Suasana kerja di kantor tentu bisa berpengaruh pada kualitas kerja. Jika suasana kerja baik dan suportif, tentu akan meningkatkan produktivitas dan performa kerja. Kedua hal ini tidak dapat dipisahkan satu sama lain, jadi harus dilakukan beriringan.

Yang dimaksud dengan lingkungan atau suasana kerja di kantor yaitu segala hal yang berkaitan dengan kantor dan bisa memengaruhi diri karyawan ketika sedang melaksanakan tanggung jawabnya.

Lingkungan suasana kerja terdiri dari dua jenis yaitu lingkungan kerja fisik dan nonfisik. Lingkungan fisik berkaitan dengan hal-hal yang bisa terlihat seperti fasilitas yang menunjang pekerjaan dan bangunan kantor, seperti ruangan kerja, sirkulasi udara, cahaya dalam ruangan, kebersihan, keamanan, kenyamanan, dan tingkat kebisingan. 

Nah, sedangkan lingkungan non fisik biasanya meliputi kepemimpinan, struktur organisasi, pola kerja, sistem promosi dan jenjang karier, budaya perusahaan, dan hal lainnya.

Baca juga: Budaya Kerja Positif dan Corporate Souvenir SOUVIA

Hal-hal yang Diperlukan untuk Menunjang Produktivitas dan Performa Karyawan

Bila ingin performa kerja semakin meningkat, tentunya harus hal yang menunjang. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi produktivitas dan performa karyawan selama di kantor. Cek penjelasannya berikut ini.

1. Fasilitas

Fasilitas yang disediakan oleh perusahaan bisa menjadi salah satu indikator suasana kerja di kantor yang akan meningkatkan performa karyawan. Seseorang akan semakin maksimal dalam bekerja ketika tersedia fasilitas kantor yang mendukung. 

Fasilitas yang dimaksud seperti PC atau laptop yang bekerja dengan baik, mesin fotokopi dan printer, proyektor, ruangan ber AC, meja dan bangku yang nyaman serta lainnya. 

Fasilitas kantor tak hanya sebatas barang fisik saja, tetapi juga software yang mendukung saat bekerja. 

2. Komunikasi Dua Arah secara Efektif

Jika ingin membuat suasana kerja di kantor menjadi lebih nyaman, cobalah untuk mulai dari komunikasi yang efektif. Komunikasi ini tak hanya terbatas antar karyawan saja, tetapi juga komunikasi efektif antara atasan dan karyawan. 

Karyawan akan merasa didengar dan diajak berdiskusi untuk menentukan suatu keputusan. Bila dilakukan secara konsisten maka akan menumbuhkan suasana kantor yang nyaman karyawan. 

Karyawan pun akan jadi lebih bersemangat dan termotivasi untuk terus berinovasi sehingga produktivitas jadi meningkat. 

3. Lingkungan yang Aman dan Bersih

Jangan salah, bekerja dengan aman juga menjadi pertimbangan suasana kerja di kantor. Coba bayangkan kalau karyawan bekerja dengan rasa khawatir akan tindakan pencurian atau kriminal lainnya. Pasti bekerja tidak akan tenang dan berpengaruh pada produktivitas. 

Beberapa faktor keamanan yang perlu dipertimbangkan adalah tersedia petugas keamanan di lingkungan kantor,  loker barang beserta kuncinya, tersedia CCTV di tiap ruangan kecuali toilet, dan pintu dengan kunci akses.

Suasana kerja di kantor juga dipengaruhi dari faktor kebersihan ruangan kantor hingga tersedianya air bersih. Jika ternyata kantor Anda tidak dijaga kebersihannya tentu bisa berpengaruh pada kesehatan karyawan. Bila jatuh sakit, otomatis pekerjaan akan terbengkalai dan performa bisa dianggap jelek. 

Ketersediaan air bersih juga sangat penting. Sebab air digunakan untuk menunjang kegiatan para pekerja setiap harinya, mulai dari minum, mencuci tangan, maupun untuk toilet.

Sistem pencahayaan juga perlu diperhatikan. Pastikan ruangan untuk bekerja memiliki pencahayaan yang cukup, tidak terlalu terang atau gelap. 

4. Menerapkan Sistem Reward dan Punishment

Penerapan sistem reward dan punishment yang dilakukan secara adil dan transparan juga bisa menumbuhkan suasana kerja yang kondusif dan memengaruhi performa produktivitas. 

Untuk  karyawan yang mampu berkontribusi maupun memenuhi target perusahaan, berhak mendapatkan hadiah sebagai bentuk apresiasi.

Bentuknya berupa pemberian barang, insentif, promosi jabatan, penobatan employee of the month, bonus, kenaikan upah kerja, dan sebagainya.


Di sisi lain, untuk karyawan yang belum mampu memenuhi KPI atau menunjukkan kinerja yang buruk, maka perusahaan bisa memberikan punishment. Hal ini bisa berupa surat peringatan, pemotongan gaji, jabatan yang diturunkan, sampai yang lebih parah yaitu pemutusan hubungan kerja.

5. Meningkatkan Bounding Antar Karyawan

Salah satu cara untuk membuat suasana kerja di kantor jadi lebih kondusif dan meningkatkan produktivitas adalah mengadakan acara keakraban. Salah satu contohnya adalah outbound, acara makan bersama, outing karyawan, dan sejenisnya.

Saat acara keakraban berlangsung biasanya panitia menyediakan beberapa hadiah untuk diberikan kepada karyawan yang ikut serta. Pilihlah souvenir hadiah kantor yang bisa berguna untuk pekerjaan atau aktivitas di luar kantor.

Beberapa rekomendasi hadiahnya bisa Anda pilih dari SOUVIA. Kami sebagai penyedia souvenir kantor memiliki banyak varian produk.

Produk SOUVIA yang Cocok untuk Memberikan Apresiasi dan Mendukung Produktivitas

Tentu kamu harus teliti saat menentukan hadiah untuk menciptakan suasana kerja di kantor yang kondusif. Berikut ini adalah beberapa produk SOUVIA yang cocok dipilih sebagai hadiah apresiasi karyawan.

1. JBL Wave 100 True Wireless Bluetooth Headset

JBL True Wireless Earbuds bikin suasana kerja yang kondusif.

Suasana kerja di kantor tidak akan terganggu jika Anda menerima telepon atau mendengar musik berkat  JBL true wireless earbuds. Anda pun bisa mendengar suara lebih jernih. 

Salah satu kelebihannya yaitu masa pakai baterai yang bisa mencapai 20 jam dan saat pengisian daya tidak perlu waktu lama yaitu hanya perlu 2 jam. Desainnya juga elegan, ringan, dan mudah disimpan. Tersedia 4 warna: yaitu biru, hitam, silver, dan ungu. 

2. DAKOTA – Sleeve Case Laptop Bahan Longchamp

Jaga  keamanan laptop kerja karyawan dengan memberikan sleeve case laptop dari SOUVIA satu ini. Terbuat dari bahan longchamp yang memiliki 2 ukuran yaitu besar (36 x 26 x 3 cm) dan juga kecil (32 x 22 x 3 cm). 

Dilengkapi dengan kompartemen tambahan di bagian depan dan belakang serta pegangan tangan. Memiliki 4 varian warna yaitu Black, Coklat, Grey, dan Navy. Logo dan nama perusahaan bisa dicantumkan dengan menggunakan metode emboss.

3. NFC Business Card

Gentanala nfc business card yang dapat dikustomisasi desain untuk souvenir kantor
Souvenir NFC business card untuk bantu berbagi informasi kontak.

NFC business card adalah kartu nama komunikasi jarak dekat yang memudahkan penggunanya untuk berbagi informasi kontak hanya dengan satu sentuhan saja. 

Gadget dari kami ini memiliki desain yang sangat stylish, dan sesuai namanya sudah dilengkapi dengan teknologi Near Field Communication (NFC) dengan koneksi serba mudah dan cepat tanpa batas.

4. Buku Agenda dan Notes

Meskipun sekarang sudah serba digital, tapi buku agenda dan notes masih diperlukan oleh banyak karyawan untuk mencatat hal penting baik saat rapat maupun hanya sekadar menulis apa saja to-do list di hari tersebut. 

Anda bisa mengandalkan REINA yang merupakan buku agenda dari kulit sintetis. Buku catatan ini disertai ornamen batik dengan pelindung isi dan tulisan magnetik pada penutup.

Ada juga tiga kompartemen mini untuk menyimpan kartu dan ID card, serta slot untuk meletakkan pulpen.

Berukuran buku A5 dengan berat 300 gram dan bisa diisi ulang jika kertas habis. Enam ring kertas membuat Anda lebih leluasa untuk menambah dan melepas kertas sesuai kebutuhan.

Bikin tampilannya makin keren dengan mencetak logo menggunakan metode emboss.

5. Aneka Elektronik SOUVIA

Aneka elektronik SOUVIA yang kami miliki bukan hanya Wireless Bluetooth Headset saja. Namun, ada banyak pilihan produk elektronik yang bisa dipilih untuk menunjang suasana kerja di kantor.

Beberapa pilihan yang kami miliki adalah diffuser atau humidifier,  flashdisk, earbuds, phone holder, power bank, kartu e-Money Custom Printing,  holder – phone desk holder, dan laser pointer.

Kami juga menyediakan jasa cetak branding yang bagus dengan beberapa pilihan teknik yaitu DTF, Laser atau Grafir, dan sablon.


Itu dia beberapa hal yang diperlukan untuk menunjang produktivitas dan performa karyawan. Ada juga rekomendasi produk yang bisa perusahaan berikan sebagai bentuk apresiasi bagi karyawan. 

Jika Anda penasaran dengan koleksi produk souvenir kantor lainnya yang kami miliki dan ingin memesannya silahkan hubungi sales eksekutif SOUVIA.

CEK INSPIRASI LAINNYA: 

SOUVIA