Agar bisnis makin dikenal tentu kita harus meningkatkan brand awareness, salah satunya dengan cara membuat logo brand sendiri. Logo berperan sebagai wajah brand atau merek, sehingga orang lain akan lebih mudah mengenal dan mengingatnya.

Kita bisa membagikan souvenir ready stock dengan logo brand di dalamnya saat promosi produk. Dari souvenir tersebut, tentu akan semakin banyak orang yang tahu dan akhirnya mengenal logo kita.

Itulah mengapa kita harus bisa membuat logo semenarik mungkin serta bisa menggambarkan brand dengan baik. Untuk itu, simak pembahasan tentang cara membuat desain brand dengan mudah!

Baca juga: Perbedaan Seminar dan Workshop. Jangan Sampai Tertukar, Ya!

Cara Membuat Logo Brand Sendiri

Setelah kamu tahu betapa pentingnya memiliki logo, sekarang saatnya membuatnya. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat logo dengan mudah, simak tipsnya berikut ini.

1. Penentuan Nama Brand

Langkah cara membuat logo selanjutnya dengan menentukan nama brand yang ingin kamu buat. Pahami nilai-nilai dan pesan yang ingin kamu sampaikan melalui logo tersebut. Perhatikan juga apa yang ingin kamu komunikasikan ke target audiens. 

Tersedia 3 pilihan warna untuk clutch bag tenun Kurra Nic.

Tak perlu panjang-panjang, pilih saja nama yang singkat dan mudah untuk diingat. Nama yang terlalu panjang atau rumit justru tidak menarik saat harus disematkan dalam sebuah souvenir seperti mug, kaos, atau pouch batik.

2. Menentukan Kategori Usaha

Jenis atau kategori usaha bisa menjadi titik awal penentuan logo. Banyak logo dari brandbesar dunia merupakan lambang dari bisnisnya. Logo burger untuk usaha burger, logo burung untuk usaha penerbangan, dan sebagainya.

Meski begitu, cara membuat logo brand sendiri menggunakan ikon yang secara eksplisit menerangkan jenis usaha bukanlah keharusan. Langkah ini bisa kamu lewati jika tidak ingin menggunakan logo dari bentuk produk atau jenis usahamu.

3. Buat Konsep Logo

Setelah menentukan nama brand dan jenis usaha, langkah selanjutnya adalah membuat konsep logo. Pastikan logo yang kamu pilih memuat filosofi dan juga nilai-nilai dari brand sehingga karakternya akan kuat.

Setiap elemen harus memiliki makna, sehingga bisa memperkuat branding saat kegiatan promosi dilakukan. Jika kamu bisa menyampaikan filosofi dalam sebuah logo yang simpel, maka hal itu akan jauh lebih baik.

4. Tentukan Kombinasi Warna 

Berikutnya, hal penting yang juga harus kamu perhatikan dalam membuat logo brand adalah menentukan kombinasi warna. Elemen ini akan menjadi ciri khas yang sulit untuk dilupakan oleh para audiens sehingga tidak bisa sembarangan memilihnya.

Kita juga harus konsisten menggunakan warna tersebut di setiap kesempatan, termasuk saat menggunakannya untuk souvenir seperti kaos, pulpen premium, buku, atau dompet. Buatlah beberapa warna agar logo cocok untuk berbagai background.

5. Pilih Tipografi yang Tepat

Tipografi adalah teknik memilih dan menata sebuah tulisan atau font agar terlihat indah saat dibaca. Maka dari itu, jika ada unsur tulisan di dalam logo, maka kamu harus memperhatikan setiap detail huruf yang ditampilkan. 

Pastikan gaya tulisan tersebut sesuai dengan karakter brand dan juga audiens yang menjadi tujuan. Sama seperti warna, penggunaan jenis huruf tidak bisa bergonta-ganti dan harus konsisten karena akan menjadi karakter brand kamu ke depannya.

6. Buat Sketsa Logo

Sketsa logo sangat membantu dalam tahap membuat logo brand sendiri. Source: Marstudio

Cara bikin logo brand selanjutnya adalah membuat sketsa logo di sebuah buku atau tablet. Buat goresan-goresan dasar yang menyusun logo secara utuh. Cara ini akan lebih efektif daripada mengerjakan langsung di aplikasi. 

Terkadang kita merasa buntu jika membuat logo tanpa mengawalinya dengan sketsa. Itulah mengapa kita harus melalui tahapan ini terlebih dahulu. Membuat sketsa juga memudahkan kita dalam melakukan koreksi jika ada kesalahan.

7. Terapkan di Aplikasi

Setelah semua perencanaan pembuatan logo sudah selesai, maka waktunya untuk menerapkannya ke dalam aplikasi. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat logo, baik itu aplikasi offline maupun online.

Beberapa aplikasi offline yang bisa kamu gunakan adalah CorelDraw, Adobe Ilustrator, atau Logo maker di Android. Sementara aplikasi Online berbasis website bisa menggunakan Canva, FreeLogoDesign, NameCheap, dan sebagainya.

8. Buat Mockup Design

Satu lagi cara membuat logo brand sendiri yang sebaiknya jangan kamu lewatkan, yaitu membuat desain mockup atau contoh. Jika kamu ingin menerapkan logo ke dalam souvenir, maka hal itu bisa kita simulasikan dalam sebuah desain mockup.

Salah satu vendor souvenir yang bisa mengaplikasikan logo ke dalam produknya adalah SOUVIA. Ada banyak pilihan souvenir desain terbaru SOUVIA yang bisa kamu tambahkan logo di depannya sehingga dapat menunjukkan identitas brand.

9. Pasang Logo di Akun Media Sosial

Cara bikin logo perusahaan agar semakin banyak orang mengenalnya adalah menggunakannya di berbagai media promosi. Gunakan juga di semua akun media sosialmu seperti Instagram, Facebook, TikTok, atau Youtube.

Semakin sering aktif di media sosial, maka akan memperbesar kemungkinan audiens mengenal brand dari logomu. Terapkan strategi marketing organik dalam mengelola media sosial agar brand awareness semakin tinggi. 

Keuntungan Memiliki Logo Brand Sendiri

Seperti pembahasan tentang cara membuat logo brand sendiri di atas, kita setuju jika sebuah logo adalah wajah atau identitas dari brand. Berikut ini adalah beberapa keuntungan jika memiliki logo brand sendiri:

1. Identitas Brand yang Kuat

Logo adalah wajah dari brand milikmu sehingga mampu memberikan identitas visual yang kuat dan konsisten untuk bisnis atau produk yang kamu buat. Hal ini secara konsisten akan membangun identitas brand yang mudah dikenal.

2. Lebih Profesional

Dengan adanya logo maka sebuah brand akan terlihat lebih profesional dan bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada bisnis. Jika identitas tidak jelas, maka akan sulit bagi orang lain untuk mengenal dan percaya dengan kita, bukan?

3. Cara Efektif untuk Berkomunikasi

Logo bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk menyampaikan pesan serta nilai-nilai kepada para pelanggan di luar sana. Setiap warna, elemen, dan tagline dari sebuah logo akan mampu menyampaikan pesan yang kuat kepada mereka. 

4. Identitas di Media Sosial

Hanya dengan logo, akun media sosial dari brand milikmu akan lebih mudah dikenali. Logo tersebut juga bisa kamu jadikan foto profil sehingga membantu membangun kehadiran digital yang kuat.

5. Memudahkan Pemasaran

buku notebook hard cover cocok untuk souvenir kantor yang mendukung produktivitas

Sebuah logo bisa memudahkan kita dalam urusan pemasaran, salah satunya dengan menampilkannya di dalam souvenir. Misal, souvenir berupa buku tulis akan jauh lebih menarik jika memiliki logo di depannya daripada souvenir hanya cover buku kosong.

Pesan Souvenir dengan Logo di SOUVIA

Jika kamu membutuhkan vendor untuk pembuatan souvenir dengan logo, jangan ragu untuk memesannya di SOUVIA. Ada banyak souvenir kantor yang bisa kamu pilih, mulai dari pulpen, tumbler, hingga gadget sekali pun.

Butuh souvenir dalam waktu cepat? Tenang, SOUVIA menyediakan souvenir ready stock yang bisa kamu pesan beserta cetak logo gratis. Hanya perlu 2-3 hari kerja, maka souvenir perusahaan pesanmu akan di antar langsung ke alamat penerima atau kantor.

Ayo, segera hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk pemesanan dan konsultasi produk!

BACA INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA