Kartu identitas merupakan barang penting yang harus dibawa oleh setiap orang, termasuk karyawan hingga pelajar. Oleh karena itu, ID card holder semakin banyak digunakan.

Fungsi ID card holder sendiri untuk menyimpan kartu termasuk kartu identitas agar rapi. Saat ini desain lanyard semakin beragam dengan bahan baku seperti plastik, kulit, denim, hingga lanyard kayu resin yang memiliki desain unik.

Jika kantor kamu sedang mencari desain lanyard yang oke dalam waktu singkat, cek souvenir ready stock dan simak tips membuat ID card holder custom dan rekomendasinya berikut ini.

Tips Buat Lanyard Custom

ID card holder
Lanyard kayu yang unik dan kekinian cocok menjadi souvenir perusahaan

Setiap perusahaan ingin memberikan souvenir terbaik bagi karyawan dan koleganya. Selain itu, tampilan ID card holder juga harus sesuai dengan identitas kantor.

Bagaimana membuat lanyard yang sesuai dan kebutuhan? Tenang, simak tips berikut ini.

1. Rancang anggaran

Hal ini harus dilakukan sebelum mencari vendor dan menyiapkan desain yang pas. Kantor harus menentukan anggaran untuk membuat lanyard. Carilah vendor yang bisa membuatkan custom gantungan kartu identitas sesuai budget yang dimiliki.

Penentuan anggaran harus dilakukan pertama kali agar tidak terjadi kebocoran dana dan sesuai dengan rencana.

2. Pilih bahan baku

Selanjutnya, tim kantor sudah mulai menentukan bahan baku untuk membuat lanyard yang sesuai dengan dana perusahaan.

Untuk tampilan eksklusif dan mewah, konsumen bisa memilih bahan kulit. Sementara untuk tampilan kasual bisa menggunakan bahan denim atau jeans.

3. Desain sesuai dengan identitas kantor

Souvenir perusahaan harus menggambarkan identitas perusahaan agar tercipta brand awareness antara konsumen hingga mitra usaha terhadap kantor. Tidak lupa logo atau brand selalu ada di permukaan card holder.

Kamu juga bisa membuat id card holder batik yang menggunakan kain tradisional Indonesia yang unik dan menggambarkan nusantara.

4. Temukan vendor yang tepat

Setelah anggota tim yakin dengan anggaran dan desain, selanjutnya mencari vendor yang bisa produksi nametag custom sesuai permintaan konsumen.

Pastikan vendor yang dihubungi sudah memiliki pengalaman dan mengerti betul produksi lanyard. Cari vendor yang punya track record yang baik dan memiliki promo cetak logo gratis seperti SOUVIA.

Rekomendasi Desain Lanyard

ID card holder
Bikin lanyard yang menonjolkan kain khas Indonesia untuk tamu asing

Setelah punya bayangan desain dan anggaran pembuatan ID card holder untuk souvenir kantor, saatnya mencari referensi desain yang pas.

SOUVIA punya banyak desain lanyard yang bisa dipilih, berikut rekomendasinya untuk kamu.

1. Lanyard kayu

Nametag satu ini punya desain unik yang tidak akan dimiliki oleh pengguna lainnya. Lanyard ini terbuat dari kayu dengan resin yang punya desain khusus.

2. Nametag kombinasi khas Indonesia

Indonesia punya banyak kain tradisional yang bisa digunakan untuk bahan baku souvenir. Salah satunya nametag yang mengkombinasikan bahan kulit dengan kain batik atau tenun.

Lanyard jenis ini bisa dijadikan sebagai souvenir welcome kit atau seminar kit yang dibagikan untuk tamu asing.

3. Card holder khas Indonesia

Selain lanyard khas Indonesia, perusahaan juga bisa membuat card holder yang mencerminkan kebudayaan nusantara.

Jenis ini mengkombinasikan bahan kulit dengan batik tanpa tali yang bisa disimpan di pouch atau tas. Selain itu, ada desain lanyard kekinian di koleksi souvenir terbaru SOUVIA yang kece.

4. ID card holder kulit

Souvenir yang menggunakan bahan kulit membuat tampilannya lebih mewah dan eksklusif, termasuk card holder. Sebaiknya putuskan berapa jumlah slot kartu yang akan dibuat agar desain tetap unik.

5. Lanyard denim

Kantor juga bisa menggunakan bahan baku jeans atau denim untuk pembuatan lanyard dengan tampilan kasual.

6. Gantungan kartu 2 in 1

Kamu juga bisa buat lanyard yang memiliki dua fungsi sekaligus sebagai nametag dan card holder. Di sisi depan untuk menyimpan tanda pengenal, di sisi belakang memiliki slot untuk penyimpanan kartu.

7. ID card holder kulit

ID card holder
Lanyard sekaligus card holder yang terbuat dari kulit

Untuk mendapatkan tampilan eksklusif dan mewah, buat lanyard yang terbuat dari bahan kulit asli atau sintetis. Kantor bisa custom warna id card holder kulit sintetis yang sesuai dengan identitas perusahaan.


Membuat ID card holder harus dipersiapkan dengan matang agar menjadi souvenir kantor yang berkualitas, bermanfaat, dan memiliki tampilan yang menarik.

Pastikan sudah membuat rencana keuangan agar tidak terjadi kebocoran dana dan mengetahui bahan baku serta desain yang akan dibuat.

Beragam desain bisa digunakan untuk membuat lanyard yang digunakan sebagai souvenir welcome kit atau seminar kit. Bahan kulit, denim, hingga kain khas Indonesia bisa dijadikan bahan baku agar hasil lanyard menarik.

Jika kamu masih bingung, hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk rekomendasi desain gantungan kartu sesuai identitas perusahaan dan anggaran kantor.

SOUVIA