Kamu sedang membuat rencana untuk menaikkan target penjualan? Jika jawabannya iya, maka kamu butuh strategi promosi untuk mendongkrak penjualan dan omset.
Strategi promosi merupakan langkah pemasaran berupa interaksi atau komunikasi yang harus dijalankan oleh perusahaan agar target tercapai.
Bagian pemasaran bertugas mengatur strategi promosi agar bisa diterima oleh masyarakat dan mencapai target pasar.
Yuk, coba simak contoh strategi promosi dan souvenir ready stock yang pas untuk strategi marketing di perusahaan.
BACA JUGA: 8 Inspirasi Souvenir Promosi Kantor Menurut Peruntukan
Berbagai Contoh Strategi Promosi
Walau terlihat mudah, nyatanya dibutuhkan cara-cara khusus untuk meningkatkan penjualan. Salah satunya adalah memberikan souvenir seperti botol tumbler kepada konsumen. Selain itu, berikut contoh strategi promosi yang bisa dilakukan.
1. Manfaatkan media sosial
Saat ini, berita bisa cepat tersebar dengan mudahnya di dunia maya. Perusahaan bisa memanfaatkan media sosial untuk bisa menyebarluaskan informasi produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Dengan fitur media sosial yang semakin berkembang, perusahaan bisa menjangkau konsumen yang jauh di seluruh dunia dengan lebih cepat dan tepat sasaran.
2. Pilih endorsement yang tepat
Bukan rahasia lagi jika influencer memiliki pengaruh yang signifikan bagi keberlangsungan pemasaran suatu produk.
Influencer bisa menampilkan fungsi dan komposisi produk kepada para pengikutnya di media sosial. Sebaiknya pilih influencer yang sesuai dengan kriteria pasar agar pesan dan value produk tersampaikan dengan baik.
3. Meme
Walau terkadang tidak penting, penggunaan meme yang agak nyeleneh tapi cocok pas dengan maksud dan tujuan pemasaran akan membantu meningkatkan promosi atau branding produk.
4. Memperbarui informasi website
Konsumen yang sudah tertarik dengan suatu produk di media sosial akan mencoba mencari tahu informasi seutuhnya.
Website memiliki peranan penting untuk menjelaskan asal usul atau informasi produk secara mendetil seperti bahan baku, durasi, harga, dan cara pembelian. Dengan informasi lengkap, konsumen bisa langsung membeli produk tersebut.
Untuk menarik perhatian konsumen, perusahaan bisa memberikan promo gratis payung cantik bagi pelanggan yang membeli produk langsung dari website.
5. Iklan di Youtube
Seperti diketahui, banyak masyarakat lebih memilih menonton Youtube ketimbang televisi karena menyajikan program yang menarik sesuai minat.
Beriklan di Youtube akan memberikan informasi produk kepada masyarakat yang terindikasi menggunakan atau mencari produk sejenis, sehingga menambah peluang untuk peningkatan penjualan.
6. Berjualan di marketplace
Sebagian orang sudah tidak pernah berbelanja secara offline karena tidak ada waktu atau lebih suka mencari sendiri di dunia maya.
Perusahaan sebaiknya menyediakan barang di marketplace agar mudah didapat oleh semua kalangan tanpa batasan waktu atau jarak.
7. Manfaatkan iklan mobil
Membagikan informasi soal produk atau jasa melalui iklan mobil dirasa masih bisa dilakukan sebagai strategi promosi untuk beberapa kalangan.
Secara tidak sadar, masyarakat yang melewati atau melihat mobil iklan akan membaca bahkan mengingat value dari produk, sehingga barang makin dikenal secara luas.
8. Personal selling
Menginformasikan sendiri mengenai promo atau produk terbaru bisa dilakukan untuk menambah sentuhan personal kepada konsumen.
Tim pemasaran bisa langsung mengirimkan email atau berkirim pesan dengan loyal atau pelanggan baru. Untuk menambah kesan personal, tim kantor bisa menanyakan kabar konsumen terlebih dahulu.
9. Memberikan contoh produk
Kunjungan tim kantor ke perusahaan atau klien untuk memberikan informasi dan contoh produk yang akan diproduksi bisa dilakukan secara regular.
Konsumen akan mengapresiasi usaha perusahaan untuk memberikan contoh produk sebelum diluncurkan. Sample produk akan memberikan gambaran kepada konsumen mengenai produk terbaru secara mendetil.
Besar kemungkinan, konsumen akan langsung memesan karena sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.
10. Memberikan layanan gratis
Setiap konsumen menyukai layanan tambahan yang diberikan oleh produsen jasa atau barang. Hal-hal kecil terkait pelayanan seperti antar jemput atau pemasangan instalasi secara gratis bisa diberikan perusahaan untuk menambah value produk.
11. Membagikan merchandise
Sekecil apapun hadiah yang diberikan kepada konsumen akan sangat berarti bagi mereka. Pun dengan perusahaan yang kerap mengirimkan souvenir desain terbaru SOUVIA kepada pelanggan di hari raya akan membuat pelanggan simpati dan meningkatkan citra positif perusahaan.
Rekomendasi Merchandise untuk Strategi Promosi
Souvenir atau merchandise yang akan diberikankepada perusahaan tentu harus dipersiapkan dengan matang agar diterima dengan baik. Berikut rekomendasi merchandise yang bisa dipilih.
1. Tumbler
Tempat minum masih menjadi jenis merchandise yang disukai karena bermanfaat untuk penerima. Tumbler bisa digunakan saat bepergian atau disimpan di kantor sebagai alat minum pribadi. Anda bisa menambahkan logo perusahaan di bagian depan tumbler.
2. Payung
Walau sederhana, payung masih menjadi andalan sebagai merchandise perusahaan karena fungsinya tidak tergantikan. Pilih payung yang terbuat dari bahan baku berkualitas, sehingga tahan lama dan tidak mudah rusak.
Permukaannya yang luas membuat payung menjadi merchandise untuk media promosi yang sangat efektif.
3. Customer gift
Bagi konsumen loyal, memberikan merchandise yang bermanfaat akan sangat membantu dan menambah nilai positif bagi perusahaan. Customer gift yang dibuat custom sesuai kebutuhan akan menambah sentuhan personal.
Pilihlah barang-barang yang terlihat mewah dan berguna untuk waktu yang lama. Selain itu, Anda juga bisa mendesain kado sesuai identitas perusahaan.
4. Buku agenda
Bagi seseorang yang harus mengatur jadwal atau harus membuat jurnal harian, buku agenda akan sangat membantu dalam aktivitas sehari – hari.
Jangan pernah terlewat memberikan buku catatan kepada mitra usaha atau konsumen yang suka mencatat di buku tulis.
Perusahaan membutuhkan strategi promosi untuk meningkatkan penjualan dan menambah omset kantor.
Beberapa cara bisa dilakukan seperti aktif di media sosial, memperbarui website, memberikan layanan gratis dan memberikan merchandise saat hari raya bisa menambah value produk dan citra positif perusahaan.
Untuk kebutuhan merchandise perusahaan, SOUVIA siap membantu dengan banyak pilihan souvenir dan layanan cetak logo gratis. Tunggu apa lagi, hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk mendapat banyak promo gratis lainnya.
CEK INSPIRASI LAINNYA:
- Apa Arti Tumbler, Jenis, Fungsi, dan Rekomendasi untuk Media Promosi
- Media Promosi Untuk Kebutuhan Event Kamu
- Souvenir yang Cocok sebagai Barang Promosi Perusahaan
Butuh Souvenir ? Lihat Penawaran dari Souvia
FAST RESPOND
Chat WA Anda pasti dibalas kurang dari 1 menit. Silahkan chat WA kompetitor kami, dan bandingkan 😉