Jika kamu sedang mencari pilihan hadiah sebagai souvenir seminar atau alat promosi, mug custom bisa menjadi alternatifnya. Cetak mug bisa dikostumisasi sesuai keinginan dan branding yang ingin kamu tampilkan.

Memberikan souvenir mug akan sangat berkesan bagi para peserta. Selain bermanfaat, masih banyak alasan mengapa mug menjadi andalan souvenir yang bagus untuk berbagai keperluan.

Baca Juga: 5 Keuntungan Membuat Souvenir Custom bagi Perusahaan

Keuntungan Memilih Mug Custom sebagai Souvenir

Mug atau cangkir merupakan wadah untuk minuman panas maupun dingin. Sebagian besar orang memiliki setidaknya satu mug favorit mereka. Pasalnya, sebuah mug dapat memberi keterikatan emosional bagi penggunanya.

Sebagai souvenir, mug bisa menjadi hadiah unggulan yang terus digunakan oleh para peserta. Hal ini tentu menguntungkan jika kamu ingin merek bisnis terus berkesan di benak penerima.

Selain sebagai branding merek, berikut ulasan keuntungan memilih mug sebagai souvenir.

1. Aspek Fungsional

Kalau kita perhatikan, banyak orang biasanya memulai pagi mereka dengan menikmati minuman hangat seperti kopi, teh, atau susu. Jadi, menggunakan mug sebagai pilihan souvenir ready stock memiliki aspek fungsional.

Mug sangat fungsional karena konsumen menggunakannya secara berkala. Mug custom yang kamu berikan akan menjadi bagian dari rutinitas mereka saat menikmati minuman hangat. Ibaratnya sebagai pelukan hangat kepada konsumen setiap pagi.

Souvenir yang bermanfaat seperti ini memang bertahan lama. Hal ini berpotensi bagi peserta atau konsumen untuk terus mengingat acara atau merek bisnismu. Sangat menguntungkan, bukan?

2. Pilihan Custom

cetak mug keramik putih dengan logo brand
Mug keramik custom untuk souvenir kantor.

Seperti namanya, mug costum berarti mug tersebut terkostumisasi. Kamu bisa menyesuaikan bentuk, ukuran, hingga desain mug sesuai keinginan. Dalam hal ini berarti menyesuaikan dengan preferensi penerima souvenir.

Kamu bebas menciptakan desain yang menarik sekaligus mencerminkan karakter penerima atau bahkan pemberi hadiah. Dengan kostumisasi seperti ini, cetak mug terdekat bisa selaras dengan tema atau konsep acara.

Jangan lupa untuk menambahkan logo pada setiap pembuatan souvenir. Cetak mug keramik dengan logo ini termasuk dalam desain custom, cukup komunikasikan kepada vendornya saja. 

3. Souvenir yang Awet

Ada banyak pilihan mug untuk di-custom, tetapi pilihlah mug dengan standar SNI. Pembuatannya menggunakan bahan berkualitas sehingga mug lebih tahan lama untuk penggunaan sehari-hari. 

Selain itu, mug juga memiliki daya tahan yang kuat terhadap panas. Kamu dapat mengisi mug dengan minuman panas tanpa khawatir. 

Cetak mug menggunakan mesin press yang dapat mencapai suhu tinggi. Itu artinya, produksi mug custom telah mengikuti standar kualitas yang tinggi. 

Selain kualitas bahan yang digunakan, stiker atau desain mug juga harus berkualitas. Mug custom terbilang awet untuk penggunaan sehari-hari atau saat dicuci, sehingga merek yang ada tidak pudar dan akan tetap tahan lama.

4. Harganya Murah

Detail alas dari Sippy mug plastik warna putih.
Cetak mug dari plastik dengan logo pilihan.

Pada dasarnya, souvenir termasuk media promosi bisnis atau perusahaan. Membagikan souvenir termasuk membangun brand awareness yang dapat meningkatkan citra merek. Karenanya, kamu butuh anggaran untuk membuat souvenir ini.

Jika ingin mencari pelanggan yang banyak melalui cara pembagian souvenir, buatlah rencana anggaran yang jelas. Pilih souvenir dengan harga terjangkau, sekaligus bermanfaat dan berkesan. Contohnya seperti gelas atau mug custom.

Cetak mug murah adalah pilihan cerdas untuk menghemat biaya dalam upaya mempromosikan bisnis atau acara. Pesanan dalam jumlah besar menjadikan harga satuannya pun turun. Itulah sebabnya mug bisa kamu pertimbangkan dari segi biaya.

5. Media Promosi yang Ramah Lingkungan

Souvenir dapat menjadi media promosi yang efektif. Tak sekadar promosi, tapi jika souvenirnya mug berarti kamu telah berkontribusi terhadap lingkungan. Pemberian mug custom mencerminkan perusahaan yang lebih peduli terhadap lingkungan.

Mug yang terbuat dari keramik akan terus kita pakai selama berulang kali. Ini adalah upaya menjaga lingkungan termasuk dengan cara menggunakan produk daur ulang, bukan sekali pakai. 

Pemanfaatan mug ini bisa mencerminkan komitmen bisnis terhadap pilihan yang ramah lingkungan. Selain itu tentu saja meningkatkan kesadaran merek bahwa bisnis tersebut peduli pada isu lingkungan.

Itulah beberapa alasan yang menjadikan mug sebagai souvenir menguntungkan untuk branding perusahaan.

Tips Cetak Mug Custom untuk Souvenir

Sebelum mencetak mug costum, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Tentu tidak asal mencetak apalagi memilih vendor souvenir. Souvenir yang kamu hasilkan akan berpengaruh terhadap kesan peserta dan branding bisnismu.

Pilihlah vendor berkualitas seperti SOUVIA. Hal ini akan menjamin hasil cetak mug dan tumbler di SOUVIA berkualitas dan sesuai keinginan. Berikut tips penting sebelum mencetak mug custom untuk souvenir.

1. Cek Bahan Mug

Yang terpenting dari sebuah souvenir mug adalah aspek fungsionalitasnya. Mug menjadi wadah minum sehingga bahannya perlu terjamin aman. Salah satu metode untuk memastikan keamanan mug adalah melalui pemeriksaan standar SNI. 

Mug telah memenuhi uji SNI jika memiliki bentuk yang sesuai dengan ketentuan standar. Mug memiliki permukaan yang rata dan bahannya kokoh saat digunakan.

cetak mug
Pilihan gelas custom logo dari SOUVIA.

Jika mug tersebut akan digunakan untuk minuman panas, sebaiknya dipilih mug berbahan keramik. Sebaliknya, ketika digunakan untuk minuman dingin atau air mineral, maka mug plastik atau mug stainless adalah pilihan yang lebih sesuai.

Nah, artinya kamu perlu menyesuaikan kembali konsep souvenir mug yang kamu inginkan. Namun, umumnya asalkan bahan telah terstandar SNI, mug tersebut aman untuk berbagai keperluan.

2. Pilih Warna yang Sesuai

Penentuan warna pada mug custom juga berperan penting. Untuk menghindari masalah warna atau ketidaksesuaian dengan ilustrasi pada mug, sebaiknya memilih warna-warna dasar. Contohnya warna putih yang seringkali menjadi pilihan utama.

Namun, jika ada pilihan lain yang selaras dengan gambar desain mug, warna itu juga bisa menjadi alternatif. Penting untuk memastikan warna dasar yang kamu pilih tidak mendominasi atau mengaburkan gambar dalam desain mug. Dengan begitu, desain tetap terlihat jelas.

Pemilihan warna juga bisa kamu sesuaikan dengan konsep acara atau tone warna perusahaan. Mug akan semakin mencerminkan souvenir dari brand yang diingat konsumen.

3. Perhatikan Kualitas Coating-nya

Karena sifatnya custom, berarti ada proses coating atau pelapisan mug dengan desain gambar. Nah, hal ini juga perlu kamu ketahui sebelum cetak mug.

Untuk menguji kualitas coating, kamu bisa meletakkan selotip pada area yang dilapisi pada mug. Biarkan selama beberapa menit, lalu lepaskan. Jika pelapisannya ikut terkelupas, itu menunjukkan bahwa kualitas pelapisannya sangat buruk. 

Alternatif kedua adalah dengan melakukan pengujian menggunakan kuku. Coba gores permukaan dengan kuku. Jika tidak terlihat goresan, berarti pelapisannya berkualitas baik. 

Cara itu otomatis membuatmu harus survei langsung ke vendor souvenir. Mug dengan coating berkualitas biasanya memiliki harga cetak mug satuan yang cukup tinggi. Namun, hal ini sebanding dengan ketahanan dan desain gambar yang tidak mudah pudar.

4. Pilih Desain dan Variasi Bentuk

Pemilihan desain gambar menjadi aspek penting lainnya ketika memilih mug sebagai souvenir. Terdapat dua opsi umum yang sering digunakan, yaitu menampilkan identitas bisnis atau ilustrasi acara. 

Pada tahap ini, perlu kamu perhatikan bahwa gambar yang akan dicetak pada mug harus memiliki kualitas resolusi yang tinggi dan warna yang jelas. Jadi, pastikan saat mengirimkan desainnya sudah dalam versi berkualitas tinggi atau high definition (HD).

Sementara itu, dalam hal variasi bentuk, menggunakan mug dengan bentuk standar sudah menjadi pilihan yang umum. Alternatifnya, kamu bisa mempertimbangkan mug dengan desain yang lebih trendi, tetapi tetap menjaga fungsi utamanya. 

Perbandingan ukuran Coffee mug gelas stainless dengan tangan.
Gelas tumbler kopi dengan custom logo.

Contohnya pada pembuatan mug kopi dengan variasi warna bergradasi saat terkena panas. Pilihan seperti ini akan membuat koleksi souvenir kamu menjadi unik dan berbeda dari yang lain.

5. Pengiriman Aman

Pemesanan souvenir dalam jumlah banyak tentu akan melibatkan pengiriman secara online. Tentu kamu harus memastikan keamanan dalam pengirimannya agar souvenir mug tidak pecah atau rusak.

Mengemas dan mengirim cetak mug custom dengan aman adalah langkah penting dalam menjaga kualitas souvenir. Untuk bahan pecah belah, wajib memakai lapisan bubble wrap dengan tambahan label “fragile” atau “barang pecah belah”.

Tujuannya untuk memberi tahu pihak pengiriman agar hati-hati dengan barang tersebut. Selain itu, pastikan juga ada asuransi pengiriman yang dapat melindungi produk jika terjadi kerusakan. 

Sebelum melakukan pengiriman, pastikan vendor souvenir telah melakukan pemeriksaan akhir untuk cek kualitas produk. Semua langkah ini bertujuan memastikan cetak mug custom terdekat  tiba dengan selamat dan dalam kondisi terbaik.


Sekarang kamu tidak ragu lagi untuk menjadikan mug sebagai souvenir andalan perusahaan. Yang terpenting, percayakan cetak mug kepada vendor souvenir kredibel yang telah terbukti kualitas produknya, seperti SOUVIA.

SOUVIA merupakan vendor souvenir yang telah dipercaya oleh lebih dari 4000 merek bisnis dari seluruh Indonesia. Kami menyediakan souvenir yang dapat kamu kostumisasi sesuai desain, bahan, dan kebutuhan lainnya.

Setiap pemesanan souvenir sudah termasuk cetak logo bisnis secara gratis. Inilah saatnya kamu membuktikan kualitas souvenir kami.

Hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk pemesanannya souvenir kantor dan informasi lainnya!

BACA INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA