Kamu pernah memperhatikan cetakan kertas atau produk souvenir yang memiliki tekstur timbul pada permukaannya? Tahukah kamu, tampilan seperti itu menggunakan teknik emboss dan deboss.

Sebuah produk akan semakin eksklusifitas dengan tambahan sentuhan akhir finishing yang tepat. Teknik emboss dan deboss menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk mendapat tampilan produk souvenir lebih mewah.

Serupa namun tidak sama, emboss dan deboss memiliki efek timbul pada produk. Souvenir perusahaan seperti card holder kulit sintetis menggunakan cetak timbul agar terlihat lebih menarik dan cetakan logo lebih tahan lama.

Jika kamu bingung perbedaan emboss dan deboss, serta hal – hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan teknik ini, simak ulasan SOUVIA berikut ini yuk!

Emboss VS Deboss

emboss dan deboss
Teknik emboss dan deboss menghasilkan cetakan timbul ke atas atau ke dalam

Menurut Lyle (1976:83), emboss adalah metode atau prosedur yang menghasilkan desain efek timbul pada permukaan bahan.

Bahan seperti kulit asli, sintetis, kertas, logam tipis, dan kain berbulu seperti handuk, velvet, dan felt atau bahan yang memiliki ketebalan cukup besar bisa menggunakan teknik emboss dan deboss untuk mendapatkan hasil akhir sesuai keinginan.

Beberapa souvenir ready stock SOUVIA yang terbuat dari kulit menggunakan cetak timbul untuk branding. Namun tetap dapat diproduksi dalam waktu singkat.

Sesuai penjelasan sebelumnya, teknik emboss akan menghasilkan cetak timbul naik pada permukaan bahan. Untuk menghasilkan efek ini dibutuhkan klise atau logam yang dihasilkan dari proses cukil.

Klise berada di bawah metal die akan di-press atau ditekan ke arah atas media cetak agar menghasilkan cetakan timbul ke atas.

Sementara teknik deboss, menghasilkan cetakan timbul ke dalam yang didapat dari metal die atau cetakan logam yang ditempatkan di atas media cetak.

Keuntungan Menggunakan Teknik Emboss dan Deboss

emboss dan deboss
Teknik cetak timbul juga bisa diaplikasikan di gelas tumbler

Kedua teknik mencetak ini menghasilkan cetakan yang timbul yang bisa diaplikasikan di gelas tumbler. Metode ini memiliki keuntungan tersendiri bagi produsen produk atau perusahaan, seperti:

1. Tahan lama

Hasil cetakan bersifat awet. Teknik ini salah satu solusi tag logam terkuat di pasaran. Papan nama dinilai mampu bertahan selama 40 tahun lebih selama penggunaan. Hasil cetakan pada produk mampu bertahan walau terkena panas, hujan, atau sering dicuci.

2. Tidak membutuhkan tinta

Teknik emboss dan deboss tidak membutuhkan tinta yang akhirnya produsen tidak perlu mencari yang tahan lama dengan warna yang sesuai kebutuhan.

3. Bisa di-custom

Perusahaan tidak perlu lagi memikirkan tempat untuk logo atau brand ditampilkan karena cara ini mudah untuk custom.

Logo khusus dengan warna sesuai identitas perusahaan bisa ditambahkan ke cetak emboss atau bisa juga tampil dengan brand original tanpa warna.

4. Hasil cetakan eksklusif

Tidak bisa dipungkiri, metode ini mampu menghasilkan finishing berkelas di media cetak. Secara visual, logo atau brand yang dicetak dengan teknik emboss dan deboss akan menghasilkan cetakan yang solid dan bisa disentuh.

Teknik ini bisa digunakan di souvenir desain terbaru SOUVIA yang menggunakan bahan baku kulit, kain, karet, atau logam.

Kekurangan Menggunakan Teknik Emboss dan Deboss

Walau memiliki banyak keunggulan dibanding cetak biasa, emboss dan deboss juga punya kelemahan yang sebaiknya kamu tahu. Yang pertama, metode ini membutuhkan biaya yang lebih tinggi dibandingkan finishing lainnya.

Di samping itu, tidak semua orang bisa melalukan teknik ini karena membutuhkan keterampilan dan pengalaman. Seseorang harus paham betul mengenai suhu, tekanan, dan waktu yang tepat untuk mencetak timbul.

Meskipun hasil cetakan mampu bertahan selama lebih dari puluhan tahun dan masih bisa terbaca dalam keadaan sulit sekalipun, namun hasil cetakan teknik deboss dianggap lebih sulit dibaca saat kondisi tertentu.

Selain itu, metode ini tidak bisa digunakan di semua media karena membutuhkan ketebalan yang cukup agar hasil cetakan terlihat.

Rekomendasi Souvenir untuk Teknik Emboss dan Deboss

emboss dan deboss
ID card holder dengan bahan kulit akan semakin menawan dengan aplikasi cetak timbul

Beberapa bahan sering menggunakan teknik cetak timbul ini untuk menambah kesan eksklusif dan juga branding.

Media yang memiliki ketebalan seperti kulit, kain, plastik, dan logam bisa dicetak timbul. Jika kamu masih bingung mencari produk souvenir yang bisa dicetak timbul, berikut rekomendasi dari SOUVIA.

1. Tas selempang

Jenis ini bisa digunakan untuk bekerja atau bepergian saat santai. Barang – barang kebutuhan kerja seperti laptop, buku jurnal, hingga dokumen penting lainnya bisa muat di tas selempang ini.Selain itu, branding dan promosi bisa tetap terjaga dengan menggunakan teknik emboss atau deboss.

2. Gelas tumbler

Siapa bilang tempat minum hanya bisa menggunakan aplikasi laser atau DTF untuk proses branding? Beberapa jenis tumbler memanfaatkan cetak timbul untuk menghasilkan tampilan akhir yang maksimal seperti gelas tumbler yang sekelilingnya dilapisi karet.

3. ID card kulit

Bahan ini memang kerap menggunakan teknik emboss dan deboss untuk mendapatkan hasil akhir yang maksimal. Salah satu produk souvenir yang sering memanfaatkan cetak timbul adalah ID card kulit sintetis.


Teknik emboss dan deboss digunakan untuk menghasilkan produk souvenir yang mewah dengan menampilkan logo atau brand yang tahan lama, tidak mudah hilang.

Beberapa bahan yang memiliki ketebalan seperti kulit sintetis dan asli, kain, kertas dengan gramatur tinggi, dan plastik bisa menggunakan aplikasi cetak timbul.

Bagi kamu yang ingin memproduksi souvenir dengan aplikasi cetak timbul, segera hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk mendapatkan rekomendasi dan harga terbaik.