Kamu suka kan, jika ada seseorang yang memberikan hadiah? Pemberian free gift akan membuat setiap orang senang, termasuk konsumen.

Oleh karenanya, banyak perusahaan atau kantor rajin memproduksi beragam free gift untuk diberikan kepada pelanggan setia.

Free gift artinya hadiah gratis yang diberikan kepada konsumen sebagai langkah untuk menumbuhkan minat membeli pelanggan.

Tak harus mahal, souvenir sederhana dan bermanfaat seperti tote bag Blacu Batik juga bisa jadi salah satu produk free gift yang diminati customer.

Jika kamu sedang mencari produk souvenir tepat yang bisa diberikan kepada pelanggan setia, intip ulasan SOUVIA tentang manfaat dan rekomendasi free gift, yuk!

Keuntungan Memberikan Free Gift untuk Customer

free gift
Sederhana, namun free gift berupa tote bag akan selalu digunakan

Tidak hanya membuat orang bahagia, memberikan bingkisan souvenir ready stock kepada konsumen akan memberi nilai positif kepada perusahaan seperti berikut ini.

1. Meningkatkan loyalitas customer

Memberikan free gift membuat konsumen merasa dihargai dan diapresiasi karena perusahaan mengapresiasi pembelian yang dilakukan.

Sebagai timbal balik atas pemberian souvenir dan sikap positif perusahaan, pelanggan akan setia bahkan merekomendasikan brand kepada orang-orang sekitarnya.

2. Meningkatkan citra positif perusahaan

Perusahaan yang rajin memberikan bingkisan kepada pelanggan akan menuai pujian. Hal ini terjadi karena konsumen merasa mendapat perhatian dan tersanjung mendapat hadiah yang bermanfaat.

3. Meningkatkan engagement terhadap brand

Souvenir yang telah dipersiapkan perusahaan memiliki tampilan brand atau logo di permukaannya. Gambar di Buku Blocknotes ini akan diingat oleh penerima, sehingga meningkatkan rasa keterikatan terhadap perusahaan.

4. Meningkatkan penjualan

Konsumen yang loyal karena mendapatkan perhatian dari kantor, tentu akan percaya dan terus melakukan pembelian di perusahaan.

Semakin loyal konsumen, penjualan akan semakin tinggi karena kepercayaan dan loyalitas konsumen.

Rekomendasi Free Gift untuk Customer

free gift
Buku agenda cocok diberikan ke semua kalangan konsumen

Memberikan hadiah kepada konsumen bisa mempengaruhi penjualan. Lantas, produk souvenir apa yang bisa diberikan sebagai hadiah gratis, ini dia daftarnya.

1. Tote bag

Tas jenis ini akan selalu bermanfaat karena bisa digunakan kembali sebagai tas belanja atau digunakan saat membawa barang cukup banyak.

Sebaiknya perusahaan menggunakan bahan yang awet dan cukup kuat agar tote bag tahan lama dan bisa digunakan terus menerus.

2. Pouch

Tas mini ini akan selalu menjadi andalan penerima saat bepergian. Pouch membantu membuat barang-barang terorganisir dan tidak tercampur dengan barang lainnya.

3. Buku agenda

Alat tulis akan selalu digunakan oleh profesional, pelajar, maupun ibu rumah tangga karena menjadi wadah catatan penting. Buku agenda bisa diberikan sebagai free gift ke semua kalangan.

Kamu bisa mendapat buku agenda dengan desain menarik di koleksi souvenir terbaru SOUVIA yang kekinian dan ramah lingkungan.

4. Pulpen

Sama halnya dengan buku agenda, pena akan selalu dibutuhkan oleh semua orang. Pastikan brand atau logo selalu ditampilkan di permukaan souvenir.

5. Kaos

Produk apparel ini akan menjadi favorit konsumen karena bisa digunakan untuk aktivitas sehari – hari. Sebaiknya pilih bahan yang nyaman seperti katun agar digunakan terus – menerus oleh konsumen.

6. Topi

Free gift ini favorit bagi konsumen terutama pria karena bisa dijadikan sebagai pelengkap penampilan. Pilih desain topi yang nyaman digunakan dengan desain kekinian agar pengguna trendi saat menggunakannya.

7. Payung

Jenis souvenir ini masih banyak diminati mengingat Indonesia negara tropis yang memiliki musim penghujan dan kemarau.

Payung akan selalu berguna dan bisa dibawa bepergian atau disimpan di mobil. Pastikan membuat payung dengan bahan berkualitas agar tahan lama.

8. USB

Saat mengadakan acara perusahaan atau memiliki materi informasi yang harus diberikan kepada konsumen setia, USB bisa menjadi souvenir sekaligus tanda mata.

Perusahaan bisa menyimpan informasi strategis mengenai produk yang akan dilihat oleh konsumen.

9. Card holder

Saat ini banyak orang yang sudah tidak menggunakan uang tunai untuk bertransaksi. Oleh karenanya, penggunaan card holder semakin ramai.

Memberikan card holder bagi konsumen akan membantu mereka mengorganisir kartu-kartu lebih rapi dan tidak tercampur dengan kartu lainnya.

10. Tumbler

Tumbler akan selalu menjadi free gift favorit semua orang

Botol minum selalu cocok diberikan kepada siapa saja, baik orang rumahan maupun pekerja profesional. Tumbler membantu orang untuk hidup lebih bersih dan ramah lingkungan karena mengurangi penggunaan botol kemasan.


Memberikan free gift kepada konsumen akan membantu perusahaan meningkatkan citra positif yang akan berujung pada peningkatan penjualan.

Konsumen akan lebih loyal kepada perusahaan yang selalu memberi perhatian lewat souvenir cantik bermanfaat dan berkualitas.

Adanya brand pada permukaan souvenir akan meningkatkan engagement terhadap perusahaan. Ditambah, layanan cetak logo gratis dari SOUVIA akan membuat tujuan branding kantor tercapai.

Beragam produk seperti tumbler, card holder, pouch, hingga topi akan selalu menjadi hadiah gratis menarik bagi pelanggan setia. Namun masih banyak ragam produk souvenir yang tersedia di SOUVIA yang pastinya menarik perhatian konsumen.

Oleh karena itu, segera hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk rekomendasi free gift sesuai kebutuhan dan budget perusahaan.

SOUVIA