Dalam berbisnis, perusahaan harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan para mitra. Hal ini dilakukan agar kemajuan bisnis bisa tercapai. Customer gathering merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan lebih baik dengan para mitra usaha.

Selain mengadakan acara bersama, perusahaan juga perlu menyiapkan gift set untuk para mitra sebagai bentuk apresiasi sekaligus tanda mata.

Supaya kamu lebih paham, simak pengertian, tujuan, dan manfaat customer gathering yang sering diadakan perusahaan, yuk!

BACA JUGA: Memilih Souvenir Gathering Kantor Keren!

Apa Itu Customer Gathering?

Sebelum masuk ke tujuan dan manfaat, lebih baik kita bahas dulu pengertian customer gathering. Customer gathering adalah salah satu jenis kegiatan berkumpul yang diselenggarakan perusahaan dengan mengundang konsumen setia kantor.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan hubungan yang terjalin antara perusahaan dan konsumen semakin erat.

Panitia acara juga dapat membuat seragam gathering agar mitra konsumen dan perusahaan semakin kompak dan menambah kebersamaan.

Tujuan dan Manfaat Customer Gathering

Bukan tanpa alasan perusahaan mengadakan customer gathering secara regular. Setidaknya ada delapan tujuan dan manfaat diadakannya acara tersebut. Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Konsumen setia yang telah berbisnis dengan perusahaan selama bertahun-tahun akan semakin bertambah kepercayaannya karena diperlakukan istimewa.

Mereka percaya bahwa perusahaan yang memperlakukan mereka dengan baik tidak akan memberikan produk yang kualitasnya tidak sesuai dengan standar konsumen.

2. Membangun komunikasi dan koordinasi yang lebih baik

Dengan mengumpulkan pelanggan setia di acara customer gathering akan memudahkan perusahaan berkomunikasi dan berkoordinasi mengenai produk perusahaan dan strategi marketing yang bisa dijalankan.

Komunikasi yang lancar antara konsumen dan produsen akan semakin membuat keduanya solid.

3. Membangun kebersamaan

customer gathering
Persiapkan souvenir customer gathering yang bermanfaat, berkualitas, dan tahan lama untuk para undangan

Untuk membuat event perusahaan ini sukses, panitia harus mempersiapkan komposisi acara dengan matang, termasuk souvenir customer gathering yang disukai, berguna, dan berkualitas.

Bila acara berjalan sukses, maka akan terjalin kebersamaan antara mitra dengan perusahaan. Hal ini akan menjadi nilai plus bagi perusahaan karena konsumen merasa menjadi anggota keluarga perusahaan.

4. Memperbaiki hubungan dan menyelesaikan konflik

Customer gathering yang khusus dibuat untuk pelanggan setia akan mengembalikan dan memperbaiki hubungan yang tidak baik.

Jika ada konsumen setia yang hubungannya kurang baik dengan perusahaan, sebaiknya lakukan pendekatan saat acara. Biarkan konsumen mengutarakan segala pendapatnya.

Setelah mengetahui seluk beluk permasalahan, maka perusahaan dan pelanggan bisa bersama-sama mencari jalan terbaik agar keduanya mendapat keuntungan.

5. Ajang evaluasi produk

Di dalam acara ini, sebaiknya ditambahkan mengenai evaluasi produk perusahaan yang sering digunakan oleh konsumen. Tujuannya agar perusahaan mengetahui kekurangan dan kelebihan produk.

Ajak konsumen setia untuk diskusi bersama. Biarkan mereka mengeluarkan argumentasi mengenai produk agar perusahaan bisa terus mengevaluasi sehingga menjadi lebih baik.

6. Mengenalkan dan media iklan produk baru

hadiah customer gathering
Selain mendekatkan perusahaan dengan konsumen, customer gathering juga bisa digunakan sebagai ajang evaluasi produk

Acara ini juga bisa menjadi momen yang tepat untuk sebuah produk diluncurkan. Konsumen yang diundang akan merasa istimewa karena mendapat kesempatan menjadi orang pertama yang diperkenalkan produk terbaru oleh perusahaan.

Percayalah acara ini akan menjadi media iklan terbaik bagi perusahaan jika produk yang dikeluarkan berkualitas dan sesuai kebutuhan konsumen.

Pelanggan yang menghadiri acara ini akan memberikan informasi hingga merekomendasikan produk terbaru kepada teman atau kerabat.

Sebaiknya gunakan produk terbaru SOUVIA yang menampilkan logo atau merek perusahaan agar brand perusahaan melekat dalam ingatan pelanggan setia.

7. Sebagai sarana rekreasi

Semua orang ingin bersantai, sama halnya dengan para konsumen setia. Mereka akan sangat mengapresiasi perusahaan yang memberikan fasilitas liburan kepada mereka.

Adanya customer gathering ini akan menambah loyalitas konsumen pada perusahaan dan meningkatkan citra positif perusahaan.

8. Meningkatkan penjualan produk

Adanya acara customer gathering secara tidak langsung akan meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar.

Konsumen yang diundang dalam acara ini akan merasa dihargai, sehingga rasa kepercayaan bertambah, dan tidak segan untuk merekomendasikan produk kepada orang-orang yang dikenalnya.


Membina hubungan baik dengan mitra usaha termasuk konsumen loyal perlu dilakukan demi keberlangsungan perusahaan.

Melalui acara ini diharapkan pelanggan setia semakin loyal dan bertambah kepercayaannya pada produk perusahaan. Sehingga, target penjualan tercapai dan bisa memperluas jangkauan pasar.

Selain itu, citra positif perusahaan akan semakin meningkat dengan menyelenggarakan acara yang disukai dan membuat para pelanggan relaks layaknya liburan.

bingkisan customer gathering
Sebagai apresiasi kepada undangan customer gathering, NFC business card bisa digunakan sebagai cendera mata

Tidak lupa, NFC business card dipersiapkan untuk diberikan kepada para pelanggan setia sebagai cendera mata acara customer gathering perusahaan.

Untuk semua kebutuhan gift set acara perusahaan, silahkan hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk mendapatkan informasi untuk mengenai souvenir perusahaan eksklusif.

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA