Memilih kado perpisahan untuk atasan memang agak tricky. Sebab Anda dan rekan kantor pasti tidak mau sembarangan memilih, apalagi ini adalah kado kenangan untuk bos atau senior yang purnabakti. 

Kado perpisahan untuk atasan yang mengakhiri masa jabatannya tentu tidak boleh sembarangan. Barang yang diberikan haruslah berkualitas, bermanfaat, dan cocok untuk usia penerima. Tentu Anda mau, kan, jika bos akan terkesan dengan pemberian dari tim?

Meski kadang membingungkan, tapi Anda bisa sontek beberapa referensi ide kado perpisahan di bawah ini. Beberapa di antaranya adalah produk terbaru dari SOUVIA. 

BACA JUGA: Pilihan Souvenir Perpisahan Karyawan yang Berkesan!

Tips Memberi Kado Perpisahan Atasan Pensiun

Sebelum membahas apa saja ide kado pensiun, sebaiknya Anda mengetahui beberapa tips yang perlu dipertimbangkan untuk memilih barang yang sesuai. Simak tips memilih kado perpisahan untuk atasan yang pensiun berikut ini.

1. Pilih Kado Berdasarkan Hobi yang Disukai

Jarang sekali ada orang yang menolak jika diberi kado perpisahan yang sesuai dengan hobinya. Justru mereka akan sangat senang menerimanya dan merasa dicintai karena orang-orang mengetahui apa yang menjadi kegemarannya.

Jadi, tips pertama untuk memberi kado perpisahan pada atasan yang pensiun sebaiknya carilah informasi terkait hobi si bos. Hal ini tentu akan memudahkan Anda memilih barang yang akan menjadi kado perspisaha. Di sisi lain, si bos pasti sangat senang karena mendapat hadiah pensiun sesuai hobinya.

2. Budget untuk Membeli Kado Perpisahan

Membeli kado pensiun untuk atasan pastinya tidak bisa sembarangan. Pertimbangkan memberikan kado yang istimewa dan bisa memberikan kesan mendalam oleh si penerima. 

Namun, pastikan jangan sampai Anda mengeluarkan uang yang terlalu besar sampai-sampai membuat Anda merogoh kocek terlalu dalam, apalagi sampai berhutang atau mengganggu keuangan Anda. 

Solusi membeli kado untuk perpisahan pensiun adalah dengan patungan bersama rekan kantor agar uang yang dikeluarkan tidak terlalu besar. 

3. Kado Perpisahan Harus Tetap Terkesan Profesional

Kado perpisahan untuk atasan yang pensiun.
Kado perpisahan untuk atasan yang pensiun. Sumber: Freepik

Pastikan kado pensiun tetap mencerminkan bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap kinerja dan bimbingan atasan Anda selama ini. Jadi, jangan berikan kado yang terlalu pribadi. Sampaikan pesan khusus personal Anda maupun bersama tim yang dituangkan pada desain kado.

4. Pilih Sesuatu yang Bermanfaat

Tidak bisa dipungkiri dalam memilih kado untuk perpisahan pensiun pasti akan sulit. Karena kita pasti ingin memberikan sesuatu yang terbaik. Namun, pastikan pilih produk yang memang bermanfaat bagi si bos, ya. 

Kado perpisahan untuk atasan yang bermanfaat pasti akan dihargai dan sering digunakan oleh penerima nantinya. 

Referensi Kado Perpisahan untuk Atasan yang Pensiun

Ada beragam kado untuk pensiunan yang bisa Anda pilih, mulai dari peralatan hobi hingga barang mewah. Berikut rekomendasi hadiah perpisahan dari kami:

1. Dompet Kulit

Sekarang ada banyak dompet kulit berkualitas premium buatan lokal. Anda bisa memberikan benda ini sebagai kado perpisahan bagi atasan lelaki ataupun perempuan.

Dompet bisa dibeli berdasarkan brand atau warna kesukaan bos Anda. Dompet juga dapat dipadu padan dengan memaksimalkan tampilan OOTD bos Anda. Itulah sebabnya, Anda perlu memilih dompet dengan cermat ya. 

2. Set Peralatan Golf untuk yang Hobi Olahraga

Melakukan olahraga golf banyak dilakukan para pengusaha atau atasan di sebuah perusahaan. Hal ini karena bukan hanya sebagai cabang olahraga tapi juga dijadikan sarana dalam bernegosiasi dengan partner usaha. Nah, untuk mendukung hobinya tersebut, Anda bisa memberikan peralatan golf lengkap dari merek kesukaannya. 

3. Alat Cukur Listrik

Jika atasan Anda adalah seorang lelaki, maka bisa berikan kado perpisahan berupa alat cukur listrik. Pilihlah alat cukur kualitas dan mudah digunakan oleh atasan Anda. Sekarang sudah banyak produk alat cukur listrik yang dayanya bisa diisi dengan USB dan waktu pengisian dilakukan dalam waktu singkat.

4. Jam Tangan 

kado perpisahan
Jam tangan mewah untuk kado atasan yang pesiun. Source: Entrepreneur

Jangan salah, meskipun jam tangan termasuk opsi hadiah pensiun yang sudah sering diberikan, tapi benda satu ini sangat bisa menjadi hadiah paling berkesan untuk si penerima. Anda bisa mencari tahu apa merek jam tangan yang disukai olehnya atau bisa dilihat dari kepribadiannya.

5. Kotak Tempat Menyimpan Jam Tangan

Umumnya seorang atasan memiliki koleksi jam tangan dari yang standar hingga yang mahal sekalipun. Agar membantu atasan Anda dalam merawat koleksi jam tangannya, Anda dan tim bisa memberikan kotak tempat penyimpanan jam tangan (watch box organizer).

Tiap watch box organizer mempunyai jumlah kotak berbeda-beda, ada yang terdiri dari 3 kotak, 6 kotak, 8 kotak, 12 kotak hingga bertingkat. 

6. Peralatan Memasak

Jika atasan Anda adalah gemar memasak maka tidak ada salahnya jika Anda memberikan kado perpisahan padanya berupa peralatan memasak. Sekarang sudah banyak tersedia peralatan dapur berkualitas dengan beraneka macam model, warna, dan ukuran dari produk yang branded. Anda bisa memilih sesuai dana yang terkumpul. 

7. Sketsa Wajah

Hadiah pensiun berupa sketsa wajah yang terbuat dari teknik paper cutting juga bisa dipertimbangkan. Biasanya sketsa wajah dibuat dengan cara dilukis atau menggabungkan kolase dari beberapa foto. Kini, Anda bisa mencoba cara berbeda yaitu dari kertas yang dipotong kemudian dibentuk dengan menggunakan cutter.  

8. Kado Perpisahan Berupa Scarf

Pilihlah scarf berdesain motif unik dan warnanya bisa di mix and match oleh berbagai pakaian. 
Kado ini sangat cocok diberikan pada atasan wanita yang sehari-harinya selalu tampil rapi dan sangat modis. Pertimbangkan untuk membeli scarf yang berasal dari brand yang sudah terkenal dan berkualitas tinggi.

9. Pulpen Parker IM Black GT BP

Anda bisa memberikan kado untuk pensiunan berupa pulpen Parker dari SOUVIA yang terbuat dari metal glossy berwarna hitam beraksen emas dan nib (mata pena) rollerball. Pulpen ini sangat elegan dan membantu penerima ketika harus menulis atau menandatangani sesuatu.

10. Speaker Bluetooth Soundcore Wakey by Anker A3300

Desain all-in-one Wakey menggabungkan hal-hal penting, salah satunya tidak perlu mengatur ulang alarm tiap malam. Benda ini cukup diatur sekali untuk bunyi setiap jadwal yang pengguna mau. Tampilan desain Jam Anker dengan speaker bluetooth ini cukup inovatif dengan varian putih, pink, dan hitam. 

11. Paket Hadiah Eksklusif

Anda bisa memberikan kado buat perpisahan untuk atasan berupa paket hadiah eksklusif. Paket LUXURY 23-2 dari SOUVIA berisi Messenger Bag Jesling, Agenda Moleskin, dan Pulpen Besi Neil. Paket hadiah yang lengkap, mewah, dan berguna.


Itu dia beberapa referensi kado perpisahan yang bisa dipilih. Untuk produk dari SOUVIA, Anda bisa memilih koleksi lainnya karena kami memiliki pilihan souvenir ready stock yang sangat bisa diandalkan jika Anda memerlukan waktu yang cepat. 

Produk ready stock kami bisa dikerjakan hanya dengan waktu 2-3 hari saja, karena hanya memberikan tambahan branding. 

Jika Anda ingin tampilan terbaru dari produk kami, ada juga souvenir desain terbaru SOUVIA yang tersedia. Penampilan desainnya lebih fresh dan trendi. 

Membeli kado perpisahan di SOUVIA bukan hanya berkualitas, tapi Anda akan mendapatkan layanan cetak logo gratis. Tentu Anda bisa menghemat biaya, bukan? 

Tunggu apalagi, ayo segera pesan kado untuk atasan pensiun bersama kami dengan hubungi sales eksekutif SOUVIA.

CEK INSPIRASI LAINNYA: 

SOUVIA