Tas selempang kulit tidak pernah sepi peminat. Selain bisa di-mix and match dengan pakaian, tas satu ini juga cocok dipakai di segala suasana.

Tas model ini dulunya sering digunakan pria yang bekerja sebagai tukang pos untuk mengantar surat. Tak heran jika tas selempang juga bisa disebut sebagai messager bag. Meski model tas ini terlihat klasik, faktanya hingga sekarang masih banyak digunakan oleh orang dari berbagai generasi.

Tas selempang atau yang juga dikenal dengan nama sling bag bisa dibawa pada bahu atau disilangkan ke badan. Umumnya tas kulit asli berasal dari kulit binatang seperti buaya, domba, kambing, sapi, dan ular. Selain itu, ada juga pilihan tas kulit dari bahan sintetis.

Lalu apa, sih, perbedaan tas selempang pria kulit asli dan sintetis? Yuk, simak penjelasannya!

BACA JUGA: 10 Pilihan Tas Pouch Kulit Untuk Giftset Exclusive

Kelebihan Tas Kulit Asli

tas selempang kulit asli
Tas berbahan kulit asli berdesain vintage. Source: The Real Leather Company

Sebelum membahas apa saja perbedaan tas kulit asli dan sintetis, mari kita membahas apa saja kelebihan dari tas yang terbuat dari kulit asli. Apakah lebih awet? Simak ulasannya berikut ini.

1. Modelnya Tidak Pernah Ketinggalan Zaman

Tas kulit selempang pria didesain dengan model klasik yang tak usang dimakan waktu. Tas ini bisa digunakan kapanpun dan cocok dipadu padankan dengan berbagai fashion item. Sangat cocok bagi Anda yang suka dengan style vintage atau formal.

2. Desain yang Berbeda

Setiap kulit memiliki corak yang berbeda-beda, sehingga motif tas selempang kulit asli juga tergantung dari bahan yang digunakan. Hal inilah yang membuat tas kulit asli terlihat unik dan menarik.

3. Noda Gampang Dibersihkan

Tak perlu repot untuk membersihkan tas kulit selempang. Anda bisa dengan mudah membersihkannya apabila terkena noda seperti kotoran, darah, atau makanan. Caranya bisa dengan membasuh tas menggunakan air, handbody, cairan pembersih tas kulit khusus, baby oil, dan lainnya.

Namun, pastikan untuk berkonsultasi kepada penjual tas sebelum membersihkannya. Jangan sampai tas kulitmu menjadi rusak karena salah memilih metode saat membersihkan, ya.

4. Lebih Awet dan Tahan Lama

Kelebihan tas selempang kulit asli pria dengan tas dari bahan lainnya adalah memiliki daya tahan yang lama. Apalagi jika Anda bisa merawatnya dengan baik bisa awet hingga puluhan tahun.

Kelebihan Tas Kulit Sintetis

tas selempang kulit sintetis
Tas bahan kulit sintetis tak kalah stylish. Source: Business Insider

Meski tas kulit asli banyak penggemar, tapi tas dari kulit sintetis pun juga sering dijadikan alternatif. Berikut beberapa alasan tas bahan kulit sintetis sering menjadi favorit banyak orang.

1. Harga yang Lebih Terjangkau

Dibanding tas selempang berbahan kulit asli, harga dari tas kulit sintetis lebih terjangkau. Anda jadi tidak perlu mengeluarkan banyak uang, tapi tetap trendi karena tampilan tas kulit sintetis juga tidak kalah dengan yang asli. 

2. Mudah Diwarnai dan Tidak Mudah Pudar

Kelebihan lain dari tas selempang kulit pria sintetis adalah mudah didesain dengan aneka warna. Selain itu, tas bahan kulit sintetis juga tidak gampang luntur walaupun sering terkena sinar matahari langsung.

Perbedaan Tas Selempang Berbahan Kulit Asli dan Kulit Sintetis

Nah, setelah mencari tahu apa saja kelebihan tas selempang pria bahan kulit asli dan sintetis, sekarang beralih membahas apa saja perbedaan keduanya. Cek ulasannya berikut ini.

1. Daya Serap Air

Keunggulan dari tas kulit pria original yaitu bisa menyerap air sehingga mudah kering. Di sisi lain, tas yang terbuat dari kulit sintetis tidak mampu menyerap air.

2. Cek Bagian Tepian Tas

Perbedaan tas selempang dari kulit asli untuk pria dan wanita bisa terlihat dari bagian tepian tas. Jika tas kulit asli biasanya daerah tepiannya bertekstur kasar, sedangkan kulit sintetis biasanya bertekstur licin layaknya plastik dan halus.

3. Memiliki Bau yang Khas

Biasanya tas kulit asli memiliki aroma khas yang mudah dikenali. Sedangkan, kulit sintetis atau imitasi memiliki bau mirip plastik. Bagi pemula memang terkadang sulit membedakannya. Yang bisa dilakukan adalah dengan berlatih mengenali bau produk kulit asli dan yang sintetis. 

4. Bentuknya Tegak atau Tidak

Hal yang perlu diperhatikan untuk mengetahui perbedaan tas kulit original maupun sintetis yaitu ketika tas ditegakkan. Tas kulit asli akan mudah berdiri tegak dan kokoh saat ditengakkan. Namun, berbeda lagi dengan tas imitasi yang jika ditegakkan biasanya memiliki lipatan dan tidak bisa tegak sempurna.

5. Perhatikan Tekstur Pori-pori Kulit

Perbedaan tas berbahan kulit asli dan sintetis adalah dari teksturnya. Jika bahan sintetis biasanya tampilannya terlalu rata, rapi, konsisten, teratur, dan berulang polanya. Sedangkan jika kulit asli pola pori-porinya tidak teratur dan tidak konsisten. 

6. Perhatikan Tampilan Tas saat Ditekan

Untuk mengetahui tas kulit asli pria atau kulit sintetis, biasanya pada kulit asli jika ditekan, dikerutkan, dan digores pasti akan kembali ke teksturnya. Sedangkan tas kulit sintetis akan tetap menjadi kaku atau tidak bisa kembali ke bentuk semula setelah dikerutkan dan digores.

7. Baca Keterangan Label

Produk tas asli biasanya akan menuliskan label real leather, genuine leather, atau Made with Animal Product. Sedangkan untuk kulit sintetis biasanya akan tertulis Man Made Leather atau Synthetic Leather. 

8. Ukuran Tas

Bobot dan ukuran juga bisa menjadi perbedaan sling bag kulit pria. Biasanya tas yang terbuat dari kulit asli akan lebih berat bobotnya. Untuk mengeceknya, Anda bisa mencoba pegang dan menaruhnya di bahu. 

Rekomendasi Tas Selempang Berbahan Kulit Asli dan Sintetis dari SOUVIA

Tentu Anda sudah mengetahui keunggulan dan perbedaan tas kulit asli dan sintetis, kan? Nah, jika Anda sedang mencari tas pria kulit berkualitas berjenis selempang, SOUVIA memiliki beberapa rekomendasinya. Apa saja, ya?

1. EXCEL – Tas Selempang Kulit ASLI

tas selempang kulit asli model postman bag

Tas selempang kulit asli Excel dari SOUVIA ini didesain dengan kompartemen utama beresleting luas. Sangat pas untuk membawa berbagai barang seperti alat tulis, gadget, laptop, payung, dan tumbler. Dijamin barang bawang Anda jadi tidak berceceran.

Yang menarik tas berbahan kulit ini dibuat dari bahan kulit asli sehingga terlihat mewah dan elegan. Sangat cocok dijadikan sebagai hadiah promosi, kado untuk atasan, dan lainnya.

2. AXCEL – Tas Selempang Kulit Sintetis

tas selempang kulit sintetis model messenger bag

SOUVIA juga memiliki tas selempang kulit sintetis AXCEL yang desainnya diberikan tutup magnet. Hadir dengan pengaman kompartemen beresleting agar barang yang dibawa tidak berantakan.

Meskipun terbuat dari kulit sintetis tapi buat Anda yang mementingkan penampilan tas ini tetap akan membuat look Anda terlihat eksklusif dan tas terlihat premium ketika digunakan.

3. AXCOM – Tas Selempang Kulit Kombinasi

Kami juga menyediakan tas selempang berbahan kulit kombinasi AXCOM yang terbuat dari bahan campuran dari kulit sintetis dan bahan suede. Tampilannya tidak kalah premium dan fashionable seperti tas dari bahan kulit asli. Harganya pun sangat terjangkau!

Tidak heran jika banyak lembaga, instansi dari pemerintahan sampai swasta yang memesan tas kulit selempang dari SOUVIA untuk dijadikan souvenir acara, seminar, promosi, dan perusahaan.


Pilihan tas berbahan kulit dari SOUVIA di atas dijamin kualitas dan ketahanannya. Selain tas selempang, kami juga masih mempunyai referensi souvenir ready stock yang dapat Anda pesan jika memerlukan souvenir untuk kebutuhan mendesak.

Untuk produk ready stock, kami hanya memerlukan waktu 2-3 hari pengerjaan saja. Selain itu, kami juga menyediakan produk souvenir desain terbaru SOUVIA yang lebih stylish dan beragam warna. 

Semua tas dari SOUVIA diberikan branding dengan logo atau nama perusahaan di bagian permukaannya. Dengan adanya branding bisa membuat orang lain melihat logo perusahaan, instansi, maupun acara sehingga meningkatkan exposure perusahaan Anda. 

Harga souvenir yang tertera di situs kami sudah termasuk dengan jasa untuk melakukan branding cetak logo. Menarik bukan?

Tunggu apalagi, yuk hubungi sales eksekutif SOUVIA sekarang juga untuk melakukan pemesanan. 

CEK INSPIRASI LAINNYA: 

SOUVIA