Tiap perusahaan, baik yang menjual jasa maupun produk, pasti akan melakukan brand campaign atau kampanye merek. Apa itu? Brand campaign adalah kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan, mempromosikan mengembangkan, mengubah, atau meningkatkan awareness merek sebuah perusahaan. 

Sering kali kampanye merek disamakan dengan marketing campaign. Apakah keduanya sama? Untuk mengetahui jawabannya, yuk, simak informasinya!

BACA JUGA: Souvenir Corporate Gifts dari SOUVIA. Pilih yang Mana?

Perbedaan Brand Campaign dan Marketing Campaign

brand campaign
Contoh brand campaign. Source: The Drum

Kadang ada orang yang masih bingung apa, sih, perbedaan brand campaign dengan marketing campaign? Pasalnya, kedua istilah ini sering disebut dan digunakan dalam dunia bisnis atau marketing. Meski terlihat sama tapi keduanya berbeda, lho. 

Branding campaign adalah upaya membangun dan menguatkan identitas brand, meningkatkan kesadaran dan visibilitas merek, serta ketertarikan target audiens. Beberapa aktivitas yang dilakukan seperti public relations, periklanan digital, promosi yang dilakukan media sosial, dan mengadakan acara seperti pameran dan talkshow. 

brand dan marketing campaign
Contoh marketing campaign. Source: Pinterest

Di sisi lain, apa itu campaign marketing? Marketing campaign adalah sesuatu yang mengutamakan aktivitas untuk mempromosikan produk, layanan, atau acara tertentu yang mengarah ke penjualan. 

Contoh kegiatannya seperti brand launch, email marketing, rebranding, dan kampanye musiman. Dalam pelaksanaannya akan mencakup aktivitas branding seperti desain logo dan pesan merek dengan harapan bisa mendorong dan meningkatkan penjualan. 

Singkatnya, perbedaan brand campaign dan marketing campaign terletak pada durasi dan tujuan dari kampanye. Jika brand campaign berfokus kepada “wajah” merek, institusi, atau perusahaan, serta memiliki tujuan jangka panjang.

Sedangkan, marketing campaign untuk memperkenalkan produk atau jasa lewat berbagai media promosi serta durasi yang lebih pendek. Kampanye marketing juga lebih memiliki audiens yang tertarget.

Tujuan Brand Campaign

Setiap melakukan kampanye bisnis pasti akan ada tujuan yang hendak dicapai. Untuk kampanye merek setidaknya ada 2 tujuan. Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Melalui brand awareness bukan hanya ingin membuat masyarakat jadi mengenal merek Anda, tetapi juga membuat masyarakat tahu apa yang ditawarkan dan yang dilakukan oleh perusahaan. Harapannya agar banyak masyarakat yang membicarakan brand secara positif dan membantu perkembangan bisnis untuk waktu yang lama.

2. Penambahan Sumber Pendapatan

Aktivitas yang menjadi sumber pemasukan brand bukan hanya dari penjualan jasa atau produk yang ditawarkan saja. Sumbernya bisa dari trafik website, kerjasama dengan brand lain, investor, iklan, pendaftaran dari premium membership, dan sebagainya.

Manfaat Brand Campaign 

Jika kampanye merek dilakukan dengan rencana yang matang, konsisten, dan penyelenggaraannya sukses, maka bisa memberikan manfaat bagi perusahaan Anda. Berikut adalah manfaat brand campaign untuk perusahaan.

  • Membangun ekuitas merek.
  • Bisa bersaing dengan kompetitor secara lebih efektif.
  • Membantu brand memasarkan produk dengan tepat sasaran sesuai target marketnya
  • Memberikan pengaruh bagi keputusan pembelian konsumen
  • Mempermudah melakukan pemasaran
  • Membangun loyalitas konsumen pada brand 
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen
  • Membuat konsumen selalu mengingat brand Anda dan menarik konsumen baru
  • Membuat brand banyak dibicarakan oleh masyarakat (word of mouth).

Apa Indikator Keberhasilannya? 

Ada beberapa poin yang menjadi indikor keberhasilan kampanye. Tentu saja hal ini bisa berbeda-beda tergantung tujuan campaign. Anda bisa mengecek demografi audiens, seberapa tinggi minat mereka terhadap brand Anda, seberapa tahu mereka terhadap merek Anda baik sebelum dan sesudah kampanye.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek kunjungan situs web, berapa lama durasi berada di situs tersebut, apa saja halaman pada situs yang dicek pengunjung, berapa banyak yang memberi komentar maupun share, yang mengunduh file, dan lainnya. 

Strategi Brand Campaign yang Efektif

brand campaign
Brand campaign perlu strategi yang tepat. Source: Academy of Learning Career College

Ada berbagai persiapan yang perlu dilakukan untuk membuat branding campaign secara efektif. Berikut adalah beberapa tips dan hal yang perlu dipertimbangkan.

1. Tentukan Gol yang Mau Dicapai

Membuat brand campaign yang efektif harus menentukan visi hasil dan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan Anda. Dengan begitu Anda bisa membuat kampanye branding yang lebih fokus.

Coba ajukan beberapa pertanyaan seperti apa yang ingin saya capai dari kampanye ini? Apakah hanya ingin meningkatkan awareness tentang brand? Apakah Anda ingin audiens melakukan tindakan tertentu?

2. Cari Tahu Secara Detail Siapa Audiens Merek

Cara membuat brand campaign yang efektif adalah mengetahui siapa target audiens. Hal ini akan membuat brand bisa terhubung dengan mereka. Anda bisa menggali informasi demografi, seperti umur, domisili, pendidikan, pendapatan, dan jenis kelamin. 

Brand campaign yang efektif juga perlu memahami bagaimana kebiasaan, gaya hidup, dan preferensi calon konsumen Anda.  

3. Sesuaikan dengan Anggaran yang Dimiliki

Pembuatan brand campaign sangat tergantung pada budget yang perusahaan miliki. Tenang saja, tidak semua harus bayar mahal, kok. Anda bisa membuat kampanye yang terjangkau hingga gratis. 

Salah satunya dengan mengadakan kontes atau giveaway di media sosial. Jadi, Anda bisa mengajak masyarakat untuk membuat konten terkait brand.  

4. Tetapkan Waktu yang Jelas

Penting untuk menerapkan batas waktu berapa lama brand campaign akan dilakukan apakah 2 minggu, 1 bulan,  atau 6 bulan dan seterusnya.  Dengan menetapkan waktu bisa membantu mengukur keberhasilan dan menciptakan rasa urgensi, sehingga kampanye harus segera dilakukan dan terus disebarkan. 

Membuat waktu yang jelas dari setiap brand campaign bisa dijadikan perbandingan terhadap kegiatan kampanye merek yang sudah pernah dilakukan.

5. Konsep Unik dan Kreatif

Agar dilirik oleh target audiens dan menjadi pembeda dengan kompetitor, maka Anda perlu membuat kampanye merek berkonsep kreatif dan unik. Cara ini juga bisa membangun loyalitas konsumen dan keterlibatan mereka. Pastikan juga kampanye atau iklan yang digunakan bisa dibagikan dengan mudah.

6. Ukur Hasil Anda

Setelah kampanye branding dilakukan, Anda perlu mengukur hasil untuk mengetahui apakah aktivitas tersebut mencapai target yang sudah ditentukan atau masih perlu dilakukan perbaikan. Caranya dengan mengumpulkan data, analisis, dan tentukan apa saja kelebihan dan kekurangan yang bisa dipelajari. 

7. Siapkan Souvenir untuk Brand Campaign

Tak lengkap rasanya jika acara kampanye brand tidak memberikan souvenir untuk audiens maupun pihak yang berkepentingan lainnya. Anda bisa memberikan kenang-kenangan atau souvenir yang sudah dikustomisasi dengan tambahan logo merek.

Anda bisa memesan souvenir kantor di vendor tepercaya, salah satuny di SOUVIA. Berikut ini adalah rekomendasi souvenir untuk brand campaign dari SOUVIA.

Souvenir pilihan pertama adalah tumbler stainless ukuran 350 ml dilengkapi tutup kayu asli dan terdapat handle pada bagian penutupnya untuk memudahkan membawanya.

tumbler tutup kayu ukuran 500 ml bahan stainless dengan handle

Anda juga bisa memberikan buku notebook SOUVIA yang berukuran A6 sehingga mudah untuk dimasukkan dalam saku. 

buku catatan notebook A6 kecil

Selain itu, Anda pun bisa memberikan tote bag spunbond yang bisa digunakan berulang kali dan awet.

Masih penasaran dengan produk lain dari SOUVIA? Kami masih memiliki souvenir ready stock yang tak kalah beragam. Pengerjaannya juga cepat yaitu 2-3 hari saja karena hanya perlu waktu untuk menambahkan branding logo atau nama perusahaan Anda di produknya. 

Jika Anda sudah pernah membeli produk dari kami dan ingin produk terbaru, kami juga memproduksi souvenir desain terbaru SOUVIA  yang tidak kalah keren.

Membeli souvenir dari kami juga akan lebih puas karena tersedia layanan cetak logo gratis dan jika belum memiliki desain branding kami siap membantu Anda. Tak perlu ragu lagi, ayo segera hubungi sales eksekutif SOUVIA memesan produknya sekarang, ya! 

CEK INSPIRASI LAINNYA: 

SOUVIA