Apakah Anda pernah mendengar istilah CSR perusahaan atau institusi? Apakah benar CSR merupakan gerakan sosial yang dilakukan oleh perusahaan?

Corporate Social Responsibility atau CSR merupakan bentuk pertanggungjawaban sosial perusahaan kepada investor dan  masyarakat. CSR ini mengombinasikan kepedulian sosial dan lingkungan ke dalam kegiatan operasi bisnis dalam rangka mencapai keseimbangan antara ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Mungkin Anda bertanya-tanya apa contoh CSR perusahaan yang bisa dilakukan? Apa saja fungsinya dan CSR kit yang bisa diberikan? Untuk membahasnya, berikut ini informasinya!

BACA JUGA: 5 Produk Eco Friendly yang Cocok Jadi Souvenir Kantor

Fungsi CSR bagi Perusahaan

Sebelum membahas contoh CSR perusahaan, Anda perlu tahu apa saja fungsi dari program ini. CSR sering dimanfaatkan sebagai tanda kontribusi perusahaan untuk menangani masalah sosial dan lingkungan dari aktivitas bisnis di sekitar tempatnya beroperasi maupun daerah lain. 

Selain itu, masih ada beberapa fungsi CSR lainnya untuk perusahaan, seperti: 

1. Membangun Ikatan yang Solid antar Karyawan

Dengan melakukan kegiatan CSR, karyawan jadi merasa bangga karena menjadi bagian dari perusahaan serta terlibat aktif untuk menjaga kegiatan sosial dan lingkungan. Kepuasan dan semangat kerja karyawan juga jadi meningkat dan merasa lebih loyal terhadap perusahaan. 

2. Mengurangi Kemungkinan Konsekuensi Negatif

Perusahaan yang bagus selalu berkomitmen untuk menjalankan bisnis dengan mematuhi semua peraturan dan standar etika, lingkungan, dan sosial yang berlaku. Salah satu bukti nyata komitmennya diwujudkan dengan melakukan program CSR. 

Dengan begitu, perusahaan bisa minim terhadap risiko hukum, denda, sanksi gugatan hingga menurunnya reputasi yang mungkin saja muncul selama menjalankan usaha. 

3. Peluang Mendapatkan Modal dan Sumber Daya  Lebih Besar 

Perusahaan yang secara rutin melakukan CSR dan sukses dalam menyelenggarakannya, membuat laporan yang rapi terkait programnya disertai dengan track record yang baik tentu bisa lebih menarik di mata investor atau rekan bisnis. 

Tanpa ragu mereka akan memberikan sumber daya dan modal bagi perusahaan tersebut untuk mendukung pertumbuhan dan ekspansi.

4. Meningkatkan Inovasi Perusahaan dalam Melakukan CSR

CSR sebaiknya diadakan setiap tahun dan dilakukan dengan cara yang berbeda-beda. Agar kegiatan CSR tidak sama setiap tahun, perusahaan bisa berinovasi dalam mengembangkan program yang lebih kreatif, berkelanjutan, bertanggung jawab. Kegiatan CSR juga bisa terus berinovasi dengan membuat acara yang berdampak dan membawa manfaat besar.

5. Meningkatkan Citra Branding Positif dari Konsumen

Dibanding perusahaan yang hanya fokus mencari keuntungan saja, konsumen lebih menyukai dan memilih perusahaan yang juga berperan aktif memberi keuntungan bagi sosial dan lingkungan. Hasilnya citra branding dan reputasi perusahaan jadi meningkat.

Bagaimana Penerapan CSR di Indonesia? 

Kewajiban CSR perusahaan di Indonesia diatur pada Peraturan Pemerintah berkaitan soal Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan yang tercantum pada Pasal 74 ayat (4) Undang-Undang Nomor  40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Dalam peraturan tersebut tertulis setiap kegiatan usaha di bidang sumber daya alam wajib melakukan corporate social responsibility (CSR).  Bila perusahaan tidak menjalankannya bisa dikenai sanksi.

Untuk perusahaan yang tidak bergerak di kegiatan usaha di bidang sumber daya alam juga tetap wajib menjalankan CSR. Kebijakan ini ada di Peraturan Pemerintah tahun 2012 Nomor 47 yang mengatur soal Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas. Di dalam Pasal 2 diatur jika setiap perseroan memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Apa Saja Contoh CSR Perusahaan? 

Ada berbagai contoh kegiatan CSR di Indonesia yang dilakukan oleh perusahaan lokal maupun internasional. Bagi Anda yang sedang mencari referensinya, simak daftar contoh CSR perusahaan berikut ini.

1. Kegiatan Sukarelawan dan Bantuan

contoh CSR perusahaan
Contoh CSR perusahaan yang dilakukan karyawan. Sumber: Freepik

Contoh CSR perusahaan yang pertama adalah kegiatan kerelawanan yang dilakukan secara rutin. Misalnya perusahaan Anda mengirimkan relawan tenaga medis atau tenaga pengajar ke pelosok daerah yang sedang memerlukan bantuan. Bisa juga mengirimkan bantuan ke daerah yang terkena bencana. 

2. Melakukan Kegiatan Daur Ulang Sampah

Contoh CSR perusahaan lainnya yang bisa dipertimbangkan yaitu melakukan kegiatan daur ulang sampah untuk mengurangi dampak lingkungan dari limbah kemasan produk yang dihasilkan.

Caranya bisa dengan mengadakan contoh program CSR perusahaan seperti konsumen bisa mengembalikan kemasan produk Anda. Nantinya, kemasan produk akan didaur ulang atau dijadikan bahan ramah lingkungan dan berkelanjutan. Anda pun bisa memberikan reward kepada konsumen yang ikut serta dalam program CSR ini, seperti memberi diskon.

3. Rehabilitasi Alam

Kemudian contoh corporate social responsibility selanjutnya adalah melakukan rehabilitasi alam. Misalnya, penanaman mangrove atau pohon, hibah bibit tanaman produktif, reboisasi hutan, dan sebagainya. Contoh CSR perusahaan di atas bisa dilakukan bagi perusahaan yang menghasilkan limbah yang tidak ramah lingkungan.

4. Kegiatan Kemanusiaan

Filantropi atau kegiatan kemanusiaan menjadi contoh CSR perusahaan yang juga bisa menjadi opsi. Wujudnya bisa membuka kampung wirausaha, membangun sekolah di pedesaan, penggalangan donasi untuk disalurkan ke yang membutuhkan, bantuan dana UMKM, dan sebagainya.

5. Mendukung Ekonomi Karyawan

Mendukung ekonomi karyawan dalam bentuk pemberdayaan juga bisa menjadi contoh CSR perusahaan yang dilakukan. Misalnya  untuk meningkatkan skill karyawan agar bisa makin berdaya secara ekonomi. Bentuknya bisa dengan memberikan pelatihan wirausaha, mendirikan koperasi karyawan, dan lainnya.

6. Memanfaatkan Sumber Energi Terbarukan

Anda bisa memanfaatkan sumber energi terbarukan seperti angin, air, alam, uap dan tenaga surya sebagai contoh program CSR lainnya. Dengan melakukannya perusahaan jadi ikut  melestarikan sumber daya terancam hilang. 

Ide CSR KIT

Setelah mengetahui apa saja contoh CSR perusahaan, tak lengkap rasanya jika kegiatan ini tidak diberikan perlengkapan untuk menunjang kegiatan. Berikut beberapa contoh CSR kit dari SOUVIA: 

1. NORM – Pouch New normal Kit Coklat

Kami memiliki Pouch New Normal Kit yang terbuat dari bahan Kanvas. Desainnya dilengkapi dengan 3 kompartemen. 1 kompartemen hand sanitizer, 1 kompartemen untuk slot tisu basah, dan 1 kompartemen slot handphone. Dalam paket ini sudah termasuk tisu basah dan hand sanitizer.

2. ETHNIC 23

contoh program csr perusahaan
Contoh paket souvenir dari SOUVIA.

Kami juga menyediakan souvenir paket berisi tas dan buku, salah satunya Ethnic 23, yaitu berisi backpack forester, buku Agenda Tiks, Bluetooth Speaker, dan Nametag Tagnic yang siap menemani kegiatan CSR Anda.

3. CALISTA – Tumbler Calista

contoh program csr perusahaan
Tumbler bisa menjadi salah satu isi dari CSR kit.

Souvenir botol minum tumbler juga cocok dijadikan CSR kit. Tumbler yang berukuran 400ml terbuat dari bahan plastik tipe Calista. Kami bisa menambah branding dengan teknik insert paper untuk menaruh logo perusahaan, acara, atau di personalisasi.

4. UMBRL – Payung Lipat

contoh program csr perusahaan
Inspirasi CSR kit bermanfaat untuk segala musim di Indonesia.

Payung lipat dari SOUVIA cocok digunakan untuk CSR kit. Payung kami terbuat dari bahan nilon yang tahan lama dengan desain anti angin, anti sobek, anti air, tahan jamur dan serangga, ringan, dan elastis. Ditambah rangka besi yang kokoh dan dirancang lipat tiga, sehingga mudah untuk dibawa serta tidak membutuhkan banyak ruang di tas.

Kami pun juga menyediakan produk souvenir ready stock yang bisa diandalkan saat Anda memerlukannya untuk waktu yang mendesak. Produknya sudah pasti tersedia dan bisa dikerjakan dengan cepat yaitu 2-3 hari saja. 

Jika Anda menginginkan produk dengan tampilan yang lebih fresh, kami juga menyediakan souvenir desain terbaru SOUVIA yang lebih meaningful dan desain yang trendi

Sekarang sudah tidak bingung lagi menentukan CSR kit. Ada SOUVIA yang bisa Anda andalkan. Kami pun juga memberikan  layanan cetak logo gratis. Tentu ini sangat membantu Anda menghemat biaya. Silakan hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk melakukan pemesanan maupun bertanya lebih lanjut terkait produk dan servis kami ya. 

CEK INSPIRASI LAINNYA: 

SOUVIA