Souvenir berperan penting untuk berbagai keperluan seperti seminar, acara kantor, dan lainnya. Selain sebagai pertanda eksistensi perusahaan dan acara, souvenir juga menjadi tanda terima kasih kepada peserta yang telah nadir. Agar semakin berkesan, sebaiknya kamu memilih souvenir yang bermanfaat.

Memilih souvenir tidak boleh sembarangan. Sebab, hal ini bisa berdampak pada reputasi perusahaan atau bisnis. Pilihlah souvenir yang bermanfaat dan berkualitas premium.

BACA JUGA: Rekomendasi Jenis – Jenis Souvenir untuk Berbagai Acara

Tips Memilih Souvenir yang Bermanfaat untuk Acara Kantor

Memilih souvenir yang berkesan memang tidak mudah, tapi hal ini masih bisa dilakukan, kok! Berikut beberapa tips memilih souvenir agar bermanfaat dan berkualitas untuk acara di kantor.

1. Cek Kegunaan souvenir

Karena fokusnya adalah souvenir yang berguna, tentu saja hal pertama kamu harus mengetahui manfaatnya. Pilihlah souvenir yang fungsional kalau kamu ingin memberikan kenangan yang tak terlupakan kepada para peserta. 

Dengan cara ini, souvenir pemberianmu tidak hanya akan berakhir di rak penyimpanan saja. Selain itu, souvenir yang bermanfaat dapat juga memberikan kesan baik dan profesional.

Beberapa contohnya antara lain dompet, kipas, gelas, gantungan kunci, dan tas selempang kulit asli. Barang-barang tersebut memiliki nilai fungsional yang jelas dan awet.

2. Menentukan Budget

Membagikan souvenir tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika jumlah peserta acara cukup banyak. Itulah sebabnya penting untuk merencanakan anggaran kebutuhan. Anda bisa memilih souvenir custom ataupun souvenir ready stock.

Kamu perlu menetapkan anggaran pembelian souvenir terlebih dahulu. Budget souvenir seharusnya tidak lebih besar daripada operasional acara. Oleh karena itu, pastikan sudah ada anggaran yang jelas untuk membeli souvenir.

Setelah anggaran jelas, kamu akan lebih mudah menentukan jenis souvenir yang ingin dipilih. Perlu diingat, nilai souvenir tidak terletak pada harganya, melainkan pada kesan dan manfaatnya. 

Souvenir murah dan bermanfaat tetap bagus asalkan pemilihannya sesuai dengan acara sehingga peserta akan mengingatnya.

3. Menentukan Jumlah Souvenir yang Dibeli

souvenir yang bermanfaat
Membuat budget anggaran souvenir acara. Source: mcsl.com

Dalam menetapkan anggaran, sebaiknya sekaligus menghitung sekiranya berapa peserta yang hadir. Dengan begitu, souvenir bisa dibeli sesuai jumlah undangan. 

Kalau kamu memiliki banyak undangan, pastikan kamu membeli souvenir dalam jumlah yang cukup untuk semua peserta. Melebihkan sedikit pun tidak apa-apa, untuk stock cadangan. Tentu kamu tidak ingin mendapat kritik dari peserta yang kecewa tak mendapatkan souvenir, kan?

Menetapkan jumlah pembelian akan membantu vendor souvenir memproduksi dengan jumlah yang tepat. Kamu pun hanya membayar sesuai jumlah souvenir yang dipesan.

4. Memperhatikan Desain Kemasan Souvenir

Selain fokus terhadap manfaat isi souvenir, penting juga untuk memperhatikan kemasan souvenir. Kemasan yang kreatif akan memberikan kesan mendalam kepada penerima. 

Sekalipun souvenir yang kamu pilih memiliki harga terjangkau, pilihlah kemasan yang terlihat unik sehingga memberikan kesan elegan dan berharga. Oleh karena itu, kemasan bisa meningkatkan daya tarik souvenir tersebut.

Banyak pilihan souvenir desain terbaru SOUVIA yang bisa menjadi inspirasimu. Jadi, kamu tidak perlu bingung lagi memilih desain yang menarik

5. Pesan dari Jauh-Jauh Hari

Ada beberapa situasi yang kadang tidak bisa kita kendalikan. Contohnya, seperti kurangnya stok pesanan atau peningkatan harga yang tiba-tiba karena kebutuhan mendesak. 

Nah, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu memesan souvenir dari jauh-jauh hari. Dengan begitu, kamu memberikan waktu yang cukup kepada vendor souvenir untuk memenuhi pesanan sesuai kesepakatan.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur segala sesuatu lebih baik dan menghindari kendala yang mungkin muncul ketika memesan souvenir mendadak. Bukankah mempersiapkan lebih baik juga hasilnya bagus?

6. Tambahkan Kartu Ucapan

souvenir yang bermanfaat
Kartu ucapan terima kasih. Source: Every-Tuesday

Selain jenis dan bentuk souvenir, kartu ucapan juga akan memberikan nilai tambah pada souvenir. Cendera mata acara akan terlihat lebih berkesan dan menarik. Sehingga sangat penting untuk menambahkan kartu ucapan pada souvenir.

Kartu ucapan terkostumisasi mencantumkan identitas bisnis atau perusahaanmu. Kamu bisa menambahkan logo pada bagian souvenir dan kartu ucapannya. Dengan begitu, peserta akan terus menggunakan souvenir yang bermanfaat ini.

7. Menyesuaikan Souvenir dengan Tema Acara

Banyak souvenir yang bisa kamu untuk acara dengan tema general. Misalnya, name tag, buku agenda, pulpen, dan lainnya. Namun, lebih baik lagi souvenir tersebut kamu sesuaikan dengan tema acara.

Salah satu caranya dengan memilih souvenir yang warnanya serupa dengan tema atau konsep acara. Hal ini menciptakan keselarasan antara souvenir acara yang kamu selenggarakan.

Contoh lain ketika acaramu bertema pendidikan maka souvenir buku dan pulpen akan lebih cocok. Kalau acaranya tentang lingkungan, membagikan tumbler sebagai souvenir bisa menjadi ide yang bagus.

8. Pastikan Souvenir Mudah Dibawa

Saat memilih souvenir pertimbangkan juga kenyamanan para peserta ketika membawa barang tersebut. Biasanya ketika menghadiri acara, peserta hanya membawa tas kecil atau dompet. Karenanya sebelum memilih souvenir penting memastikan souvenir tersebut praktis dibawa.

Pastikan ide souvenir yang kamu pilih tidak menghambat para tamu untuk berkegiatan di acaramu. Jika souvenir yang kamu pilih agak besar atau berat, kamu bisa menambahkan wadah seperti goodie bag.

Bisa juga dengan cara memberikan kupon yang dapat ditukar dengan souvenir saat pulang. Dengan cara ini, souvenir tidak akan menghambat pergerakan para peserta acaramu.

Beberapa tips tadi semoga bisa membantumu memilih souvenir yang berkualitas dan bermanfaat. Tampilkan kesan bermakna atas acaramu melalui pemberian souvenir tersebut ya!

3 Rekomendasi Souvenir Berkualitas

Souvenir bermanfaat adalah souvenir yang terus digunakan oleh para peserta. Souvenir ini bisa bertahan lama karena kualitasnya yang tidak murahan. Nah, berikut tiga rekomendasi souvenir berkualitas yang cocok untuk berbagai acara.

1. Tas Selempang Kulit Asli

Rekomendasi souvenir bermanfaat pertama yaitu tas selempang atau sling bag. Tas ini terbuat dari bahan kain yang pemakaiannya dengan cara digantung di bahu atau disilangkan ke tubuh. Jenis tas ini memiliki desain yang menarik sehingga cocok menjadi souvenir.

2. Name Tag Lanyard Kayu Estetik

Name tag merupakan kartu identifikasi yang biasanya dipakai para karyawan sebagai tanda pengenal. Tapi, penggunaannya juga bervariasi tergantung tujuannya. Misalnya pada acara name tag berfungsi sebagai identitas peserta.

Name tag lanyard kayu estetik bisa menjadi rekomendasi ide souvenir unik. Selain desainnya yang unik, name tag juga fungsional untuk berbagai keperluan lain setelah acara.

3. True Wireless Stereo

Kamu pasti sudah tidak asing dengan TWS atau true wireless stereo. Headphone wireless ini praktis karena memakai koneksi Bluetooth untuk mentransfer suara. Souvenir ini unik dan bisa memberikan kesan kepada penerimanya.

TWS akan sangat bermanfaat. Penggunaannya sudah akrab sebagai kebutuhan harian. Dengan memberikan souvenir headphone wireless JBL maka acaramu akan lebih berkesan.


Tiga rekomendasi souvenir tadi semoga cukup membantumu menemukan souvenir yang bermanfaat. Untuk memastikan kualitasnya, kamu perlu mencari vendor tepercaya seperti SOUVIA.

SOUVIA merupakan vendor souvenir berkualitas dengan berbagai pilihan produk souvenir kostum. Kamu bisa memesan souvenir sesuai keinginan. Menariknya lagi, SOUVIA memberikan gratis cetak logo sehingga cukup menghemat budgetmu.

Kami telah dipercaya oleh lebih dari 4000 merek bisnis. Kini saatnya kamu memproduksi souvenir acara menggunakan jasa SOUVIA.

Hubungi sales eksekutif SOUVIA sekarang juga!

BACA INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA