Kamu sedang membuat rencana untuk menaikkan target penjualan? Jika jawabannya iya, maka kamu butuh strategi promosi untuk mendongkrak penjualan dan omset.

Strategi promosi merupakan langkah pemasaran berupa interaksi atau komunikasi yang harus dijalankan oleh perusahaan agar target tercapai.

Bagian pemasaran bertugas mengatur strategi promosi agar bisa diterima oleh masyarakat dan mencapai target pasar.

Yuk, coba simak contoh strategi promosi dan souvenir ready stock yang pas untuk strategi marketing di perusahaan.

Berbagai Contoh Strategi Promosi

strategi promosi
Membagikan tumbler kepada calon konsumen salah satu strategi promosi yang banyak digunakan

Walau terlihat mudah, nyatanya dibutuhkan cara-cara khusus untuk meningkatkan penjualan. Salah satunya adalah memberikan souvenir seperti botol tumbler kepada konsumen. Selain itu, berikut contoh strategi promosi yang bisa dilakukan.

1. Manfaatkan media sosial

Saat ini, berita bisa cepat tersebar dengan mudahnya di dunia maya. Perusahaan bisa memanfaatkan media sosial untuk bisa menyebarluaskan informasi produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dengan fitur media sosial yang semakin berkembang, perusahaan bisa menjangkau konsumen yang jauh di seluruh dunia dengan lebih cepat dan tepat sasaran.

2. Pilih endorsement yang tepat

Bukan rahasia lagi jika influencer memiliki pengaruh yang signifikan bagi keberlangsungan pemasaran suatu produk.

Influencer bisa menampilkan fungsi dan komposisi produk kepada para pengikutnya di media sosial. Sebaiknya pilih influencer yang sesuai dengan kriteria pasar agar pesan dan value produk tersampaikan dengan baik.

3. Meme

Walau terkadang tidak penting, penggunaan meme yang agak nyeleneh tapi cocok pas dengan maksud dan tujuan pemasaran akan membantu meningkatkan promosi atau branding produk.

4. Memperbarui informasi website

Konsumen yang sudah tertarik dengan suatu produk di media sosial akan mencoba mencari tahu informasi seutuhnya.

Website memiliki peranan penting untuk menjelaskan asal usul atau informasi produk secara mendetil seperti bahan baku, durasi, harga, dan cara pembelian. Dengan informasi lengkap, konsumen bisa langsung membeli produk tersebut.

Untuk menarik perhatian konsumen, perusahaan bisa memberikan promo gratis payung cantik bagi pelanggan yang membeli produk langsung dari website.

5. Iklan di Youtube

Seperti diketahui, banyak masyarakat lebih memilih menonton Youtube ketimbang televisi karena menyajikan program yang menarik sesuai minat.

Beriklan di Youtube akan memberikan informasi produk kepada masyarakat yang terindikasi menggunakan atau mencari produk sejenis, sehingga menambah peluang untuk peningkatan penjualan.

6. Berjualan di marketplace

Sebagian orang sudah tidak pernah berbelanja secara offline karena tidak ada waktu atau lebih suka mencari sendiri di dunia maya.

Perusahaan sebaiknya menyediakan barang di marketplace agar mudah didapat oleh semua kalangan tanpa batasan waktu atau jarak.

7. Manfaatkan iklan mobil

Membagikan informasi soal produk atau jasa melalui iklan mobil dirasa masih bisa dilakukan sebagai strategi promosi untuk beberapa kalangan.

Secara tidak sadar, masyarakat yang melewati atau melihat mobil iklan akan membaca bahkan mengingat value dari produk, sehingga barang makin dikenal secara luas.

8. Personal selling

Menginformasikan sendiri mengenai promo atau produk terbaru bisa dilakukan untuk menambah sentuhan personal kepada konsumen.

Tim pemasaran bisa langsung mengirimkan email atau berkirim pesan dengan loyal atau pelanggan baru. Untuk menambah kesan personal, tim kantor bisa menanyakan kabar konsumen terlebih dahulu.

9. Memberikan contoh produk

Kunjungan tim kantor ke perusahaan atau klien untuk memberikan informasi dan contoh produk yang akan diproduksi bisa dilakukan secara regular.

Konsumen akan mengapresiasi usaha perusahaan untuk memberikan contoh produk sebelum diluncurkan. Sample produk akan memberikan gambaran kepada konsumen mengenai produk terbaru secara mendetil.

Besar kemungkinan, konsumen akan langsung memesan karena sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

10. Memberikan layanan gratis

Setiap konsumen menyukai layanan tambahan yang diberikan oleh produsen jasa atau barang. Hal-hal kecil terkait pelayanan seperti antar jemput atau pemasangan instalasi secara gratis bisa diberikan perusahaan untuk menambah value produk.

11. Membagikan merchandise

strategi promosi
Merchandise payung untuk bingkisan kepada konsumen ampuh tingkatkan penjualan

Sekecil apapun hadiah yang diberikan kepada konsumen akan sangat berarti bagi mereka. Pun dengan perusahaan yang kerap mengirimkan souvenir desain terbaru SOUVIA kepada pelanggan di hari raya akan membuat pelanggan simpati dan meningkatkan citra positif perusahaan.

Rekomendasi Merchandise untuk Strategi Promosi

Souvenir atau merchandise yang akan diberikankepada perusahaan tentu harus dipersiapkan dengan matang agar diterima dengan baik. Berikut rekomendasi merchandise yang bisa dipilih.

1. Tumbler

Tempat minum masih menjadi jenis merchandise yang disukai karena bermanfaat untuk penerima. Tumbler bisa digunakan saat bepergian atau disimpan di kantor sebagai alat minum pribadi. Anda bisa menambahkan logo perusahaan di bagian depan tumbler.

2. Payung

Walau sederhana, payung masih menjadi andalan sebagai merchandise perusahaan karena fungsinya tidak tergantikan. Pilih payung yang terbuat dari bahan baku berkualitas, sehingga tahan lama dan tidak mudah rusak.

Permukaannya yang luas membuat payung menjadi merchandise untuk media promosi yang sangat efektif.

3. Customer gift

Bagi konsumen loyal, memberikan merchandise yang bermanfaat akan sangat membantu dan menambah nilai positif bagi perusahaan. Customer gift yang dibuat custom sesuai kebutuhan akan menambah sentuhan personal.

Pilihlah barang-barang yang terlihat mewah dan berguna untuk waktu yang lama. Selain itu, Anda juga bisa mendesain kado sesuai identitas perusahaan.

4.     Buku agenda

strategi promosi
Menampilkan logo atau brand pada merchandise perusahaan merupakan cara promosi yang cukup efektif

Bagi seseorang yang harus mengatur jadwal atau harus membuat jurnal harian, buku agenda akan sangat membantu dalam aktivitas sehari – hari.

Jangan pernah terlewat memberikan buku catatan kepada mitra usaha atau konsumen yang suka mencatat di buku tulis.


Perusahaan membutuhkan strategi promosi untuk meningkatkan penjualan dan menambah omset kantor.

Beberapa cara bisa dilakukan seperti aktif di media sosial, memperbarui website, memberikan layanan gratis dan memberikan merchandise saat hari raya bisa menambah value produk dan citra positif perusahaan.

Untuk kebutuhan merchandise perusahaan, SOUVIA siap membantu dengan banyak pilihan souvenir dan layanan cetak logo gratis. Tunggu apa lagi, hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk mendapat banyak promo gratis lainnya.