Membuat souvenir custom menjadi salah satu langkah awal untuk branding atau promosi suatu produk. Salah satu cara membuat souvenir yang berbeda adalah dengan disablon.

Ternyata, teknik sablon sudah sangat berkembang. Awalnya hanya ada sablon manual, sekarang setidaknya ada enam cara untuk proses cetak di beberapa produk seperti kaos lengan pendek.

Untuk bisa membedakan berbagai teknik sablon, simak ulasan SOUVIA mengenai kelebihan dan kekurangannya agar kamu tahu metode cetak yang paling pas untuk souvenir ready stock yang bisa diproduksi dalam waktu singkat.

Jenis-Jenis Cetak Sablon

Teknik sablon
Teknik sablon banyak digunakan untuk media permukaan kain seperti kaos

Teknik sablon merupakan cara untuk menghasilkan gambar di media tertentu dengan memanfaatkan film sebagai master layar pada proses cetakan. Setidaknya ada enam teknik sablon yang sering digunakan oleh para produsen. Berikut adalah berbagai teknik sablon yang sering digunakan.

1. Teknik sablon manual

Walau cara ini sudah agak ketinggalan jaman, namun tetap dipertahankan hingga sekarang karena harganya terjangkau.

Selain itu, dengan menyablon secara manual, orang produksi akan bisa langsung mengontrol dan mengevaluasi hasil cetakan pada media.

Namun, cara ini memiliki kelemahan karena kualitas sablon bergantung dari tim produksi. Teknik ini membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup besar dalam proses cetak gambar.

Perbedaan saat menggesut tinta bisa menyebabkan perbedaan ketebalan tinta yang akan mempengaruhi kualitas sablon.

Sablon manual memanfaatkan layer atau screen yang memiliki bentuk, ketebalan, dan ukuran yang berbeda, tergantung kebutuhan konsumen.

2. Teknik sablon otomatis

Metode ini mirip dengan sablon manual, namun sablon otomatis menggunakan mesin untuk menggesut tinta.

Tim produksi bisa mengatur dan mengontrol tekanan dan volume tinta yang akan dicetak di mesin automatic press.

Metode ini akan menghasilkan presisi warna yang lebih baik dibanding cara sablon manual. Namun sayangnya, harga mesin automatic press cukup mahal.

3.   Cetak sablon digital

Teknik sablon
Teknik sablon digital bisa digunakan juga di tote bag berbahan kain

Cara ini tidak membutuhkan tim penggesut untuk mencetak gambar pada tote bag kanvas. Tim produksi hanya perlu mengatur proses penyablonan dari depan layar komputer.

Layar atau screen yang digunakan dalam penyablonan digantikan oleh printer. Sablon digital sendiri terbagi menjadi DTG (Direct to Garment, Transfer Paper, Sublimation, Ecosolvent, dan Duracotton.

Jika kamu memilih menggunakan Teknik Sablon Digital maka akan mendapat keuntungan seperti, lebih fleksibel, waktu cetak lebih cepat, warna lebih tajam, dan ramah lingkungan.

Sementara itu, cara ini membutuhkan biaya yang cukup mahal, sablon kurang kreatif, dan mesin rawan rusak.

4. Cetak sablon Polyflex

Teknik sablon ini memanfaatkan sticker yang ditempelkan pada kain atau media lainnya. Metode ini menggunakan bahan vinyl yang akan dibagi menjadi beberapa bagian atau potongan.

Potongan vinyl tersebut ditempelkan di kertas transfer, lalu ditempelkan lagi di atas kain atau media, kemudian dipanaskan menggunakan heat press. Vinyl yang awalnya menempel di kertas transfer akan menempel di kain.

Teknik sablon ini banyak digunakan di jersey bola karena praktis dan sederhana. Konsuman bisa membuat jersey dengan nama dan nomor pilihan sesuai keinginan.

5. Cara sablon Dye – Sublimation

Metode ini hampir sama dengan sablon Polyflex, namun transfer paper yang digunakan dicetak dengan printer khusus, bukan ditempel melalui sticker vinyl.

Proses penempelan gambar pun sama, kertas transfer ditempelkan ke kain atau souvenir desain terbaru SOUVIA, lalu dipanaskan menggunakan mesin heat press.

Walau hasil cetakan cukup baik, namun penggunaan teknik sablon Dye – Sublimation tidak tahan lama. Pengguna harus memperhatikan cara pencucian agar hasil cetakan awet.

6. Teknik sablon Direct to Garment

Cara ini menggunakan mesin secara keseluruhan. Penggunaan teknik sablon Direct to Garment atau DTG sama seperti mencetak gambar di atas kertas.

Hasil cetakan sablon DTG sangat detil dan presisi seperti gambar versi aslinya, sehingga resolusinya cukup tinggi. Sayangnya cara sablon ini membutuhkan dana yang tidak sedikit dan waktu yang cukup lama.

Rekomendasi Souvenir Menggunakan Sablon

Teknik sablon
Merchandise topi semakin menarik dengan gambar cantik

Perusahaan membutuhkan branding dan promosi yang bisa didapatkan dari pembagian souvenir kantor yang menampilkan logo atau merek dagang kepada khalayak ramai.

Beberapa produk souvenir kantor mampu menampilkan logo atau brand yang sesuai dengan identitas perusahaan.

1. Kaos

Produk apparel memiliki permukaan yang luas dan terbuat dari bahan kain yang mudah untuk pengaplikasian sablon. Logo dan brand akan menempel dengan rapi dan terlihat dengan jelas menggunakan teknik sablon apapun.

2. Tote bag

Salah satu produk fashion yang berfungsi dengan baik ini bisa menampilkan logo atau merek dagang dengan baik asalkan menggunakan metode sablon yang tepat.

3. Topi

Tidak hanya produk apparel atau tas yang berbahan kain yang bisa menggunakan aplikasi sablon. Topi rimba juga bisa dengan menggunakan teknik sablon tepat yang disesuaikan dengan bahan yang digunakan.


Perusahaan perlu menjaga eksistensi dengan menampilkan logo atau merek dagang di permukaan souvenir kantor agar semakin dikenal masyarakat luas.

Teknik sablon membantu membuat hasil cetakan logo pada produk souvenir terlihat jelas dan menggambarkan identitas perusahaan dengan baik.

Beberapa produk souvenir perusahaan seperti kaos, tote bag, dan topi rimba menggunakan aplikasi sablon agar brand bisa dilihat dan diingat oleh penerima dan masyarakat luas.

SOUVIA menawarkan banyak souvenir perusahaan dengan layanan cetak logo gratis. Hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk mendapatkan produk custom sesuai kebutuhan Anda.