Sekarang sudah masuk bulan September 2023, 3 bulan lagi kita akan menuju tahun 2024. Biasanya menjelang akhir tahun banyak perusahaan yang sudah mulai membuat souvenir kantor atau souvenir perusahaan untuk diberikan pada karyawan, relasi bisnis maupun masyarakat sebagai media promosi. Salah satu isi dari souvenir kantor ada yang memberikan  kalender perusahaan.

Contoh kalender perusahaan yang sering digunakan adalah jenis kalender duduk atau gantung. 

Mungkin Anda penasaran, meskipun sekarang sudah ada kalender digital lengkap dengan keterangan hari libur dan bisa dihubungkan dengan email dan membuat reminder, tapi kenapa kalender cetak masih sering dipilih oleh banyak kantor untuk dijadikan souvenir

Alasannya karena kalender bukan hanya berisi informasi tanggal maupun hari besar saja, tapi juga masih ampuh sebagai salah satu cara media promosi dan branding untuk perusahaan atau instansi mengenalkan dirinya lebih luas lagi. 

Itulah sebabnya desain dan visual yang ada pada kalender harus dipilih secara cermat karena selain berpengaruh pada citra perusahaan juga bisa berpengaruh pada nilai estetika.

Baca juga: 5 Rekomendasi Hampers Perusahaan Terjangkau Di Akhir Tahun

Elemen Wajib yang Ada pada Kalender Perusahaan

Desain kalender perusahaan memang banyak bahkan Anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan aplikasi yang tersedia. 

Namun, sangat disarankan untuk Anda membuat kalender dengan memuat berbagai elemen penting pada desainnya. Tujuannya agar desain yang dihasilkan bisa bekerja maksimal sebagai media branding dan promosi. 

Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin membuat kalender perusahaan. 

1. Tema Kalender Perusahaan

Pasti ada banyak perusahaan sejenis dengan yang Anda miliki. Nah, agar kalender kantor bisa memiliki ciri khas yang berbeda, maka Anda harus menentukan tema yang lain daripada biasanya.

Tema kalender yang dipilih harus disusun secara berurutan dan saling terkait antara tema yang satu satu dengan tema yang lainnya. 

Misalnya saja desain kalender tentang sejarah perusahaan, visi misi, portofolio sebuah perusahaan, anak perusahaan, produk atau jasa yang ditawarkan, bahkan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan.  

Anda bisa berikan ilustrasi dan pesan-pesan yang berkaitan dengan tema yang dipilih agar visualnya bisa makin menarik dan siapapun yang melihat bisa mengerti maksudnya. Sebagai catatan, pastikan baik tulisan maupun gambar atau ilustrasi terlihat dengan baik dan mudah terbaca dari jarak yang cukup jauh sekalipun.

2. Warna dan Desain yang Serasi dan Jelas

Desain kalender perusahaan.

Pemilihan gambar dan warna harus serasi dan mencerminkan perusahaan Anda. Pastikan segala elemen grafis dan gambar yang ada menggunakan resolusi tinggi agar bisa jelas terlihat. 

Khusus untuk desain, pertimbangkanlah untuk membuat sesuatu yang unik, berkesan, tapi tetap berhubungan dengan perusahaan.  

Selain itu, untuk layout, pastikan memberikan ruang kosong untuk memudahkan pemilik menempelkan stiker pengingat atau menuliskan catatan pendek. 

Pikirkan juga apakah ingin membuat kalender 1 lembar bulanan, kalender dwiwulan, atau kalender triwulan dalam satu lembar kalender. Ini penting diperhatikan karena sangat berpengaruh pada harga ongkos cetak yang harus dibayar nantinya.

3. Profil atau Informasi Perusahaan

Contoh kalender perusahaan yang baik pasti memuat profil, informasi, atau hal-hal yang berkaitan dengan tempat usaha tersebut. Bisa dari warna, logo, tulisan, dan lainnya. 

Informasi profil seperti visi misi, produk atau jasa yang ditawarkan bisa dicantumkan dalam kalender sebagai media promosi. 

Anda perlu memastikan jika ciri khas dari perusahaan tersebut diaplikasikan di dalam kalender secara konsisten. Tujuannya bisa menjadi trademark perusahaan Anda.

4. Mudah Dipajang

Contoh kalender perusahaan yang baik, pastikan dibuat dengan jenis kertas berkualitas dan ukuran yang pas, tidak kebesaran atau kekecilan serta mudah dipindahkan. 

Kalender yang terlalu besar bisa memakan tempat, sedangkan jika terlalu kecil akan menyulitkan siapa saja melihat tanggalnya dan mudah sekali terselip atau hilang. 

Biasanya ukuran kalender meja berkisar 15cm x 20cm dan kalender dinding berkisar 31 cm x 48 cm, 31 cm x 54 cm, atau 70 cm x 50 cm. 

Contoh Kalender Perusahaan dari SOUVIA

1. Kalender dan Isi Paket Lainnya

Contoh kalender perusahaan dengan isi paket lain

Contoh kalender perusahaan yang pertama adalah yang isinya dilengkapi dengan souvenir lain. Ini sangat cocok bagi Anda yang tidak hanya ingin memberikan kalender saja. Isi lainnya juga sangat berguna untuk menunjang aktivitas si penerima. 

Untuk isi paket kami bisa menyediakan souvenir lain seperti agenda kulit, pulpen besi pointer yang disertai box, tumbler, dan tote bag. Anda pun juga bisa request isi produk apa yang diinginkan sesuai kebutuhan dan budget yang Anda miliki. 

2. Kalender Dinding

Selain paketan, kami juga menyediakan contoh kalender perusahaan dinding. Ada beberapa jenis format kalender perusahaan dinding yang bisa dipilih yaitu kalender dinding triwulan, dwiwulan, atau bulanan dengan desain menggunakan cover atau tanpa cover. 

Sesuai namanya kalender dinding triwulan artinya desainnya dalam 1 halaman memuat 3 bulan. Untuk harga, jadi lebih bersahabat karena jumlah kertas cetak yang dipakai jadi lebih sedikit dibanding dengan kalender yang memuat 1 atau 2 bulan pada satu halaman. 

Begitu pula dengan kalender dwiwulan yang memuat 2 bulan dalam satu halaman, maupun bulanan yang memuat tiap bulan dalam 1 halaman. 

3. Kalender Meja Landscape atau Potrait + Cover

Contoh kalender perusahaan lainnya adalah kalender meja bentuk landscape dan potrait. Sangat cocok untuk yang ingin memberikan kalender yang tidak terlalu besar. 

Bukan hanya diletakkan di meja saja, tapi cocok juga ditaruh di buffet di rumah yang sering dilihat. Terdapat 3 format kalender yaitu kalender bulanan, kalender dwiwulan, dan kalender triwulan.

Sudah menentukan mana contoh kalender perusahaan dari SOUVIA yang ingin Anda pilih untuk dijadikan souvenir kantor? 

Tak perlu bingung dengan desain untuk kalender perusahaan Anda, sebab ada SOUVIA yang hadir menjadi solusi dan siap memberikan gratis desain khusus untuk semua kalender pesanan Anda.

Tak perlu khawatir dengan harga, kami menawarkan layanan cetak kalender dengan tarif yang sangat terjangkau.

Untuk urusan pembayaran kami menyediakan beberapa cara yaitu pembayaran down payment di mana memungkinkan Anda untuk bayar di awal dengan persentase tertentu dari jumlah harga keseluruhan. 

Jika Anda ingin untuk membayar di akhir setelah semua barang jadi, kami pun juga menyediakan pembayaran lump sum. Anda bisa memilih sesuai kenyamanan. 

Anda bisa memesan kalender perusahaan di SOUVIA dengan jumlah banyak. Yuk segera  hubungi sales eksekutif SOUVIA melalui WhatsApp sekarang juga. 

Cek Inspirasi Lainnya:

SOUVIA