Pendidikan merupakan aspek penting dalam pengembangan sumber daya manusia. Tanggal 2 Mei dinobatkan sebagai Hari Pendidikan Nasional, sejarah dan makna apa yang dimiliki? Lalu, souvenir bermanfaat SOUVIA apa yang bisa diberikan kepada pendidik? Simak yuk!

BACA JUGA: 1.361 pesanan souvenir dan top 5 souvenir SOUVIA di tahun 2022

Sejarah Hari Pendidikan Nasional

Hari Pendidikan Nasional Indonesia diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya.

Tanggal 2 Mei dipilih karena bertepatan dengan hari lahir pahlawan pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara.

Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau yang populer dengan nama Ki Hajar Dewantara merupakan tokoh yang memperjuangkan pendidikan di Indonesia. Oleh karenanya, Hari Pendidikan Nasional identik dengan Ki Hajar Dewantara.

Ki Hajar Dewantara merupakan keturunan bangsawan yang mendapat pendidikan yang baik dan menjadi pelopor berdirinya organisasi kebangsaan.

Pada tanggal 3 Juli 1922, Ki Hajar Dewantara mendirikan taman siswa. Sebuah sekolah dasar yang bertujuan memberikan pendidikan yang merata dan terjangkau bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama anak – anak yang kurang beruntung.

Hal ini dikarenakan hanya anak – anak bangsawan yang memiliki jabatan dan kedudukan sosial yang tinggi yang dapat mengenyam pendidikan.

Taman siswa merupakan cikal bakal pergerakan pendidikan di Indonesia di masanya. Lembaga ini menjadi bentuk kebangkitan nasional dalam bidang pendidikan di kala itu.

Agar hari pendidikan semakin diingat dan dihargai oleh semua orang, tampilkan catatan sejarah atau milestone hari pendidikan nasional di permukaan pouchbag SOUVIA. Pouch dapat digunakan sebagai souvenir workshop mengenai pendidikan.

Makna Hari Pendidikan Nasional

Hari Pendidikan tidak hanya memiliki makna yang mendalam bagi orang – orang yang aktif di dalamnya. Namun juga, momentum bagi orang tua dan pemangku kebijakan untuk dapat memberikan pendidikan terbaik bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lantas, makna apa saja yang terkandung dalam Hari Pendidikan Nasional?

1. Menghargai jasa pahlawan pendidikan

Pahlawan merupakan gelar yang diberikan kepada orang yang dianggap berjasa bagi banyak orang dan berjuang mempertahankan kebenaran.

Indonesia memiliki sistem pendidikan yang cukup baik disertai dengan sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya. Hal ini merupakan buah dari ketekunan pahlawan pendidikan dalam memperjuangkan hak – hak pendidikan warga Indonesia di masanya.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional akan mengingatkan penduduk Indonesia betapa penting dan besarnya jasa pahlawan.

Tanpa mereka, pendidikan yang adil dan merata akan sulit dijalankan dan terus dilestarikan hingga saat ini.

2. Merefleksikan peran pendidikan dalam pembangunan nasional

Hari pendidikan nasional mengingatkan pentingnya pendidikan untuk pembangunan bangsa

Pendidikan merupakan suatu jalan atau faktor pendukung dalam peningkatan pembangunan nasional, terutama ekonomi.

Dengan pendidikan, pola pikir seseorang akan lebih maju dan teratur. Pendidikan akan melahirkan inovasi yang bisa digunakan untuk pembangunan nasional dan ekonomi. Selanjutnya, orang yang memiliki pendidikan yang baik akan menciptakan lapangan kerja dan memberikan sumbangsih terbaik bagi negara.

Negara dengan masyarakat yang berpendidikan akan lebih mudah dibangun. Pendidikan memberikan pengalaman keterampilan, ilmu pengetahuan, dan teknologi yang menjadi modal seseorang untuk mendapatkan penghidupan lebih baik.

Akibat dari penghidupan yang baik, maka pembangunan nasional akan lebih mudah diaplikasikan karena masyarakat lebih mengerti dan cepat bekerja sama.

3. Mengingatkan pentingnya pendidikan dalam menjawab tantangan

Hari pendidikan nasional yang diperingati setiap tahunnya mengingatkan para stakeholders dan orang – orang yang terlibat di dalamnya untuk lebih berusaha memberikan pendidikan terbaik bagi para penerus bangsa.

Era digital yang semakin maju menuntut setiap lapisan masyarakat lebih bijak dan cepat beradaptasi dalam setiap perubahan.

Pendidikan merupakan alat bagi generasi muda untuk bisa menerima kemajuan jaman dengan lebih bijak tanpa membabi buta. Pendidikan membuat seseorang bisa memanfaatkan teknologi dengan baik sesuai porsinya.

Hari pendidikan nasional menjadi momentum untuk para pembuat kebijakan memberlakukan aturan yang dapat membantu masyarakat menjawab tantangan dengan baik.

Souvenir SOUVIA untuk Peringati Hari Pendidikan Nasional

Hari pendidikan nasional bisa dibuat meriah dengan memberikan souvenir bermanfaat bagi para tokoh dan pendidik terbaik.

Apa saja rekomendasi souvenir bermanfaat dari SOUVIA, Ini dia:

1. Tas selempang kulit Axcel

tas selempang kulit sintetis untuk keperluan souvenir kantor atau bisa dipakai saat mudik lebaran
Tas selempang Axcel cocok diberikan sebagai souvenir seminar hari pendidikan

Produk tas selempang kulit Axcel merupakan tas selempang yang terbuat dari kulit sintetis.

Souvenir tas selempang ini berukuran 30 x 9 x 32 cm, sehingga bisa menyimpan dan membawa laptop kemanapun dibutuhkan. Tas ini memiliki desain postman klasik yang trendi. Tas ini cocok diberikan kepada tokoh pendidikan yang sering bepergian.

Untuk kesan personal, tambahkan logo atau brand di permukaan tas, sehingga bisa dijadikan sebagai media branding kelembagaan.

2. Tas backpack Manly

tas ransel backpack kulit sintetis untuk kebutuhan mudik lebaran
Hari Pendidikan lebih meriah dengan souvenir berupa tas backpack Manly

Tas backpack Manly merupakan tas punggung yang berukuran 29 x 10,5 x 40 cm. Dengan ukuran ini penerima bisa membawa dan menyimpan laptop ukuran 16 inch.

Tas ini terbuat dari kulit sintetis dengan desain kekinian yang memiliki banyak kompartemen untuk menyimpan barang – barang lebih banyak.

Selain digunakan sebagai souvenir eksklusif, tas backpack Manly bisa diberikan sebagai souvenir door prize seminar hari pendidikan nasional. Selain berkualitas, tas ini termasuk ke dalam new product SOUVIA.

3. Buku agenda

buku agenda kerja dengan motif batik cocok untuk hari pendidikan nasional
Buku agenda batik melambangkan keunikan Indonesia

Di hari pendidikan nasional yang istimewa, berikan souvenir bermanfaat untuk tim pendidik di sekolah atau kelembagaan.

Salah satunya, buku agenda Leona dari SOUVIA. Buku agenda akan membantu penerima menuangkan gagasan atau ide untuk pendidikan yang lebih baik.

Cover buku agenda terbuat dari kulit sintetis dengan kombinasi batik khas Indonesia. Tak perlu khawatir akan membuang buku agenda cantik ini karena isi buku agenda bisa diganti jika lembaran kertas sudah habis.

Buku agenda Leona termasuk ke dalam souvenir ready stock SOUVIA, artinya souvenir bisa diproduksi dalam waktu singkat. Cukup dua hingga tiga hari kerja, buku agenda Leona sudah bisa diantar ke tempat tujuan.

Kesimpulan

Hari pendidikan nasional diperingati untuk mengenang pahlawan Indonesia yang telah mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran untuk pendidikan yang lebih baik di Indonesia.

Di momentum hari pendidikan nasional ini, mengingatkan kembali pentingnya pendidikan bagi pembangunan dan kemajuan bangsa.

Berikan souvenir terbaik bagi para tokoh pendidikan dan pendidik agar tetap semangat melahirkan generasi terbaik bangsa yang santun, berakhlak, dan berpendidikan.

Segera hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk mendapatkan penawaran souvenir terbaik.

CEK INSPIRASI LAINNYA: