Menurut kalender Cina, tahun ini dilambangkan dengan shio kelinci air. Apa makna yang ada di dalamnya dan rangkaian apa saja yang dilakukan di Chinese new year 2023? Temukan juga souvenir bermanfaat yang dapat diberikan saat hari raya imlek.

BACA JUGA: 7 tradisi imlek 2023 penambah keberuntungan

Asal Usul dan Urutan Shio

Dalam kalender Cina, setiap tahun baru dilambangan dengan salah satu binatang shio. Shio sendiri tidak muncul begitu saja, ada cerita di balik urutan shio yang saat ini dikenal masyarakat luas. Sistem shio sudah dikenal sejak 475 – 221 sebelum masehi.

Konon, di masa lampau Kaisar Giok ingin memilih 12 hewan yang akan menjadi pengawalnya. Sang kaisar mengumumkan berita bahwa hewan yang paling cepat melewati gerbang surgawi akan menjadi pengawal sekaligus memiliki pangkat yang lebih tinggi.

Secara berurutan, shio yang sampai di gerbang surgawi adalah dengan tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi. Urutan ini juga mewakili urutan shio dalam kalender Cina.

Souvenir payung botol SOUVIA yang tersedia dalam berbagai warna bisa dibuat sebagai bingkisan Chinese new year 2023 dengan menampilkan lambang shio di permukaan wadah botol. Pilih warna merah agar hari imlek lebih meriah.

Makna Chinese New Year 2023

Ilustrasi kumpulan shio
Chinese new year selalu dilambangkan dengan salah satu shio kalender lunar

Chinese new year atau imlek 2023 merupakan hari terpenting dan terbesar dalam kalender Cina. Di hari ini semua orang bersuka cita menyambut tahun yang baru.

Setiap tahun shio berubah sesuai perhitungan kalender bulan. Tahun ini dilambangkan dengan shio kelinci berunsur air.

Kelinci merupakan salah satu hewan yang termasuk ke dalam shio Cina. Kelinci menempati urutan keempat setelah tikus, kerbau, dan harimau. Ia  menjadi binatang keempat yang tiba di gerbang surgawi karena sifatnya yang cepat dan kompetitif.

Menurut kepercayaan, karakter seseorang bisa dilihat dari shio dan unsurnya.

Berdasarkan mitologi Cina, kelinci diramalkan sebagai mahluk yang lembut, pendiam, anggun, waspada, cepat, terampil, baik hati, sabar, dan bertanggung jawab. Orang yang lahir di tahun kelinci dipercaya memiliki sifat waspada, jenaka, berpikiran cepat, dan cerdik.

Ada kelinci betina dan jantan. Walaupun hewan yang sama, namun memiliki karakteristik yang berbeda.

Kelinci jantan memiliki senyum yang lembut dan tulus sehingga mudah dipercaya dan dapat memperlakukan orang dengan baik. saat menghadapi kesulitan, kelinci jantan pantang menyerah dan gigih mencari solusi.

Sedangkan kelinci betina dianggap memiliki hati yang murni, penampilan yang cantik, dan pendiam.

Chinese new year 2023 merupakan tahun kelinci berunsur air. Unsur air dalam shio kelinci berkaitan dengan kreatifitas, sensitif, dan reflektif. Elemen air dipercaya memiliki karakter menghargai kontak keluarga dan sosial, memiliki emosi yang mendalam, dan disukai.

Menurut kebudayaan Cina, kelinci melambangkan umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran. Sehingga tahun 2023 dengan shio kelinci air diartikan sebagai tahun harapan.

Siapkan buku agenda SOUVIA untuk menyambut Chinese new year 2023 di perusahaan. Tambahkan harapan dan motivasi di lembarannya agar karyawan lebih produktif.

Rangkaian Chinese New Year 2023

Berkumpul bersama keluarga merupakan salah satu rangkaian perayaan Chinese new year 2023

Chinese new year 2023 memiliki rangkaian yang wajib dilakukan. Beberapa aktivitas ini dipercaya mengundang keberuntungan dan mengusir keburukan. Apa saja?

1. Membersihkan dan menghias rumah dengan ornamen merah

Membersihkan rumah merupakan hal wajib yang harus dilakukan menjelang hari imlek. Selain membuat rumah nyaman dan bersih, membersihkan rumah saat Chinese new year dipercaya akan membuang hawa negatif dan membawa hawa positif.

Sedangkan menghias rumah dengan warna merah akan mendatangkan keberuntungan dan kejayaan bagi pemilik rumah.

2. Makan malam bersama

Aktivitas makan malam bersama keluarga di rumah kerabat tertua merupakan acara terpenting dalam perayaan Chinese new year 2023.

Makan malam bersama keluarga dapat meningkatkan ikatan antara keluarga. Konon, makan malam bersama saat hari raya imlek 2023 dihadiri juga oleh para leluhur. Sehingga makan malam imlek juga berarti menghormati para leluhur yang telah tiada.

Saat makan malam bersama, berikan bingkisan berupa starter pack new normal SOUVIA yang terdiri dari masker, sanitizer, tisu, dan vitamin. Walaupun pandemi telah usai, perlindungan kesehatan kepada keluarga harus diutamakan.

3. Membagikan angpao

Gambaran wanita mendapatkan angpao chinese new year
Pembagian angpao wajib saat hari raya imlek

Selanjutnya ada pembagian angpao yang selalu ditunggu anak – anak saat perayaan Chinese new year 2023.

Membagikan angpao bukan hanya berbagi rejeki, namun juga bermakna mentransfer hal – hal baik yang terjadi pada pemberi ke penerima. Memberi angpao tidak boleh diwakili, harus langsung dari pemberi ke penerima.

Memberikan bingkisan kepada keluarga maupun kerabat juga termasuk ke dalam rangkaian Chinese new year 2023. Bingkisan makanan akan menambah keceriaan hari raya imlek 2023, gunakan tote bag besar berkualitas seperti tote bag raya yang bisa menampung banyak makanan.

Rekomendasi Souvenir Bermanfaat Chinese New Year 2023

Memberikan bingkisan kepada keluarga, kerabat, mitra usaha, karyawan, hingga konsumen menjelang Chinese new year 2023 merupakan salah satu tradisi imlek yang harus dilestarikan.

Berikut beberapa souvenir yang bisa digunakan sebagai bingkisan imlek untuk Anda:

1. Paket luxury

Paket luxury SOUVIA akan menjadi bingkisan Chinese new year bermanfaat bagi kolega perusahaan

Item paket ini merupakan paket premium yang tersedia di SOUVIA.

Produk paket ini terdiri dari souvenir terbaik dengan desain sederhana dan eksklusif. Paket luxury terdiri dari tas, buku agenda, pulpen, atau power bank.

Semua souvenir terbuat dari denim, kulit sintetis, dan kulit asli berkualitas. Paket ini terdiri dari delapan pilihan yang dibanderol dengan kisaran harga Rp 271.000 hingga Rp 1.151.000.

Kemas paket ini dengan tema Chinese new year 2023 untuk menambah sentuhan personal.

2. Paket etnik

Paket souvenir unik aksen batik untuk customer
Chinese new year 2023 semakin lengkap dengan paket etnik SOUVIA

Tertarik dengan souvenir yang dikombinasikan dengan  hasil kebudayaan indah asal Indonesia. Pilih saja paket etnik SOUVIA.

Paket ini mengkombinasikan kain kanavas dan bahan lainnya dengan kain batik. Souvenir yang ada di paket etnik terdiri dari pouch batik, pulpen, buku agenda, dan nametag kulit batik.

Paket etnik memiliki empat pilihan yang dibanderol dengan kisaran harga Rp 69.000 hingga Rp 242.000

3. Souvenir best seller

tas selempang kulit kombinasi untuk souvenir acara
Citra positif perusahaan akan semakin meningkat dengan bingkisan Chinese new year 2023

Tak perlu bingung menentukan bingkisan Chinese new year 2023 untuk mitra usaha, karyawan, maupun pelanggan setia. Souvenir terbaru SOUVIA hadir untuk memudahkan konsumen memilih souvenir bermanfaat yang disukai oleh penerima.

Tak sedikit perusahaan yang membeli souvenir ini karena berkualitas dan menunjang aktivitas penerima. Souvenir bestseller terdiri dari tas selempang, pouch, dan paket luxury E.

Beberapa souvenir bestseller merupakan souvenir ready stock yang dapat diantar dalam dua hingga tiga hari kerja. Walaupun diproduksi dalam waktu singkat, souvenir ini tetap menampilkan branding perusahaan dan kelembagaan sesuai kebutuhan dan tema acara.

Kesimpulan

Perusahaan yang memberikan bingkisan Chinese new year 2023 berupa souvenir bermanfaat akan meningkatkan citra positif perusahaan. Selain itu, bingkisan juga berfungsi sebagai media branding yang efektif karena dapat menampilkan logo atau brand di permukaan souvenir dengan jelas.

Yuk, segera persiapkan bingkisan Chinese year 2023 di SOUVIA untuk menambah keberuntungan di hari raya imlek kerabat dan keluarga! Hubungi sales eksklusif SOUVIA sekarang!

CEK INSPIRASI LAINNYA: