Manusia merupakan mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Begitu juga dengan usaha yang tidak bisa berkembang tanpa membangun relasi bisnis.

Lantas, apa yang dimaksud dengan membangun relasi? Relasi adalah menjalin atau mengembangkan hubungan antara dua pihak atau lebih untuk meraih tujuan tertentu.

Membangun relasi yang baik akan membantu perusahaan mengembangkan usaha dan memperluas target pasar.

Sebelum itu, persiapkan diri dengan kartu bisnis untuk mempermudah saat membangun relasi baru. Salah satunya adalah dengan Gentanala NFC Business Card yang memiliki desain unik dan praktis.

Berikut hal yang bisa dipelajari mengenai manfaat dan cara memperluas relasi.

Manfaat Memperluas Relasi

membangun relasi bisnis
Berikan business card yang unik dan menarik untuk menarik perhatian relasi bisnis

Dalam dunia usaha dan kehidupan pribadi, menjalin hubungan dengan banyak orang atau beragam pihak akan membantu meraih tujuan.

Untuk mengawalinya, gunakan souvenir ready stock yang siap diproduksi dalam waktu singkat dengan menampilkan logo atau brand di permukaan bingkisan.

Selain itu, ada manfaat membangun relasi seperti berikut ini.

1. Memperbesar peluang usaha

Dengan menjalin relasi, peluang bisnis menjadi lebih banyak karena memiliki hubungan dengan banyak pihak dan membuka jaringan pasar lebih luas.

2. Mempermudah pekerjaan

Relasi bisnis dengan hubungan yang baik akan saling membantu untuk menemukan solusi saat menghadapi masalah. Hal ini dilakukan agar perkembangan usaha tidak terganggu dan mempermudah pekerjaan.

3. Mengurangi masalah

Tantangan dan hambatan yang dihadapi saat mengembangkan usaha akan lebih mudah dihadapi jika dilakukan bersama dengan relasi yang kompeten. Sama halnya dengan perusahaan yang memiliki relasi banyak.

Pihak-pihak yang memiliki hubungan baik dengan perusahaan akan membantu karena loyalitas.

4. Mendapat informasi

Memiliki hubungan baik dengan banyak pihak akan membantu perusahaan mendapatkan informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam pengembangan usaha.

Cara Membangun Networking yang Efektif

Untuk menjalin relasi dengan banyak pihak, setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti berikut ini.

1. Jujur

Sikap ini merupakan modal utama untuk menjalin hubungan baik dengan pihak-pihak yang baru saja bertemu.

Sikap jujur dan apa adanya akan membuat mitra usaha percaya dan nyaman saat berbicara hal-hal penting. Hal ini akan membuat mitra menjadi lebih terbuka dan transparan.

2. Menawarkan bantuan

Semua orang pernah menghadapi masalah dan membutuhkan pertolongan di saat menghadapi kesulitan.

Menjalin hubungan tentu harus diawali dengan sikap saling membantu, termasuk menawarkan bantuan saat relasi mengalami masalah.

Sikap memberikan pertolongan tentu akan diapresiasi dan membuka hubungan dengan berbagai pihak.

3. Konsisten berkomunikasi

membangun relasi
Bangun komunikasi dengan bertukar kartu nama

Koordinasi sangat penting saat mengembangkan usaha atau mencoba memperluas pasar. Koordinasi yang baik diawali dengan komunikasi yang berjalan lancar antara dua pihak. Konsisten berkomunikasi dengan mitra akan berbuah pada saling membuka diri.

Komunikasi dibutuhkan agar tidak terjadi kesalah – pahaman antara mitra usaha dan menjadi salah satu elemen dari hubungan sehat. Siapkan Card Holder Sintetis untuk menyimpan kartu nama relasi.

4. Berbagi informasi

Dalam pengembangan usaha, terdapat beberapa informasi yang harus dimiliki agar tidak salah langkah. Selain itu, tidak semua info penting diketahui.

Oleh karenanya, penting memiliki mitra usaha yang sudah saling mengerti dan saling setia yang akan saling berbagi informasi penting.

5. Saling menghargai

Terdapat beberapa sikap yang harus dimiliki saat menjalin hubungan seperti jujur, saling menghargai, dan menghormati.

Sikap saling menghargai berarti mengakui keberadaan dan hak setiap orang, termasuk menghormati pilihan dan keputusan orang lain.

Sikap ini harus dimiliki saat memperluas hubungan dengan banyak pihak agar menimbulkan rasa saling menghormati satu sama lain.

6. Memberikan apresiasi

Setiap orang senang dihargai dan diakui keberadaan atau hal – hal yang telah dilakukannya. Sebagai awalan membangun relasi, perusahaan bisa memberikan apresiasi dalam bentuk bingkisan dan ucapan kepada mitra usaha.

Pemberian bingkisan yang merupakan souvenir ready stock akan menjadi langkah awal yang baik sebagai bentuk perhatian dan apresiasi.

Rekomendasi Bingkisan untuk Relasi Bisnis

Membangun relasi
Paket souvenir kalender perusahaanuntuk diberikan kepada relasi bisnis

Untuk memulai membangun relasi dengan banyak pihak, saatnya perusahaan mulai mempersiapkan bingkisan yang bermanfaat dan berkualitas seperti business gift yang terdiri dari buku agenda, card holder, id card, pulpen, hingga tumbler.

Produk-produk ini bisa mendukung aktivitas mitra yang memiliki mobilitas tinggi dan juga tanggung jawab yang besar.

Perusahaan juga bisa mengirimkan kalender meja setiap tahun untuk semakin mempererat ikatan dengan mitra. Dengan layanan gratis cetak logo dari SOUVIA akan semakin meningkatkan branding perusahaan.


Pengembangan perusahaan harus didukung dengan perluasan jaringan yang didapat dari membangun relasi bisnis.

Pentingnya memperluas relasi akan berimbas pada kemajuan perusahaan karena bisa memperbesar target pasar dan memiliki bantuan saat mengalami kesulitan.

Untuk membangun relasi dibutuhkan kejujuran, komunikasi yang lancar, sikap saling menghargai dan menghormati, serta mengapresiasi mitra usaha melalui bingkisan unik rekomendasi SOUVIA.

Beragam produk souvenir bermanfaat dan berkualitas ditawarkan agar perusahaan memiliki relasi yang semakin luas. Hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk rekomendasi merchandise yang tepat sesuai kebutuhan.

SOUVIA