Siapa sih yang tidak grogi saat hari pertama kerja? Semua karyawan pernah mengalami rasa gugup saat baru bergabung di perusahaan. Entah itu kamu yang fresh graduate atau experienced.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar rasa nervous bertemu dengan atasan dan rekan kerja baru bisa berkurang saat hari pertama kerja.

Sikap positif seperti disiplin, ramah, dan mau berbaur dengan rekan satu tim akan membantu kamu beradaptasi dan mengurangi kesalahan awal saat hari pertama kerja.

Selain itu, pihak perusahaan juga bisa memberikan paket welcome kit simple untuk memotivasi dan mengurangi kegugupan karyawan yang baru bergabung.

Jika perusahaan kekurangan stok, pilihlah souvenir ready stock yang bisa dibuat sebagai onboarding kit siap diproduksi dalam waktu singkat.

Nah, buat kamu para fresh graduate, ikuti tips-tips berikut agar lancar saat hari pertama kerja.

Tips Hari Pertama Kerja untuk Fresh Graduate

hari pertama kerja
Perusahaan bisa memotivasi karyawan baru dengan memberikan onboarding kit saat hari pertama kerja

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memberikan kesan baik saat hari pertama kerja di kantor. Untuk kamu yang baru terjun ke dunia kerja, simak beberapa tips berikut agar momen awal bekerja lancar tanpa kendala.

1. Datang tepat waktu

Tidak terlambat saat hari pertama kerja merupakan usaha awal memberikan kesan baik kepada perusahaan, khususnya kepada atasan dan teman satu tim.

Datang kerja lebih awal akan memberikan waktu lebih banyak untuk mengenal lingkungan dan teman kerja yang baru.

2. Usahakan berpakaian rapi sesuai kultur perusahaan

Tampilan luar yang menarik dan rapi akan menambah kesan awal yang positif. Berpakaian rapi sesuai dengan lingkungan kerja. Karyawan yang berpakaian rapi dinilai profesional dan kompeten dalam melakukan pekerjaan.

Menggunakan pakaian yang profesional akan membuat karyawan lebih kredibel. Hal ini penting ketika harus bertemu dengan klien agar menjalin hubungan interpersonal yang baik.

3. Disiplin

Datang tepat waktu dan mengerjakan tugas sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan akan memberikan kesan positif kepada perusahaan dan pimpinannya jika kamu mempunyai sikap disiplin.

Atasan dan rekan kerja akan memberikan kesempatan untuk karyawan yang baru bergabung agar terlibat lebih banyak di pekerjaan kantor.

Perusahaan bisa memberikan reward berupa souvenir desain terbaru SOUVIA bagi anak baru yang mampu beradaptasi dengan baik dan punya sikap disiplin yang tinggi.

4. Catat hal-hal penting

Sebagai karyawan yang baru bergabung, tentu terdapat hal – hal penting di perusahaan atau kantor yang belum dietahui atau dikuasai.

Oleh karenanya, sebaiknya karyawan baru mulai mencatat informasi penting mengenai perusahaan, lokasi kantor, dan aturan – aturan yang tidak tertulis lainnya. Hal ini akan membantu kamu cepat beradaptasi dengan lingkungan kantor.

5. Bersikap positif, santai, dan bergaul

Personal kamu sangat penting dalam memulai pekerjaan. Usahakan untuk terus bersikap positif agar kamu juga menerima hal-hal baik selama hari pertama kerja.

Walau kamu masih menjadi anak bawang di kantor. sebaiknya hindari sikap terlalu kaku. Santai dalam bersikap dan terus mencoba membaurkan diri di tengah perusahaan akan membantu kamu cepat beradaptasi.

6. Fokus pada pekerjaan

hari pertama kerja
Hari pertama kerja makin semangat dengan fasilitas kantor yang layak

Tujuan kamu masuk dalam dunia kerja adalah bekerja sebaik – baiknya. Walau harus bergaul dengan teman – teman satu tim yang baru dikenal, namun tugas karyawan tetap harus menyelesaikan pekerjaan.

Tetap fokus dalam berkarya dan menyelesaikan tugas tepat waktu untuk meraih kepercayaan atasan dan teman – teman satu tim. Berikan fasilitas mouse wireless Fantech agar anak kantoran lebih semangat dalam bekerja.

7. Jangan malu untuk bertanya

Informasi yang kurang jelas sebaiknya dipertanyakan kepada atasan, HRD, atau rekan kerja. Batasi pertanyaan untuk menghindari ketidaknyamanan teman – teman kerja. Kamu juga harus cepat beradaptasi tanpa harus terus menanyakan semua hal di kantor.

8. Laporkan pekerjaan pada atasan

Tugas yang telah dilakukan sesuai dengan target sebaiknya diketahui oleh pimpinan agar kamu punya waktu untuk mengoreksi bagian yang belum sempurna.

Rekomendasi Welcoming Kit untuk Karyawan Baru

Buat perusahaan yang masih bingung jenis souvenir yang bisa diberikan kepada anak baru, berikut rekomendasi dari SOUVIA. Pemberian paket welcoming kit ini bisa menjadi awal yang baik bagi perusahaan dan juga karyawan.

1. Ingenious Giftset

Onboarding kit ini terdiri dari buku agenda, pulpen, card holder, dan flashdisk side disk. Keempatnya merupakan produk yang sering digunakan dalam dunia kerja dan pastinya membantu memperlancar tugas – tugas yang diberikan.

2. Luxury 23 – 7

Karyawan yang sering bepergian tentu membutuhkan perlengkapan lapangan yang sesuai, namun tetap mewakili perusahaan.

Welcoming kit ini gabungan dari Tas Rolltop Beluxa, T-Shirt Polo, dan Topi Polo Cap yang menampilkan nama atau logo perusahaan akan membantu anak baru beradaptasi dan percaya diri dengan lingkungan kerja baru.

Perusahaan bisa membuat souvenir perusahaan yang menonjolkan brand, sehingga makin banyak yang kenal. Makin asyik dan lebih hemat karena di SOUVIA tersedia layanan cetak logo gratis khusus untuk Anda.

3. Lanyard

hari pertama kerja
Buat anak baru makin bangga dengan nametag yang ada logo perusahaan

Setiap karyawan membutuhkan kartu identitas agar dikenali di lingkungan kerja yang baru. Nametag keren dari perusahaan akan meningkatkan motivasi kerja sekaligus memberikan kepercayaan diri kepada anak baru di hari pertama kerja.


Setiap karyawan pernah merasakan grogi dan khawatir berlebihan saat hari pertama kerja. Perasaan tersebut normal, namun tetap harus dikendalikan dengan mengikuti tips dari SOUVIA.

Sikap seperti positif, ramah, santun, dan fokus dalam bekerja akan membuat hari pertama kerja lebih mudah dilalui.

Perusahaan bisa membantu anak baru cepat beradaptasu dengan memberikan welcoming kit sesuai kebutuhan namun tetap menampilkan logo atau brand perusahaan agar semakin dikenali dan meningkatkan motivasi karyawan.

SOUVIA selalu siap membantu untuk semua kebutuhan onboarding kit di hari pertama kerja anak kantoran. Hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk mendapatkan rekomendasi dan harga terbaik dari kami.

SOUVIA