Apa perbedaan antara seminar dan workshop? Mungkin itu yang menjadi kebingungan sebagian orang karena sekilas kegiatan yang dilakukan mirip, sehingga terkadang orang salah menyebut atau mengartikan dua kegiatan ini. 

Seminar sendiri adalah kegiatan pembelajaran bersifat formal dan berdurasi pendek dengan mengundang pembicara yang ahli di bidang yang menjadi topik tertentu, sebagai bentuk pengenalan  kepada peserta secara umum. 

Sedangkan arti workshop adalah kegiatan pembelajaran yang bersifat lebih interaktif antara peserta dengan fasilitator ahli dan ada praktek di dalamnya sehingga para peserta akan terlibat aktif sepanjang acara.

Dari pengertiannya saja ternyata sudah berbeda ya. Nah, agar Anda tidak salah lagi, berikut  akan kami jelaskan perbedaan, tujuan, sekaligus rekomendasi souvenir yang cocok untuk seminar dan workshop. Dengan begitu, Anda bisa memilih mana kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Rekomendasi Contoh Seminar Kit Sesuai Tema. Apa Saja?

Tujuan Serta Manfaat Seminar dan Workshop

1. Tujuan 

Tujuan dari seminar adalah untuk mengenalkan dan menemukan sebuah solusi dari suatu masalah yang dibahas dalam topik seminar tersebut. Itulah sebabnya seminar selalu disertai dengan kesimpulan atau resolusi. 

Berbeda lagi dengan tujuan workshop, tujuannya adalah memberikan pemahaman yang lebih komprehensif kepada peserta lewat diskusi dan praktek pelatihan.

2. Manfaat

Pada dasarnya baik seminar dan workshop sama-sama memiliki manfaat untuk menambah networking, ilmu pengalaman baru, serta berkesempatan bertemu dengan pakar yang sangat ahli di bidangnya, atau bahkan menjadi idola atau panutan Anda. 

Namun, secara spesifik, manfaat dari seminar sangat membantu mengenalkan isu terkini dari ahli dalam bidangnya.

Manfaat workshop yaitu untuk membantu meningkatkan kualifikasi dan kompetensi skill profesi peserta sesuai dengan bidang kerjanya. Dengan adanya praktik, workshop memberikan manfaat yang lebih dalam untuk mengasah kemampuan pemecahan masalah. 

Perbedaan Seminar dan Workshop

1. Materi yang Disampaikan

Persamaan seminar dan workshop. Sumber: master1305 from Freepik.

Perbedaan workshop seminar adalah seminar lebih membahas topik yang masih luas dan umum dengan maksud sebagai pengenalan tema pada peserta. Biasanya dalam seminar hanya sebatas tanya jawab antara pembicara dengan peserta. 

Lalu jika workshop itu seperti apa? Jadi, materi yang disampaikan pada workshop biasanya teori, konsep maupun logika yang lebih mendalam dan spesifik. Topik yang dibahas dalam kegiatan ini berasal dari permasalahan peserta workshop itu sendiri.

Caranya bisa lewat survei yang dilakukan pihak penyelenggara. Jadi, sebelum mengadakan workshop, satu bulan atau beberapa minggu sebelumnya Anda sudah meminta target audiens untuk menyampaikan apa tema yang ingin mereka pelajari lebih dalam. 

Di workshop juga disertai diskusi mendalam antara pemateri dan peserta untuk memperoleh solusi yang tepat.

2. Peserta yang Mengikuti Seminar dan Workshop

Peserta seminar biasanya adalah orang awam atau umum yang baru mau mengenal suatu topik tertentu. Jadi jangkauannya masih sangat luas. 

Namun, jika workshop biasanya diikuti oleh peserta yang sudah secara signifikan mampu menguasai materi dan ingin memperdalam ilmu tersebut dengan praktik serta menambah sertifikasi. Jadi, jumlah peserta workshop biasanya lebih sedikit dibanding seminar. 

3. Lamanya Waktu Acara

Waktu acara seminar biasanya lebih singkat yaitu berkisar 1 jam hingga paling lama adalah 3 jam tergantung dari seberapa banyak materi yang dibawakan.

Kalau workshop lebih lama lagi bahkan bisa sampai 3 hari jika memang materi dan praktiknya cukup padat dan komprehensif, durasi per harinya pun cukup intens yaitu 5 hingga 9 jam sehari.

Persamaan Seminar dan Workshop 

Selain perbedaan, ada juga persamaan seminar dan workshop, karena keduanya memang mirip dari beberapa aspek. 

Persamaan keduanya bisa dilihat dari sama-sama berupa kegiatan yang membahas topik atau masalah tertentu dengan mengundang pembicara ahli sesuai pembicaraan yang diangkat untuk membantu meningkatkan pengetahuan. 

Yang terlibat dalam kedua acara ini setidaknya sama-sama ada pembawa acara, peserta, pemateri, dan moderator. 

Di akhir acara, bila peserta mengikuti semua rangkaian acara dan workshop biasanya mereka akan diberikan sertifikat sebagai bukti jika pernah mengikuti seminar atau workshop. 

Begitu juga dengan pembicara, sertifikat sebagai bentuk apresiasi karena sudah memberikan  pengetahuan atau skill baru pada peserta.

Persamaan lainnya adalah keduanya juga memberikan souvenir ke para peserta maupun pemateri sebagai tanda terima kasih dan kenang-kenangan. Ragam isi souvenir berbeda-beda. Ada yang tote bag dari berbagai bahan, hingga keperluan penunjang kantor seperti agenda hingga gadget. 

Souvenir untuk Seminar dan Workshop dari SOUVIA 

Jika Anda sedang mencari souvenir yang tepat untuk membuat seminar atau workshop, tak perlu khawatir. Anda bisa mengandalkan SOUVIA. Kami menyediakan berbagai pilihan hadiah yang bisa diberikan ke peserta maupun pembicara. 

Ada beragam varian paket seminar dan workshop kit. Kami memiliki 3 jenis paket souvenir yaitu paket luxury, paket ethnic, dan paket basic.

1. LUXA – Luxury A

Kami memiliki varian paket Luxury A yang isinya terdiri dari: tas selempang denim dengan tiga kompartemen, salah satunya kompartemen utama yang mampu menyimpan laptop ukuran 14 inch. 

Buku agenda A5 dengan tali karet horizontal, powerbank dari Arden dengan dua port USB untuk mengisi dan mengeluarkan daya serta memiliki kapasitas 10.000 mAh. 

Ada juga pulpen besi pointer yang memudahkan pengguna saat melakukan presentasi seperti menunjuk bagian spesifik  pada materi presentasi.

2. ETHNIC 23-4

Isi dari paket ethnic ini yaitu ada totebag Rinjani dengan resleting yang terdapat desain etnik tenun khas Nusa Tenggara Timur (NTT) serta bagian kulit sintetis di bawahnya. 

Terdapat juga payung golf yang punya permukaan lebar sehingga brand atau logo perusahaan bisa dicantumkan menggunakan ukuran yang besar dan jelas. 

Kami juga melengkapinya dengan tumbler custom bowling yang terbuat dari bahan stainless sehingga bisa bertahan lama. 

3. BASC – Basic C

Contoh souvenir seminar dan workshop yang terjangkau

Jika Anda ingin memberikan souvenir seminar dan workshop yang lebih terjangkau, maka salah satu referensi kami adalah paket seminar kit BASC – Basic C. Paket ini terdiri dari goodiebag / totebag spunbound ukuran 30×40 cm, pulpen boss, notes A6 Lem, dan sertifikat. 

Jika Anda lebih suka memberikan souvenir satu atau dua item saja, kami pun juga memiliki varian produk satuan seperti tas backpack pouch, kaos, tas selempang, tas besar, kalender, blocknote, dan lainnya.

Tak perlu khawatir dengan desain dari souvenir karena kami menyediakan jasa gratis desain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Yang perlu dilakukan hanya komunikasikan desain seperti apa yang Anda inginkan. 

Bagaimana, sudah menentukan paket souvenir perusahaan mana yang akan Anda berikan untuk acara seminar atau workshop kantor? 

Jika Anda memerlukan souvenir kantor yang cepat, kami juga menyediakan produk ready stock. Silakan cek ketersediaan souvenir yang ready stock kami. Jika masih penasaran dengan apa saja varian lain yang kami miliki silahkan hubungi sales executive SOUVIA.

CEK INSPIRASI LAINNYA: 

SOUVIA