media promosi dan branding

bentuk kalender
Bentuk kalender dinding biasanya digunakan untuk promosi

Tidak sedikit perusahaan dan kelembagaan yang memberikan souvenir kalender kepada mitra usaha, konsumen, hingga karyawan.

Bukan hanya untuk memberikan informasi penanggalan, kalender juga untuk mempromosikan merek dagang atau institusi agar semakin dikenal.

Permukaan kalender yang luas memberikan cukup banyak ruang untuk brand atau institusi menampilkan produk atau program kerja. Sehingga, brand atau institusi semakin eksis di tengah masyarakat.

3. Bagian dekorasi

Setiap orang suka dengan keindahan dan kecantikan. Kalender kekinian dengan desain unik dan menarik akan menarik perhatian bagi penerima.

Pengguna akan dengan senang hati menempatkan kalender di tempat strategis agar bisa dilihat semua orang. Oleh karenanya, penting mempersiapkan desain kalender jauh – jauh hari agar digunakan oleh penerima.


Tidak hanya kalender dinding dan meja, bentuk kalender bisa dikreasikan menjadi kalender poster, sobek, dan buku agenda.

Jenis kalender cukup mempengaruhi fungsi kalender sebagai media promosi, dekorasi, dan mengatur kegiatan.

Oleh karenanya, pastikan memilih penyedia kalender yang bisa menerjemahkan keinginan dan kebutuhan agar menghasilkan bentuk kalender yang sesuai.

Jangan ragu untuk hubungi sales eksekutif SOUVIA yang siap membantu kamu menemukan bentuk kalender yang tepat.

SOUVIA